Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Blurb

Assalamualaikum Sahabat LovRinz. Siang ini terik banget, ya? Mana banyak yang kirim stiker es cendol, duh bikin dahaga ini bergejolak. Eh, sudah ah, kok malah curhat sih? Padahal Neng sekarang mau berbagi tips tentang Blurb.

 

Nah, apa Sahabat LovRinz sudah tahu beda blurb, sinopsis dan premis? Kalo belum, Neng akan berbagi perihal blurb dulu yaaa.

 


Jadi, apa itu blurb? Blurb adalah uraian atau penjelasan singkat mengenai gambaran isi buku tanpa menceritakan endingnya. Biasanya blurb berada di belakang sampul novel. Lantas untuk apa sih blurb dibuat? Blurb itu akan menjadi sangat penting, karena selain dari tampilan cover yang menarik, pembaca akan melihat sedikit isi buku melalui blurb. Maka dari itu, blurb akan menjadi daya tarik atau ajang persuasive untuk mengajak pembaca agar membeli karyamu.

Terus gimana Neng, tips supaya blurb kita menarik bagi pembaca? Buatlah blurb seperti ini:

 

1.      Kutipan atau dialog dari naskah

Banyak penulis yang mengambil sedikit kutipan atau dialog dari naskahnya untuk dijadikan blurb. Hal ini tidak salah, tetapi memiliki resiko yang cukup kentara. Kenapa? Karena kamu harus benar-benar memilah kutipan atau dialog yang benar-benar membuat pembaca tertarik untuk membaca kelanjutan dari kisahmu.

2.      Singkat, Jelas, dan Menarik.

Ketika biasanya singkat, padat dan jelas. Kini berubah menjadi singkat, jelas dan menarik. Coba bayangkan kalau misalnya kamu ingin membeli sebuah buku, tetapi ketika melihat blurbnya sangat panjang sampai menutupi seluruh halaman belakang. Tentu menjadi bertele-tele dan membuat kurang menarik. Maka dari itu, kamu bisa menulis blurb dengan singkat, jelas dan menarik. Sehingga pembaca juga ingin mengetahui lebih lanjut mengenai isi bukumu dengan cara membawa buku itu ke meja kasir tentunya.

3.      Tambahkan sebuah pertanyaan

Baiknya di mana Neng menulis pertanyaannya? Baiknya, pertanyaan ditulis di bagian akhir atau penutup ya. Hal ini bertujuan untuk membuat bertanya-tanya mengenai isi novel. Contohnya, dengan semua keadaan yang dialami oleh Naira hingga ia menjadi depresi akut, mampukah Reno menjadi pelindungnya dan meyakinkan naira sehingga naira tidak jadi mengakhiri hidupnya?

 

Nah, kira-kira itu saja tips dari Neng. Semoga dengan blurb yang baik dan menarik bisa meningkatkan penjualan Sahabat LovRinz yaa

Posting Komentar untuk "Tips Menulis Blurb"