Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Self Publish Beserta Keuntungannya?

Halo, Sahabat LovRinz. Apa kabar hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Apa Sahabat LovRinz masih bingung dengan pilihan menerbitkan buku? Pilihan itu adalah mayor, indie dan self publish. Buat yang masih bingung, yuk, pantau terus postingan Neng! Neng akan jelaskan satu per satu mengenai ketiga hal itu. Untuk yang akan dibahas pertama adalah Self Publish.

Jadi, apa itu self publish? Secara singkatnya self publish itu menerbitkan sebuah karya menjadi buku secara mandiri melalui percetakan atau penerbit. Namun, kamu harus mengikuti regulasi yang ada di tempat tersebut. Lantas hal yang kamu perlu siapkan adalah menulis naskah hingga selesai, mengedit naskah, membuat desain cover dan tata letaknya.

Self publishing di Indonesia sudah bukan lagi menjadi hal baru dan aneh. Sudah banyak penulis Indonesia yang memilih jalur ini untuk mempublikasikan karya mereka secara self publish. Sebab self publishing Indonesia memiliki beberapa keuntungan dibandingkan saat kita harus menerbitkan karya di opsi lainnya.



1.       Passive Income

Keuntungan menerbitkan secara self publish yang pertama adalah sebagai passive income. Kamu sebagai penulis bebas menjual bukumu dengan harga berapa pun dan tanpa ada batas waktu. Hal ini adalah hal spesial yang hanya bisa didapatkan oleh penulis mandiri atau self publish. Selain itu, kamu memiliki kendali penuh atas naskah yang dicetak. Tampilan cover, tata letak

Apabila kamu menerbitkan buku di LovRinz, semua keuntungan dari hasil penjualan 100% akan menjadi keuntunganmu, lho. Tak hanya itu, LovRinz juga menyediakan jasa pra cetak berupa desain cover, layout dan editing. Semua itu dikerjakan oleh professional ya.

2.       Tanpa Ada Seleksi

Buat kamu yang tidak ingin ribet dan menunggu pengumuman naskahmu lolos. Neng sarankan kamu menggunakan opsi self publish. Karena hanya dengan mengirimkan naskah siap cetak, naskahmu akan segera dicetak dan dijadikan sebuah buku. Jadi, kamu dan pembaca setiamu tidak perlu waktu lama untuk memeluk karya terbarumu.

3.       Biaya yang Lebih Rendah

Teruntuk kamu yang ketakutan dengan biaya terbit yang terlalu tinggi, Neng punya tipsnya nih, jadi kamu hanya perlu menyiapkan naskah yang sudah siap cetak. Naskah yang sudah diedit, memiliki desain cover dan layout. Jika sudah seperti itu, kamu hanya perlu mengeluarkan uang biaya cetak saja, lho.

4.       Marketing

Dalam bidang marketing semuanya dipegang kendali oleh penulis. Hal ini memang cukup sulit untuk dilakukan bagi penulis yang belum memiliki nama atau bahkan fans setia. Namun, kamu tak perlu khawatir. Karena jika kamu terbit di LovRinz, kamu akan mendapatkan fasilitas media promosi, beberapa di antaranya adalah short video karyamu (trailer), flyer promosi, quotes dan lain sebagainya.

Coba tuliskan lagi tentang keuntungan self publish lainnya di kolom komentar. Jadi, tunggu apalagi untuk menerbitkan karya secara self publish. Neng tunggu karyamu sekarang juga di LovRinz!

Posting Komentar untuk "Apa Itu Self Publish Beserta Keuntungannya?"