Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Jenis Penerbit agar Naskahmu Segera Dicetak Menjadi Buku - Penerbit LovRinz

Halo, Teman-teman penulis. Pernah engga sih, kamu ngirim naskah ke salah satu penerbit? Eh, ternyata harapan yang kamu tunggu tidak pernah tampak. Sedih rasanya jika naskahmu hanya dilihat dan dilupakan, tapi, jika kamu penulis, ada salah satu quotes dari Pramoedya Ananta Toer yang harus kamu pegang teguh.



Jika kamu seperti itu, pasti kamu tidak langsung menyerah begitu saja. Kamu pun, langsung mencoba ke penerbit lain, eh ternyata di penerbit lain naskah milikmu langsung diproses. Wah, pasti senang sekali, kan? Mengapa, kok bisa berbeda seperti itu ya?

Hal itu disebabkan karena tiap penerbit memiliki kebijakannya masing-masing. Hal itu bergantung pada jenis penerbit buku. Lantas, apa kamu sudah mengenal baik jenis-jenis penerbit buku? Jangan-jangan naskahmu lama diproses karena kamu belum tahu jenis-jenis penerbit. Agar tidak terjadi lagi (naskahmu diabaikan oleh penerbit). Yuk, kita kenali jenis-jenis penerbit buku.

Jadi pada dasarnya, penerbit buku itu dibagi menjadi 2. Yaitu Penerbit Mayor dan Penerbit Indie. Mari kita kupas tuntas 2 jenis penerbit itu.

1.   Penerbit Mayor

Kenapa sebuah penerbit bisa dikatakan penerbit mayor? Itu karena penerbit satu ini memiliki jangkauan nasional. Setiap buku yang dicetak di penerbit mayor pasti dipasarkan secara nasional. Sekali cetak sebuah buku pasti akan dicetak dalam jumlah besar. Lalu, hasilnya dijual ke toko-toko buku yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

Akan tetapi, untuk mencetak sebuah buku di penerbit mayor bukanlah sesuatu yang mudah. Kamu perlu berjuang lebih keras lagi. Karena aturan dan kebijakannya cukup ketat. Ada berbagai aspek yang harus dipenuhi oleh penulis serta naskah yang dibuatnya. Jika karya yang dibuat sudah memenuhi kriterianya, pasti naskahnya bisa saja masuk. Akan tetapi, jika tidak memenuhi syarat maka naskah itu akan ditolak oleh penerbit mayor.

Menurut news.unair.ac.id keunggulan dan kelemahan dalam menerbitkan buku melalui penerbit mayor adalah sebagai berikut:

Keunggulan

1.    Biaya percetakan ditangggung penerbit

2.    Jaringan distribusi buku luas

3.    Dianggap sebagai penulis berkualitas oleh para pembaca

4.    Secara otomatis nama penulis akan terpromosi

Kelemahan

1.    Kurang dukungan promosi distribusi ke toko buku terrkenal

2.    Naskah yang diterbitkan lumayan banyak

3.    Proses yang dibutuhkan lama

4.    Belum tentu diterima penerbit

5.    Royalty kecil mengingat penulis tidak ikut menanggung biaya apapun

 

2.   Penerbit Indie

Penerbit indie berbeda dengan penerbit mayor. Jika penerbit mayor mempunyai jangkauan nasional, di mana setiap bukunya dijual di berbagai toko buku. Maka, penerbit indie menjual bukunya hanya di marketnya sendiri. Umumnya buku dicetak berdasarkan permintaan pihak penulis, tapi tetap harus mengikuti kebijakaan penerbitnya sendiri karena biasanya ada batasan minimal jumlah cetak.

Selain itu, penerbit indie juga biasanya menyediakan opsi self-publishing. Jadi, untuk kamu yang naskahnya siap cetak (sudah ada cover, layout, dan editing) bisa untuk segera diproses cetak. Namun, buat kamu yang belum bisa buat cover, layout dan editing. Tenang, tak perlu risau, biasanya para penerbit indie menyediakan jasa tersebut.

Setelah mengenal sedikit mengenai penerbit indie, mari kita cari tau mengenai keunggulan dan kelemahannya

            Keunggulan

1.    Naskah pasti diterima jika tidak ada konten negatif

2.    Menerima segala genre

3.    Jumlah halaman buku tidak dibatasi

4.    Proses cetak cepat

5.    Royalti besar atau keuntungan 100% milik penulis

Kelemahan

1.    Biaya produksi ditanggung oleh penulis

2.    Penerbit tidak menyetok buku (Print on Demand)

3.    Buku tidak dijual di toko buku besar

4.    Penulis memegang penuh kendali pemasaran buku

Nah, gimana, apa kamu sudah bisa mengenal 2 jenis penerbit dengan baik? Jadi, pastikan kamu tahu harus mengirim naskahmu kemana. Agar naskahmu segera menjadi sebuah buku dan bisa dinikmati oleh pembacamu.


Penerbit Lovrinz 

Ruko Citraland, Capry 10 

Cirebon 

Jawa Barat 

Langsung owner 

Whatsapp: 08984455999 

Kunjungi juga: 

Website: https://www.lovrinz.com 

Info Event: https://www.friends.lovrinz.com 

Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Penerbit_LovRinz 

Instagram: https://www.instagram.com/penerbit_lovrinz 

shopee: https://shopee.co.id/lovrinz_store 

Toko Pedia: https://tokopedia.link/hrsXl0PR7mb 



Penerbit Novel Lovrinz
#penerbit, #penerbitlovrinz, #penerbitnovellovrinz, #penerbitbukulovrinz, #penulislovrinz, #eventmenulislovrinz, #eventnulislovrinz, #eventmenuliscerpenlovrinz, #eventmenulisnasionallovrinz, #penerbitcirebonlovrinz, #novelromancelovrinz, #novellovrinz, #novelislamlovrinz, #wattpadnovellovrinz, #penulislovrinz, #percetakanlovrinz, #penerbitindielovrinz, #penerbitonlinelovrinz, #selfpublislovrinz, #penerbitselfpublislovrinz, #literasilovrinz, #novelteenlit

1 komentar untuk "Kenali Jenis Penerbit agar Naskahmu Segera Dicetak Menjadi Buku - Penerbit LovRinz"