Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenalkah Kamu Dengan .... Part 3

            Biografi Penulis Nur Jamilah Adin

            Nur Jamilah, penulis yang bernama pena Nur Jamilah Adin ini lahir di Bandung pada 05 Mei 1994. Pribumi tanah air, Indonesia. Berdomisili di Ciputat, Tangerang Selatan. Sedangkan sejak 2 tahun belakang tinggal di Lahore, Pakistan.

Nur Jamilah Adin hobi membaca buku, menulis novel, berenang, dan memasak. Ketahuilah, semua yang dicampur bumbu kacang dan santan adalah makanan favoritnya. Sementara minuman favorit, tidak ada kategori khusus untuk itu, yang penting halal.

By the way, Nur Jamilah Adin ini telah menikah dengan pria Pakistan, lalu dikaruniai tiga orang anak, lho. Anak pertama kembar laki-laki, dan yang kedua perempuan. Jadinya punya 3 anak atau dua anak ya? Hehe. Untuk kegiatan sehari-harinya cukup general, menjadi seorang ibu rumah tangga yang mengurus dan mengatur rumah serta menulis novel.

Nur Jamilah Adin adalah seorang introvert yang suka menyendiri. Menjadi penulis adalah wadah terbaik untuknya menuangkan banyak imajinasi di kepala. Itulah salah satu semangat menulisnya. Dan yang pasti, bisa mengontrol emosi untuk tidak melakukan selfharm adalah hal lain yang membuatnya semangat menulis.

Lantas, tahukah kamu? Role modelnya dalam dunia kepenulisan adalah … dirinya sendiri! Benar-benar menakjubkan, iya kan?

2020 adalah tahun pertamanya terjun di dunia kepenulisan, tepatnya di awal tahun. Sekadar informasi, sejak SMP Nur Jamilah Adin sudah gemar menulis, dulu dia lebih suka puisi dan sering memajang karyanya di mading. Suka membaca, tetapi dulu tidak pernah mampu membeli buku, hingga semua itu berhenti. Sampai di tahun 2019 akhir, dia menemukan iklan novel di salah satu platform literasi. Karena rasa suka terhadap membaca datang lagi, akhirnya dia install aplikasi kepenulisan itu dan membaca beberapa novel di sana.

Sejak saat itu, tiba-tiba dia ingin sekali menulis sebuah cerita, hingga akhirnya terbitlah novel pertama yang berjudul “Rain” di platform NovelToon dengan jumlah pembaca 350.000. Setelah tamat, akhirnya mencoba lagi menulis cerita baru yang berjudul “Istri Cantikku yang Angkuh” di platform yang sama. Novel tersebut menjadi salah satu novel yang sangat dia banggakan, karena novel itu telah dibaca sebanyak 15 juta pembaca dan menghasilkan cukup banyak uang di saat keadaan ekonomi keluarga sedang krisis gara-gara Covid yang baru menyerang.

Setelah itu, keluar lagi novel-novel lain di platform. Hingga suatu hari, Nur Jamilah ingin sekali memiliki buku cetaknya, karena selama menulis 1 tahun itu hanya berupa novel digital. Masuklah dia ke beberapa grup kepenulisan di Facebook, lalu akhirnya mengikuti event menulis. Itu yang menurutnya menarik, karena saat mulai menulis, ternyata kaidah penulisannya masih barbar di mana tidak ada aturan sama sekali. Berkat event menulislah akhirnya dia tahu kaidah penulisan yang baik dan benar.

Sejak 2021 sampai sekarang, Nur Jamilah Adin sudah menerbitkan 5 buku solo dan 2 di antaranya terbitan LovRinz yang berjudul “Mohabbat” dan “Maahi Ve”. Dua novelnya yang memiliki latar belakang di negara Pakistan. Setelah puas mengikuti event menulis di Facebook, sekarang dia kembali menulis di salah satu platform dan berharap next time bisa ikut parade menulis serta mencetak buku lagi di LovRinz.

Impian Nur Jamilah Adin yaitu ingin memiliki karya yang dapat menginspirasi banyak orang dengan tulisan-tulisannya. Berharap bisa semakin meningkat lagi level menulisnya. Aamiin!

Namun, Nur Jamilah Adin pun memiliki kekhawatiran untuk ke depannya. Mengingat, dia adalah tipikal orang yang mudah bosan. Di sisi lain, menulis bukan sekadar hobi baginya, melainkan sebagai healing juga. Memiliki penyakit kecemasan dan trauma berat membuat emosinya terkadang tak stabil, dengan menulislah dia bisa mengatur emosi tersebut. Dari kekhawatiran itu, Nur Jamilah Adin hanya bisa berharap tak akan pernah bosan untuk menulis.

Sejauh ini dia sudah memiliki 13 karya, di antaranya adalah Rain, Istri Cantikku yang Angkuh, Arrogant Wife, Dikejar Anak Sultan, Suami Perjodohan (vs) Idamanku, Extraordinary Wife, Artis Sombong, Jasmine, Mohabbat, Maahi Ve, Scary Doll, Sketsa Cinta, dan Ramenuku 15 (Love Yourself).

Sedangkan karyanya yang telah dicetak menjadi buku, yaitu: Extraordinary Wife, Artis Sombong, Jasmine, Mohabbat, Maahi Ve, Scary Doll (Nubar), Sketsa Cinta (Nubar), dan Ramenuku 15 (Love Yourself) (nubar).



Karyanya dapat ditemukan di platform NovelToon dengan nama pena “Mrs. A”, juga platform Fizzo dengan nama pena “Noor Afzal”.

Karya yang paling berkesan baginya adalah “Istri Cantikku yang Angkuh”. Karena novel itu memiliki banyak pembaca dan telah membantu ekonomi keluarga saat keadaan terpuruk. Meskipun saat itu kaidah penulisannya masih berantakan, tetapi sangat berkesan sebab novel itu telah dibaca sebanyak 15 juta kali.

Jika kalian ingin bertegur sapa langsung dengan Nur Jamilah Adin, silakan colek beberapa media sosial berikut:

Facebook         : Nur Jamilah Adin

Instagram        : @Mynameisami_

WA                 : +923044103711

Telegram         : +923044103711

Twitter            : @mynameisami_

Email               : noorafzal310@gmail.com



Posting Komentar untuk "Kenalkah Kamu Dengan .... Part 3"