Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Teks Biografi dan Strukturnya

Selamat Siang, Sahabat LovRinz. Wah-wah, Neng saat ini mulai ikut membantu membrandingkan penulis dengan cara membuat biografinya, nih. Jadi teringat masa sekolah dasar dulu ya, kalau bahas mengenai biografi. Apa Sahabat LovRinz pernah meminta profil teman dengan cara menukar kertas binder yang sudah ada beberapa pertanyaan seperti nama, hobi, makanan favorit dan lain sebagainya? Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, bisa dibuatkan sebuah teks biografi, lho. Apa Sahabat LovRinz masih ingat hal apa saja yang berkaitan dengan biografi? Yuk, baca artikel ini untuk mengingat kembali tentang teks biografi.



Jadi, apa itu teks biografi? Teks biografi adalah teks yang berisi mengenai sebuah kisah dari seorang tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Teks ini ditulis oleh seseorang agar tokoh itu bisa menjadi inspirasi dan diteladani oleh banyak orang. Jadi, biasanya penulisannya berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi mau pun kelebihannya.

Lantas bagaimana caranya membuat teks biografi? Kalau dari materi zaman SD, sih, teks biografi memiliki struktur teks yang seperti berikut ini.

1.     Orientasi

Nah, di tahap orientasi ini mencakup pengenalan tokoh dan latar belakangnya atau peristiwa yang akan diceritakan pada bagian selanjutnya. Tahap ini juga berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam memahami informasi dasar atau bagian pengantar sebelum masuk ke pembahasan yang lebih rinci.

2.     Peristiwa Penting

Kalau di bagian ini biasanya diceritakan tentang rangkaian peristiwa. Umumnya kejadian utama yang dialami tokoh. Bagian ini harus disusun secara kronologis ya, sesuai urutan waktu. Terkadang, penulis juga menyertakan beberapa komentar pada bagian-bagian tertentu dalam kronologinya. Selain itu, tahap ini merupakan bagian inti. Karena pembaca bisa mengambil hikmah dari kisah hidup tokoh.

3.     Reorientasi

Tahap ini sebenarnya opsional sih, hanya saja bisa berfungsi sebagai penutup pada teks biografi. Biasanya diisi dengan pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya

 

Nah, kira-kira begitulah kenangan Neng tentang materi teks biografi di masa sekolah dasar. Apa ada yang kurang? Jika iya, coba tuliskan di kolom komentar yaa ….

Posting Komentar untuk "Mengenal Teks Biografi dan Strukturnya"