Google+ Followers

Selasa, 07 Juli 2015

Tips Belajar Menulis

Banyak orang beranggapan bahwa belajar menulis sangat tidak menyenangkan. “Sulit, membosankan, bikin pusing”, itu adalah ungkan dari sejumlah rekan ketika saya tanyakan pandangan mereka tentang belajar menulis.

Namun benarkan demikian?

Tidak juga! Belajar menulis bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang benar. Maka sebelum Anda memutuskan untuk mulai berlatih, pertama sekali Anda harus menekankan pada diri Anda bahwa menulis tidak sulit. Jika Anda merasa kesulitan pada awalnya, itu hanya gambaran bahwa Anda belum terlatih.
Lalu bagaimanakah cara agar belajar menulis menjadi sesuatu yang menyenangkan? Menurut saya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.


Baca juga :
Peran Musik Dalam Menulis  

1. Mulailah dengan menuliskan pengalaman Anda. Jelas, akan lebih mudah menuliskan pengalaman melihat sepasang kucing saling mencakar yang Anda lihat langsung kawin daripada membuat tulisan tentang Politik Indonesia. Menuliskan pengalaman sendiri merupakan aktivitas yang menyenangkan, karena Anda memberi ruang bagi ego Anda ketika menulis. Saya yakin Anda tidak akan kehabisan bahan ketika menceritakan pengalaman Anda sendiri. Jadi jika Anda ingin berlatih, maka awali dengan menuliskan hal-hal yang Anda alami. Lalu gunakan sudut pandang orang pertama, dengan menggunakan kata “Aku”, dalam tulisan tersebut.

2. Indahkan sistematika penulisan. Ketika belajar menulis banyak orang yang mengawalinya dengan mengkhawatirkan jika nantinya tulisannya jelek. Namun menurut saya Anda tidak memikirkan seperti tulisan Anda. Anggaplah Anda menulis untuk diri Anda sendiri. Nikmati kesenangan dengan menciptakan karya yang orisinil. Anda akan merasakan sebuah kegairahan ketika Anda berhasil menyelesaikan sebuah karya, meskipun hasilnya tidak sempurna. Pasalnya, mencipta adalah pekerjaan yang menyenangkan.

3. Buatlah tulisan pendek. Bagi para pemula saya menyarankan untuk membuat tulisan pendek dulu. Untuk sementara jangan membuat target yang muluk. Misalnya membuat tulisan 20 lembar. Cobalah membuat tulisan sebanyak 1 lembar, kalau perlu diketik dengan spasi double. Tujuannya agar Anda bisa menyelesaikan sebuah karya. Seperti sudah saya jelaskan di atas, Anda merasa senang ketika Anda berhasil memiliki sebuah karya. Kemampuan membuat tulisan panjang akan terbentuk dengan sendiri jika Anda sudah terbiasa menulis.

4. Tulislah kata atau kalimat yang terlintas dalam pikiran Anda sebagai kalimat pembuka. Biasanya para penulis pemula cenderung menguras pikirannya ketika akan menuliskan kalimat pertama. Namun sebaiknya, tuliskan saja kalimat yang ada dibenak Anda secara sembarang. Kalaupun tidak cocok dengan kalimat selanjutnya tentu bisa dikoreksi. Karena biasanya, setelah menuliskan kalimat pembuka, pikiran Anda akan lebih lancer mengembangkan ide-ide selanjutnya. Tidak percaya? Silahkan Anda buktikan sendiri.

5.
Jika ingin membuat tulisan yang agak serius susunlah outline. Outline adalah garis-garis besar membuat struktur tulisan. Outline menuntun kita membuat satu bentuk tulisan. Untuk membuat outline tuliskanlah apa saja yang muncul dalam pikiran Anda secara bebas terkait topik yang hendak Anda bahas. Termasuk hal-hal yang Anda rasa tidak relevan. Setelah itu kumpulkan data-data atau kutipan dari bahan-bahan tertulis yang terkait dengan tulisan Anda. Kemudian tuliskan pandangan Anda secara umum, misalnya “Premanisme tidak boleh dipelihara di republik Indonesia”. Setelah itu dukung pandangan tersebut dengan ide-ide, opini atau data-data yang telah Anda kumpulkan sebelumnya. Setelah itu rangkailah menjadi tulisan utuh.

6. Banyaklah membaca buku. Agar bisa menulis dengan lancar Anda harus sering membaca buku. Setidaknya ada dua alasan. Pertama buku dapat menjadi sumber pengembangan ide-ide baru. Kedua, banyak membaca buku akan juga berarti memperbanyak perbendaharaan istilah atau kata, juga berbagai teknik penulisan.

Jika anda terus berlatih maka dijamin Anda akan semakin lancar menulis, serta menikmatinya. Jadi berlatihlah mulai saat ini. 


Sumber : http://www.konsultasimenulisbuku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=53:tips-belajar-menulis&catid=34:tips-menulis-buku&Itemid=12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI