Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Resensi Sebuah Buku

Selamat pagi, Sahabat LovRinz. Bagaimana materi resensi buku kemarin? Apa sudah ada yang memulai untuk membuat resensi buku? Atau Sahabat LovRinz sudah sering menulis resensi dan diterbitkan di berbagai media seperti surat kabar, misalnya?



Nah, pada artikel kali ini, Neng akan berbagi mengenai tujuan dari meresensi sebuah buku, supaya Sahabat LovRinz lebih memahami lebih dalam mengenai resensi buku. Yuk, simak kira-kira apa saja tujuan dari meresensi sebuah buku.

1. Informatif

Tujuan resensi buku adalah memberikan informasi serta edukasi kepada calon pembaca. Jadi, saat kamu meresensi buku, pastikan kamu telah memahami isi buku dengan baik. Selain itu, kamu perlu merangkum secara ringkas, padat, jelas dan tidak bertele-tele.

Tak hanya merangkum isi buku. Pastikan resensi tersebut tetap berbobot dan memiliki selling point yang membangun bagi pembaca. Karena itu akan mempengaruhi para editor untuk menyeleksi resensi kamu dan para pembaca pun akan terpengaruh untuk membeli buku tersebut.

2. Memberikan Pertimbangan

Tujuan resensi yang satu ini harus menjadi perhatian sangat penting untuk kamu yang ingin membuat resensi buku. Isi dari resensi tersebut harus memberikan pertimbangan kepada pembaca. Jadi, pastikan bahwa resensi yang kamu tulis sesuai dengan buku yang mereka cari dan butuhkan. Selain itu, berikanlah pertimbangan berdasarkan penilaian yang jujur. Agar resensi bukumu bisa dipercaya oleh editor atau bahkan pembaca. Coba bayangkan, jika resensimu tidak sesuai dengan fakta lapangan. Pasti nama penamu akan tercoreng di dunia kepenulisan

3. Mengajak Pembaca Berfikir Kritis

Seni resensi buku adalah mampu mengajak pembaca untuk berpikir kritis dan merenung dari buku yang kita resensi. Hal ini sekaligus menjadi tantangan menarik karena dalam jumlah kata yang sedikit dikarenakan sebuah rangkuman sebuah buku, tetapi harus mampu mengajak pembaca untuk memahami alur beserta berpikir kritis mengenai isi buku tersebut.

4. Mengajak

Tujuan resensi paling utama adalah mengajak pembaca untuk membeli buku tersebut melalui gambaran umum yang kamu berikan. Meskipun tidak dapat membeli bukunya, dengan resensi tersebut kamu sudah bisa memberikan informasi penting mengenai buku tersebut. Apakah buku tersebut baik untuk dibeli atau tidak.

Kira-kira tujuan dari sebuah resensi adalah hal yang demikian. Apakah Sahabat LovRinz punya pandangannya tersendiri? Jika iya, coba beritahu Eneng di kolom komentar. Neng menantikan resensi buku Sahabat LovRinz di berbagai media yaaa.

Posting Komentar untuk "Tujuan Resensi Sebuah Buku"