Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Adalah Titik Mula Sebuah Tulisan - Penerbit LovRinz

Halo, Sahabat LovRinz. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat, ya. Bagaimana nih, apakah Sahabat LovRinz juga mengalami kebingungan dalam menulis? Neng yakin setiap penulis hebat atau penulis berbakat pun pernah mengalami kebingungan ketika memulai tulisan pertamanya.

Bingung atau tidak tahu harus melakukan apa, sering kali dialami oleh kita. Meskipun hanya untuk menceritakan pengalaman yang dialami hari ini, terkadang kita bingung harus memulai cerita dari mana. Hal ini tentu saja menjadi kendala bagi seorang penulis dalam melanjutkan karyanya.



Ada satu hal yang Neng percayai. Bingung adalah titik mula sebuah tulisan. Kenapa demikian? Karena saat kita merasa kebingungan, kita akan mencoba menggali dan mencari tahu dari berbagai hal. Selain masalah kita yang akan teratasi, bahkan kita bisa mendapatkan ide baru untuk tulisan.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kebingungan? Simak beberapa tips dari Neng, ya!

1.      Mengunjungi tempat yang disukai

Kamu lebih suka pantai atau gunung? Atau lebih suka menyeruput secangkir kopi di kafe yang baru buka? Pergilah ke tempat-tempat yang kamu sukai. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mood-mu. Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan ide baru untuk melanjutkan tulisan yang mogok karena kebingunganmu.

2.      Melakukan hobi

Daripada bingung, diam dengan mata kosong menatap kertas yang masih putih disertai beberapa titik yang tercipta dari pena yang dilakukan berulang kali, alangkah baiknya kamu melakukan hobimu dulu. Sambil memikirkan hal apa yang ingin kamu tuangkan ke dalam kertas putih itu.

3.      Mencari mentor

Saat kamu terus-menerus merasakan kebingungan dalam hal yang akan kamu tuangkan ke dalam tulisan, coba temukan mentor atau guru dalam kepenulisan. Pasti mentor tersebut akan membimbingmu hingga membuat karyamu menjadi karya yang hebat. Namun, jika kamu tidak memiliki mentor, kamu bisa belajar dari salah satu penulis hebat dan mencermati tulisannya yang menginspirasi. Namun, tidak untuk diplagiasi, ya! Kamu bisa mempelajari cara menulisnya. Semoga dari hal itu, kebingungan yang kamu alami ketika menulis bisa teratasi.

4.      Membaca berbagai buku atau menonton film

Menurut Neng, buku dan film merupakan sumber inspirasi paling top, karena keduanya mampu membawa imajinasi dan emosi kita. Sehingga, mood kita yang menurun dan yang semula kebingungan bisa menjadi lebih bergairah lagi. Terlebih, ada bonus ide baru yang bisa kita dapatkan melalui buku ataupun film.

Semoga membantu, Sahabat LovRinz!


Penerbit Lovrinz 

Ruko Citraland, Capry 10 

Cirebon 

Jawa Barat 

Langsung owner 

Whatsapp: 08984455999 

Kunjungi juga: 

Website: https://www.lovrinz.com 

Info Event: https://www.friends.lovrinz.com 

Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Penerbit_LovRinz 

Instagram: https://www.instagram.com/penerbit_lovrinz 

shopee: https://shopee.co.id/lovrinz_store 

Toko Pedia: https://tokopedia.link/hrsXl0PR7mb 



Penerbit Novel Lovrinz
#penerbit, #penerbitlovrinz, #penerbitnovellovrinz, #penerbitbukulovrinz, #penulislovrinz, #eventmenulislovrinz, #eventnulislovrinz, #eventmenuliscerpenlovrinz, #eventmenulisnasionallovrinz, #penerbitcirebonlovrinz, #novelromancelovrinz, #novellovrinz, #novelislamlovrinz, #wattpadnovellovrinz, #penulislovrinz, #percetakanlovrinz, #penerbitindielovrinz, #penerbitonlinelovrinz, #selfpublislovrinz, #penerbitselfpublislovrinz, #literasilovrinz, #novelteenlit

Posting Komentar untuk "Bingung Adalah Titik Mula Sebuah Tulisan - Penerbit LovRinz"