Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Membuatmu Terkena Writer’s Block - Penerbit LovRinz

Halo Sahabat LovRinz, bagaimana kegiatan menulisnya? Semoga lancar saja ya, Neng kembali lagi hadir untuk memberikan tips tentang kepenulisan nih. Apa ada yang selalu menanti-nanti tips dan trik dari Neng? Coba absen di kolom komentar yaa….

Tampaknya hamper setiap penulis pasti pernah dihantui dengan istilah Writer’s Block. Sulit berpikir atau bahkan tidak tahu harus menulis apalagi. Mungkin itu adalah beberapa gejala dari writer’s block. Apa kamu pernah mengalami salah satunya? Kira-kira itu disebabkan karena hal apay a? Yuk, ceritakan kisahmu di kolom komentar. Kalau dari Eneng sih ada beberapa hal yang menurut Neng bisa menyebabkan writer’s block di antaranya adalah

1.      Tidak ada outline

Saat menulis belum membuat sebuah outline, tentu saja kamu harus sudah tahu kearah mana tulisanmu akan berkembang. Hal ini bisa saja membuat tulisanmu berantakan entah kemana. Jika sudah terjadi hal demikian, kebanyakan malas untuk membenahi kembali. Sehingga, bingung harus dibenahi dari mana dan membuat naskah itu mangkrak di dalam laptop yang berhibernasi bertahun-tahun lamanya.

2.      Menulis tanpa henti

Saat kamu sudah totalitas untuk menulis, mencurahkan setiap tetes darah dan keringat ke dalam tulisan. Hal itu tentu saja akan membuatmu menjadi seseorang yang gila akan menulis. Tiap hari pasti selalu ada hal yang kamu tulis, hal itu memang bukan hal buruk. Karena kamu bisa melatih konsistenitas dalam menulis. Tapi terkadang tubuh dan otakmu perlu untuk beristirahat. Jangan sampai kamu terus memporsir kedua hal tersebut. Ingat, kesehatan fisik dan mental adalah hal yang utama, kalau kamu nanti jatuh sakit, siapa yang akan melanjutkan tulisan hebatmu itu?

3.      Malas Membaca

Jika kamu bukan seseorang yang tidak suka membaca, untuk menemukan ide dan referensi tulisan akan menjadi sangat sulit. Biasanya hal ini bisa menyebabkan kamu mudah terjerumus di dunia writter’s block. Maka dari itu, Neng sarankan kamu untuk mulai membiasakan diri membaca. Untuk mencari ide atau bahkan mencari referensi untuk tulisanmu selanjutnya.

4.      Mencoba membuat karya yang unik

Saat kamu ingin mencoba menulis karya unik dan belum pernah ada yang membuatnya. Pasti membutuhkan waktu lama dan banyak referensi. Biasanya hal ini akan menjerumuskan ke dalam fase kamu hanya mencari ide dan tak kunjung menulis. Karena kamu merasa bahwa ide ini sudah ditulis oleh penulis lain. Maka dari itu, setiap ide yang hadir akan kamu tolak mentah-mentah dan kamu tidak akan pernah mulai untuk menulis. Sayang sekali bukan? Oleh karena itu, yuk mulai tulis saja dulu setiap ide yang ada nanti bisa kamu kembangkan agar menjadi cerita yang beda dan menarik.


Penerbit Lovrinz 

Ruko Citraland, Capry 10 

Cirebon 

Jawa Barat 

Langsung owner 

Whatsapp: 08984455999 

Kunjungi juga: 

Website: https://www.lovrinz.com 

Info Event: https://www.friends.lovrinz.com 

Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Penerbit_LovRinz 

Instagram: https://www.instagram.com/penerbit_lovrinz 

shopee: https://shopee.co.id/lovrinz_store 

Toko Pedia: https://tokopedia.link/hrsXl0PR7mb 



Penerbit Novel Lovrinz
#penerbit, #penerbitlovrinz, #penerbitnovellovrinz, #penerbitbukulovrinz, #penulislovrinz, #eventmenulislovrinz, #eventnulislovrinz, #eventmenuliscerpenlovrinz, #eventmenulisnasionallovrinz, #penerbitcirebonlovrinz, #novelromancelovrinz, #novellovrinz, #novelislamlovrinz, #wattpadnovellovrinz, #penulislovrinz, #percetakanlovrinz, #penerbitindielovrinz, #penerbitonlinelovrinz, #selfpublislovrinz, #penerbitselfpublislovrinz, #literasilovrinz, #novelteenlit

Posting Komentar untuk "Hal yang Membuatmu Terkena Writer’s Block - Penerbit LovRinz"