Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Konsisten dalam Menuangkan Ide untuk Tulisan - Penerbit LovRinz

Menulis kian hari kian digemari di berbagai kalangan. Tak hanya anak sekolahan, kini, para ibu rumah tangga pun sering menulis hingga menjadi sebuah buku. Hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan literasi di Indonesia kian hari kian meningkat.

Menulis bukan hanya bagi seseorang yang memiliki bakat saja, setiap orang pun di zaman ini bisa menulis. Terlebih sudah banyak media online berupa platform untuk menulis. Tak hanya menjangkau banyak pembaca, bahkan bisa menjadi passive income yang menggiurkan loh.

Bagaimana cara untuk konsisten dalam menulis? Terus menulis adalah salah satu cara agar kita semakin konsisten dalam menulis. Namun terkadang, sebagai penulis sering kali kehabisan ide untuk tulisannya. Meskipun sudah menjadi penulis professional, nyatanya masih saja ada yang kesulitan untuk mendapatkan ide menulis yang menarik dan terbaik. Lantas, bagaimana cara mendapatkan ide dalam menulis? Eneng sudah rangkum dalam beberapa hal berikut ini:



1.       Rajin membaca

Buku adalah gudangnya dunia. Jika kamu ingin mendapatkan banyak ilmu dan ide. Maka, cara paling jitu adalah dengan membaca banyak buku. Selain mendapatkan ide, buku pun bisa menjadi bahan referensi untuk menambah sudut pandang dalam cerita yang akan dibuat.

2.       Tulislah hal-hal yang kamu alami

Menulis bukanlah hal-hal yang selalu ada dalam pikiran. Namun, bisa juga dari apa yang dirasakan dan dialami sehari-hari. Keresahan yang dialami seringkali dijadikan sebuah ide. Misalnya saja para stand up comedy-an, mereka mengangkat kisah-kisah dari berbagai keresahan yang mereka alami. Dari keresahan tersebut, lalu dibuat sedemikan rupa sehingga bisa menimbulkan gelak tawa.

3.       Banyak-banyak berdiskusi

Mencari sebuah ide tidaklah harus datang dari diri sendiri. Sebuah ide bisa datang dari mana saja dan dari siapa saja. Cobalah untuk diskusi dengan teman, tetangga atau bahkan dengan orang yang tak kamu kenal di dunia maya. Selain berkomunikasi, terkadang kisah dari mereka bisa menjadi inspirasi untuk ide tulisan berikutnya.

4.       Menjadi kreatif

Cara terakhir yang paling penting adalah membiasakan diri menjadi orang yang selalu kreatif dan memiliki ide baru dalam tulisannya. Pernahkah, Sahabat LovRinz mencoba membuat 2 sudut pandang atau lebih hanya dari sebuah ide? Jika sudah, maka ubahlah hal tersebut menjadi kebiasaan. Sehingga, Sahabat LovRinz bisa membuat beragam cerita hanya dari sebuah ide.

Demikian beberapa tips yang bisa Eneng bagikan kepada Sahabat LovRinz semua. Semoga bisa menjadi inspirasi dalam menemukan sebuah ide. Selamat mencoba, tunggu tips selanjutnya dari Eneng ya

Penerbit Lovrinz 

Ruko Citraland, Capry 10 

Cirebon 

Jawa Barat 

Langsung owner 

Whatsapp: 08984455999 

Kunjungi juga: 

Website: https://www.lovrinz.com 

Info Event: https://www.friends.lovrinz.com 

Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Penerbit_LovRinz 

Instagram: https://www.instagram.com/penerbit_lovrinz 

shopee: https://shopee.co.id/lovrinz_store 

Toko Pedia: https://tokopedia.link/hrsXl0PR7mb 



Penerbit Novel Lovrinz
#penerbit, #penerbitlovrinz, #penerbitnovellovrinz, #penerbitbukulovrinz, #penulislovrinz, #eventmenulislovrinz, #eventnulislovrinz, #eventmenuliscerpenlovrinz, #eventmenulisnasionallovrinz, #penerbitcirebonlovrinz, #novelromancelovrinz, #novellovrinz, #novelislamlovrinz, #wattpadnovellovrinz, #penulislovrinz, #percetakanlovrinz, #penerbitindielovrinz, #penerbitonlinelovrinz, #selfpublislovrinz, #penerbitselfpublislovrinz, #literasilovrinz, #novelteenlit

Posting Komentar untuk "Tips Konsisten dalam Menuangkan Ide untuk Tulisan - Penerbit LovRinz"