Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Agar Tulisanmu Dilirik Pembaca - Penerbit LovRinz

Selamat malam, Sahabat LovRinz ....

Eneng hadir lagi nih, mau ngasih beberapa tips agar tulisan kalian dilirik oleh pembaca, soalnya kemarin banyak yang curhat, bilang tulisannya sepi. Nah, semoga dengan yang Eneng tulis bisa membantu 

Okay, deh, ini dia tips dari Eneng yang Eneng kumpulkan dari beberapa sumber.



- Memilih judul yang menarik. Eits, tapi jangan yang 'anu' ya, soalnya banyak sekali judul-judul yang kontroversial demi menarik pembaca. Jangan lakukan itu. Coba deh, lihat, apakah penulis-penulis memakai judul yang begitu? Enggak, kan?

- Menguasai materi. Ini penting, jangan menulis asal. Memang, menulis itu merupakan buah pikiran, tetapi jangan menulis sembarangan hingga menimbulkan catlog. Jika tidak menguasai, kalian bisa riset! Riset ini sangat penting, buat yang bilang sebaliknya, tolong cu-bit tangannya.

- Menentukan pasar pembaca. Ini juga sangat penting, siapa yang ingin kalian jadikan target? Apakah emak-emak, remaja, anak-anak? Jangan membuat cerita rumah tangga jika pasar kalian adalah remaja! Salah banget.

- Menulis yang dibutuhkan pembaca. Hampir sama dengan atas, tentukan pasar kemudian apa sih, yang mereka butuhkan?

- Jangan memikirkan hasil (uang).

Memang, semua butuh uang, tetapi coba pikirkan lebih dalam lagi, kalian menulis untuk apa? Ada yang menulis untuk terapi, ada yang menulis sekadar hobi, maka lakukanlah seperti itu, jika kemudian kalian mendapat uang dari menulis, anggap itu bonus.

- Terus melatih menulis, jangan mudah puas ketika ada yang menyebut kalian famous. Jangan meninggi, mabuk ketenaran. Jangan!

- Pilih gaya menulis yang kamu banget. Penting juga, jangan memaksakan diri demi memenuhi tuntutan. Menulis yang dari hati akan lebih mudah menyentuh pembaca ketimbang menulis sesuatu yang dipaksakan.

- Dengarkan kritik dan saran selagi itu untuk kebaikan menulismu! Jangan merasa tinggi, atau malah merendahkan kritikus, "Halah, punya buku berapa sok-sokan Krisan?!" Huhuhu, jangan ya!

- Rajin berinteraksi dengan pembaca, bergabung ke grup-grup menulis, salah satunya grup LovRinz and Friends. Selain banyak event, hadiah, dan circle yang sehat, di LovRinz juga ada Eneng yang cantik 🤫 yang rajin menyapa sahabat LovRinz semua. 

Klik link ini untuk bergabung 👉 https://www.facebook.com/groups/291426671038978/?ref=share

Terakhir, fokus dengan kebaikan. Beri pesan cinta dalam tulisan kalian, jangan kasih contoh yang buruk. Okay 👌

Sekian, semoga bisa membantu.

Salam sayang dari Eneng Bucin.

Penerbit Lovrinz 

Ruko Citraland, Capry 10 

Cirebon 

Jawa Barat 

Langsung owner 

Whatsapp: 08984455999 

Kunjungi juga: 

Website: https://www.lovrinz.com 

Info Event: https://www.friends.lovrinz.com 

Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Penerbit_LovRinz 

Instagram: https://www.instagram.com/penerbit_lovrinz 

shopee: https://shopee.co.id/lovrinz_store 

Toko Pedia: https://tokopedia.link/hrsXl0PR7mb 



Penerbit Novel Lovrinz
#penerbit, #penerbitlovrinz, #penerbitnovellovrinz, #penerbitbukulovrinz, #penulislovrinz, #eventmenulislovrinz, #eventnulislovrinz, #eventmenuliscerpenlovrinz, #eventmenulisnasionallovrinz, #penerbitcirebonlovrinz, #novelromancelovrinz, #novellovrinz, #novelislamlovrinz, #wattpadnovellovrinz, #penulislovrinz, #percetakanlovrinz, #penerbitindielovrinz, #penerbitonlinelovrinz, #selfpublislovrinz, #penerbitselfpublislovrinz, #literasilovrinz, #novelteenlit

Posting Komentar untuk "10 Tips Agar Tulisanmu Dilirik Pembaca - Penerbit LovRinz"