Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rambu Penting agar Karyamu Enak Dibaca part 2 - Penerbit LovRinz

Halo, Sahabat LovRinz. Bagaimana nih, apa sudah menanti part ke-2 dari Rambu Penting agar Karyamu Enak Dibaca? Kini Eneng akan menunaikan janji Eneng kemarin ya. Biar tidak perlu banyak baca basa-basi. Jadi, ayo ke poin nomor 5.



5. Fokus Adalah Hal Utama

Terkadang ketika sudah menentukan tema yang akan ditulis. Kita terlalu terlena untuk mengembangkan tema tersebut. Padahal, hal tersebut malah membuat pembaca bingung. Kok, bisa? Karena biasanya tulisan yang terlalu mengembangkan tema, tujuan atau pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca menjadi hilang focus. Akibat dari tema yang dikembangkan terlalu luas, menjadikan tulisan tersebut melebar kemana-mana.

6. Bangun Konflik dan Resolusi dengan Wajar

Setiap cerita atau tulisan pasti memiliki konflik dan cara penyelesaiannya. Buat konflik dan cara penyelesaian itu dengan sewajarnya. Jangan buat terlalu berlebihan, sehingga tulisan kalian tidak dinilai lebay dan memaksa.

7. Buat Tokoh dan Latar Bermakna

Ketika kamu ingin membangun sebuah tokoh dan latar. Pastikan kamu bangun hal tersebut dengan special. Tokoh dan latar tersebut bisa kamu nilai bermakna atau tidak dengan cara menghilangkannya. Jika tokoh atau latar itu dihilangkan dan tulisanmu masih bagus. Berarti tokoh atau latar tersebut masih kurang bermakna.

8. Membaca Ulang

Hal ini cukup penting untuk dilakukan. Kenapa? Karena dengan membaca ulang kamu bisa memperbaiki typo, selain itu kamu bisa mengetahui apakah kalimat yang digunakan sudah bisa membuat nyaman dibaca atau tidak. Selain dua hal tadi ada banyak lagi beragam manfaat dari membaca ulang.

Eneng rasa 8 rambu-rambu untuk karyamu enak dibaca sudah cukup. Semoga rambu-rambu itu bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam penulisan cerita kakak

Posting Komentar untuk "Rambu Penting agar Karyamu Enak Dibaca part 2 - Penerbit LovRinz"