Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Menulis Membutuhkan Teori? - Penerbit LovRinz

*Menulis adalah kegiatan dimana ide dan pikiran akan dicurahkan melalui kata-kata yang dapat menggugah dan bisa disampaikan sebagai sebuah pesan atau informasi yang bisa diterima oleh pembaca.

Aktivitas menulis terkadang membosankan karena belum menemukan tujuan atau bahkan arti dari menulis itu sendiri. Sehingga tidak sedikit penulis yang berhenti di tengah jalan dan tidak mampu menyelesaikan sebuah karya hingga tuntas.

Padahal kegiatan menulis sudah sejak lama kita geluti dalam kehidupan. Karena semenjak awal masuk sekolah. Pasti teman-teman akan belajar huruf dan mulai menulis. Dari semenjak itulah kegiatan menulis teman-teman dimulai. Bahkan hingga saat ini pun, teman-teman membuat status di social media, bercerita melalui aplikasi pesan singkat dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan kegiatan menulis yang tidak teman-teman sadari. Jadi sebenarnya kegiatan menulis sudah mengakar dan menjadi rutinitas di setiap kegiatan teman-teman.



Lantas, menurut teman-teman apakah menulis membutuhkan sebuah teori atau tidak? Kalau menurut Neng ini conditional ya. Ketika kamu hanya ingin untuk koleksi pribadi, kamu bebas menulis seindah apapun tanpa ada aturan sama sekali. Namun, ketika karyamu akan diterbitkan, tentu saja harus sesuai dengan kaidah kepenulisan ya. Oleh karena itu, untuk opsi diterbitkan, maka kamu perlu untuk mempelajari teori-teori kepenulisan. Agar tulisanmu menjadi lebih baik, rapi dan mudah dibaca. Sehingga pesan yang ingin kamu sampaikan bisa tersampaikan dengan baik kepada para pembaca.

Maka dari itu, teman-teman bisa mulai untuk mempelajari hal-hal yang bisa membantu teman-teman dalam hal kepenulisan.

Yang pertama, semua bermula dari 'alasan'. Mengapa kita harus menulis? Dengan menemukan alasan yang tepat, bisa memotivasi kita untuk menyelesaikan tulisan, baik tulisan fiksi ataupun non-fiksi.

Yang kedua, bagaimana caranya menulis dengan baik? Teman-teman bisa memulai dengan mempelajari mengenai teknik menemukan dan menentukan ide untuk menulis. Dalam proses tersebut, penting juga untuk melakukan riset sebelum mulai menulis.

Sebagian penulis memiliki tekniknya masing-masing, ada yang menulis dengan spontan, ada pula yang menulis dengan menggunakan outline sebagai acuan. Outline juga dikenal dengan sebutan kerangka tulisan. Bagi penulis, membuat outline sangatlah penting. Tidak adanya outline yang matang bisa menjadi salah satu faktor kegagalan dalam menulis, yang menyebabkan writer block atau kendala lainnya.

Selain itu, mengetahui dasar kepenulisan sangatlah penting bagi penulis. Dengan mempelajari mengenai kaidah PUEBI dan KBBI, bisa membantu penulis dalam menciptakan tulisan yang baik dan sesuai dengan standar yang ada. Penulis pun dapat memperluas wawasan mengenai kosa-kata, diksi dan ilmu kepenulisan dengan memperbanyak membaca karya penulis-penulis lainnya.

Semangat berkarya, untuk para penulis di luar sana!

Penerbit Lovrinz 

Ruko Citraland, Capry 10 

Cirebon 

Jawa Barat 

Langsung owner 

Whatsapp: 08984455999 

Kunjungi juga: 

Website: https://www.lovrinz.com 

Info Event: https://www.friends.lovrinz.com 

Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Penerbit_LovRinz 

Instagram: https://www.instagram.com/penerbit_lovrinz 

shopee: https://shopee.co.id/lovrinz_store 

Toko Pedia: https://tokopedia.link/hrsXl0PR7mb 



Penerbit Novel Lovrinz
#penerbit, #penerbitlovrinz, #penerbitnovellovrinz, #penerbitbukulovrinz, #penulislovrinz, #eventmenulislovrinz, #eventnulislovrinz, #eventmenuliscerpenlovrinz, #eventmenulisnasionallovrinz, #penerbitcirebonlovrinz, #novelromancelovrinz, #novellovrinz, #novelislamlovrinz, #wattpadnovellovrinz, #penulislovrinz, #percetakanlovrinz, #penerbitindielovrinz, #penerbitonlinelovrinz, #selfpublislovrinz, #penerbitselfpublislovrinz, #literasilovrinz, #novelteenlit

Posting Komentar untuk " Apakah Menulis Membutuhkan Teori? - Penerbit LovRinz"