Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenalkah Kamu Dengan .... Part 1

 

Biografi Farin Aisya (Loopies)



Farin Aisya atau yang lebih dikenal dengan nama pena Loopies, lahir di sebuah kota yang dijuluki kota belimbing. Apakah Sahabat LovRinz ada yang bisa menebak kira-kira kota apa? Hehe. Yup, betul sekali. Loopies lahir di kota Demak. Namun, saat ini sedang berada di kota Cirebon. Hal ini terjadi karena tuntutan pekerjaan. Sehingga kegiatan menulis menjadi pekerjaan sampingannya. Meskipun begitu, sebentar lagi ada karya terbaru yang akan launching. Eits, sebelum berkenalan lebih lanjut dengan karya-karyanya, yuk, kita bahas lebih dalam mengenai Loopies!

Fun Fact untuk Loopies, ternyata Loopies belum terikat dengan siapa pun, lho. Namun, Loopies sudah memiliki satu anak. Eits, jangan dibawa serius, ya! Katanya ada anak bulu, kemungkinan besar, sih, itu anak kucing, ya.

Selain itu, Loopies juga sangat menyukai makanan dan camilan manis, lho. Kalau minuman favoritnya, sih, es teh dan good day. Mungkin meminum kopi merek itu agar harinya menjadi good. Hehe…. Untuk masalah hobi, ternyata makan juga menjadi salah satu hobinya. Selain makan, Loopies juga suka membaca buku, bersepeda, dan menonton drama Korea. Dengar-dengar, aktor favoritnya itu Lee Min Hoo, lho.

Untuk kegiatan sehari-harinya yang saat ini dijalani mungkin hampir sama dengan pegawai kantor lainnya. Bangun tidur langsung lihat ponsel karena dibangunkannya saja masih pakai ponsel, beribadah, persiapan bekerja, bekerja, pulang, ke rumah, main ponsel lagi, ngobrolin kejadian hari ini, lalu tidur. Mirip, kan? Dan ketika waktu libur tiba, refreshing otak paling optimal untuk Loopies adalah membaca buku dan menonton drama.

Awal mula Loopies terjun ke dunia kepenulisan karena kebetulan dari kecil suka membaca. Apa pun dibaca, mulai dari tulisan di jalan, di baliho-baliho, sampai bungkus kertas saat beli gorengan pun dibaca. Kemudian, ada sahabat yang mengetahui hobi membaca Loopies dan dia sering meminjamkan bukunya. “Love you, my best friend. Jadi kangen.” Begitu pesan Loopies untuk sahabatnya.

Dari sanalah Loopies mulai suka menulis, sampai corat-coret di buku bahkan saat jam pelajaran di kelas berlangsung. Katanya lebih suka nulis daripada mendengarkan guru. Eits, jangan ditiru, ya! Begitu pesannya. Beruntungnya nilai Loopies cukup baik, sehingga selalu masuk peringkat 3 besar.

Lalu, waktu awal-awal Facebook muncul, Loopies ditawari teman untuk menulis di sana. Katanya bisa nulis serta dikenal oleh banyak orang. Alhasil, Loopies segera membuat akun Facebook bersama teman-temannya ke warnet. Fun Fact kedua, ternyata dulu Loopies banyak memiliki teman lelaki dan merekalah yang memberi dukungan serta apresiasi atas apa yang Loopies lakukan. Nah, di saat teman-temannya asyik memainkan game, Loopies lebih memilih untuk mojok dan memposting tulisannya di salah satu bilik warnet.

Semenjak tahun 2012, Loopies mulai aktif di beberapa grup Facebook. Di masa itu hanya sekadar menuangkan unek-uneknya saja. Hingga tiba di tahun 2013, karya pertamanya terpampang di salah satu buku puisi sebagai kontributor. Seiring berjalannya waktu, tulisannya berpindah haluan dari puisi ke cerpen, lalu ke cerbung. Bagi Loopies, hal yang dapat meningkatkan tulisan adalah musik, drama Korea, membaca, dan sebuah perjalanan di dalam bus. Namun, anehnya, hal yang membuat Loopies semangat menulis adalah ketika galau.

Untuk role model dalam dunia kepenulisan Loopies adalah Tere Liye. Semenjak mengenal Om Danar, dia jatuh cinta kepada penulisnya. Menurut Loopies, Tania itu Loopies banget. Hal itu membuat Loopies penasaran dengan buku lainnya dan ternyata semua buku karya Tere Liye disukainya.

Saat ini, Loopies sudah memiliki beberapa buku antologi serta novel solonya. Banyak juga karyanya yang sudah diunggah di berbagai platform menulis. Dari Janji Alana, Penjaga Hati, Hello Oktober, Pengantin Pengganti, dan masih banyak lagi. Kalau terbit buku secara fisik sudah ada 2, yaitu First Love dan Not Cinderella. Lalu, yang akan hadir sebentar lagi adalah NoMu. Sedangkan karya yang paling berkesan untuk Loopies adalah First Love. Karena First Love merupakan karya pertama yang dibukukan dan kisahnya sangat-sangat ‘penulis’ sekali, begitu katanya. ‘Penulis sekali’ agak ambigu, ya. Jika ingin tahu silakan baca saja novel First Love karya Loopies. Untuk karya-karya lainnya bisa dicek di beberapa platform, seperti Facebook, Wattpad, Dreame, KBM App dan Novelpedia.

Dulu Loopies punya banyak kekhawatiran, tetapi seiring waktu mindset-nya berubah menjadi: “Apa, sih, yang perlu dikhawatirkan? Semua sudah berjalan sesuai, nikmati saja dan berserah pada Yang Maha Kuasa.” Begitu katanya. Sementara untuk harapan dan mimpi ke depannya yaitu bisa hidup bahagia, aktif menulis, berkeluarga, berguna bagi orang lain, dan salah satu karyanya dapat difilmkan.

Untuk Sahabat LovRinz yang ingin mengenal lebih dalam mengenai Loopies, bisa kunjungi dan follow sosial medianya di Facebook, Instagram, Wattpad, KBM App, dan TikTok. Semuanya memakai nama akun Farin Muis atau Loopies, ya!



Posting Komentar untuk "Kenalkah Kamu Dengan .... Part 1"