Google+ Followers

Kamis, 09 Juli 2015

Tips Membuat Resensi Buku

Sebelum kita mulai menulis, buatlah catatan tentang beberapa poin utama buku itu.Meskipun kita yang menulis, anggaplah pembaca sebagai teman kita bercerita.
Tulislah nama penulis dan judul buku pada paragraf pertama. Karena tak ada hal yang lebih menyebalkan para pembaca saat membaca review sebuah buku dan tidak mengetahui judul serta siapa penulisnya!

Jika memungkinkan, gunakan satu paragraf untuk satu titik.  

Cobalah untuk mendapatkan tema utama buku yang kita review di awal ulasan kita. Pembaca kita harus tahu alasan mereka membaca buku ini.
tentukan genre dari buku tersebut. Apakah buku ini masuk ke dalam tipe misteri, petualangan, cintam atau anak? 

Baca juga :
Cara Mendisiplinkan Diri Demi Karier Kepenulisan
5 Fakta tentang Baca Buku
Ternyata Menulis Baik Untuk Otak Ketimbang Mengetik



Apa yang kita suka dan tidak kita sukai dalam buku itu harus juga diulas. 
Pastikan ulasan kita menjelaskan tentang perasaan mengenai buku itu dan mengapa, bukan hanya menjelaskan buku ini tentang apa. Sebuah resensi yang baik harus bisa mengajak pembaca untuk berbagi, membaca buku ataupun untuk menghindari buku tersebut.
Melakukan riset tentang penulis dan memasukan dalam review kita juga merupakan hal yang baik, informasi biografis penulis dapat m,embantu kita untuk merumuskan pendapat kita tentang buku ini, dan memberikan kita tinjauan lebih mendalam tentang buku ini. Satu hal yang harus diingat adalah buku tidak keluar langsung dari percetakan, itu merupakan produk pikiran dari penulis. dengann melakukan penelitian kepada penulis akan membantu kita untuk mengetahui tentang penulis, bagaimana dia atau alasan dia menulis buku ini,


Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana membuat review sebuah buku.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI