Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenalkah Kamu Dengan .... Part 2

 BIOGRAFI PENULIS YUNITA CHEARRISH


Penulis “Perfect Siblings” yang dikenal dengan nama pena Yunita Chearrish, lahir dengan selamat di Singkawang pada 28 Juni 1992. Dia adalah seorang ibu rumah tangga beranak satu yang hobi membaca dan menulis genre romansa-remaja, selain itu ngemil bersama anak juga termasuk ke dalam hobinya. Sekadar informasi, kimchi dan es teh merupakan makanan dan minuman favoritnya.

Fun fact tentangnya, kegiatan sehari-hari yang dia lakukan adalah mengerjakan pekerjaan ibu rumah tangga pada umumnya, lalu menulis, membaca, branding, branding, dan branding. Hidup tanpa branding bagai taman tak berbunga. Eh?

Yunita Chearrish memiliki 16 karya jika total dengan buku antologi. Ada dua karyanya yang sudah diterbitkan, berhasil mendapatkan logo best seller meski cakupannya belum ke Gramedia, yakni “Keeping You as Manito” dan “Perfect Siblings”. Sedangkan, karya antologi sampai tahun ini sudah mencapai enam yang dibukukan termasuk antologi kutipan.



Selain itu, karyanya dipublikasikan pada media online. Mostly Wattpad, Yunita Chearrish memiliki 8 karya tamat lainnya yang belum dipinang penerbit mana pun. Selebihnya ada di platform KBM, dia berencana untuk memasukkan karya “Perfect Siblings” dan menamatkannya di sana.

Tentang karyanya yang paling berkesan, menurutnya semua punya daya tarik masing-masing karena Yunita mendapat review positif yang kurang-lebih sama mengesankannya. Namun, jika harus memilih satu, dia akan memilih “Keeping You as Manito” sebab untuk pertama kalinya dia bisa menuliskan masing-masing perspektif dari kelima tokoh utama. Jumlah halamannya adalah rekor karena mencapai 433-hlm. Bisa jadi, tulisan yang tak dia batasi menjadi totalitas dibandingkan karyanya yang lain.

Hal-hal yang membuatnya semangat menulis yaitu … semerdekanya Yunita Chearrish ketika bisa mengimajinasikan tokoh demi kebutuhan cerita. Dia bisa memilih cast sendiri, kemudian bagaimana Yunita bisa menentukan karakter seperti apa yang akan mereka lakoni, lalu sesenang itu ketika bisa memberikan amanat kepada semua orang. Dia suka memotivasi soalnya. Wah … luar biasa!

Pertama kali Yunita Chearrish terjun dalam dunia kepenulisan adalah tahun 2005. Berbekal senang membaca genre teenlit yang booming saat tahun 2005 di Gramedia, dia jadi termotivasi untuk menulis genre yang sama dan Yunita masih segencar itu untuk memfilmkan karyanya. Merupakan impian terbesar yang dia dambakan sejak di titik Yunita jatuh cinta pada karya-karya Luna Torashyngu. Meski sudah berkali-kali hiatus, perasaannya masih sama. Yunita Chearrish selalu mempunyai feel kuat bahwa dia bisa menyelesaikan karya hingga tamat dan menyebarluaskan ke orang lain. Lantas, pada tahun 2014, akhirnya Yunita Chearrish berhasil menulis karya berjudul “Rainbow Hearts”. Singkat cerita, berkat dukungan suami dan tumpukan kepercayaan diri yang sudah dia bangun sejak lama, akhirnya Yunita Chearrish berhasil menerbitkan judul tersebut dan bisa dibilang “Rainbow Hearts” adalah gerbang dari belasan karya tamatnya yang lain.

Disebutkan bahwa, Luna Torashyngu merupakan role modelnya dalam hidup dan dunia kepenulisan.

Lalu, impian Yunita Chearrish adalah menulis lebih banyak karya genre romansa-remaja dan bisa masuk Gramedia. Puncaknya, ingin karya-karya tersebut difilmkan.

Adapun kekhawatirannya dari dunia literasi, yakni dia merasa miris dengan karya remaja kekinian yang semakin meresahkan. Hingga Yunita Chearrish berharap, semoga banyak penulis yang lebih aware dan menulis genre remaja sesuai umur.

Nah, Sahabat LovRinz, jika kalian ingin tahu lebih banyak tentangnya, ingin membaca karya-karyanya, juga ingin bertegur sapa langsung dengannya, kalian bisa kunjungi sosial media dan platform berikut:

IG/TikTok: @yunitachearrish

FB/KBM/YouTube/Spotify: Yunita Chearrish

Wattpad: YunitaChearrish

Twitter: @chearrish



2 komentar untuk "Kenalkah Kamu Dengan .... Part 2"