Google+ Followers

Senin, 06 Juli 2015

Strategi Menulis Bagi Anda yang Sibuk

Strategi Menulis

Ingin menulis tapi selalu terbentur dengan kesibukan kerja atau aktivitas lain. Dalam artikel ini saya akan mengulas lima strategi menulis buat Anda yang super sibuk hingga tidak sempat menulis. Apa strateginya silahkan simak dalam ulasan berikut:

Strategi pertama, mulailah dengan menata niat Anda.
Niat adalah modal utama, kalau niat Anda tidak kuat maka apapun strategi yang Anda pelajari hanya akan jadi pepesan kosong. Niatkan dulu diri Anda untuk bersungguh-sungguh dalam menulis. Hanya dengan begitu Anda bisa masuk ke strategi selanjutnya. Kalau niat saja tidak ada maka mustahil strategi kedua akan Anda jalankan.

Strategi Kedua, Buatlah target.
Jika Anda benar-benar orang sibuk maka buatlah target yang tidak muluk-muluk. Target ini penting supaya Anda punya konsistensi dalam menulis. Misalnya Anda punya target dalam seminggu menulis satu atau dua artikel. Pastikan Anda punya komitmen untuk mencapai target yang sudah Anda tetapkan.

Strategi ketiga, gunakan waktu produktif.
Waktu produktif adalah waktu khusus di mana Anda merasa itulah waktu yang tepat bagi Anda untuk menulis. Di sini saya tidak bisa menunjukkan waktu terbaik Anda, karena Anda sendiri yang tahu. Tapi bagi saya pribadi waktu produktif saya adalah malam hari antara jam 10-12 malam.
Ingat jangan pernah bilang Anda tidak punya waktu. Waktu itu pasti ada tinggal kitanya mau apa tidak menciptakan waktu. Orang hebat itu tidak pernah kehabisan waktu tapi mereka menciptakan waktu.

Strategi keempat, Jangan terlalu memaksakan diri
Menulis itu membutuhkan ketenangan, artinya Anda butuh menenangkan pikiran Anda saat menulis. Jika Anda memang merasa buntu ide, maka jangan paksa untuk terus menulis. Berhentilah sejenak untuk sekedar minum kopi atau melemaskan otot-otot tangan. Kalau ide sudah ketemu lagi, Anda bisa lanjut. Bagaimana kalau ide itu hilang sama sekali? Kalau itu yang terjadi ya Anda berhenti dulu menulis, karena dipaksa pun percuma.
Menulis itu jangan terlalu serius. Rileks saja, tidak usah terlalu obsesi ingin cepat selesai. Kenali diri Anda dengan baik, Insya Allah Anda akan mampu menjaga suasana saat menulis.

Strategi keempat, Catat ide
Setiap tulisan membutuhkan ide, tidak ada ide tidak ada tulisan. Supaya Anda tidak kehilangan ide maka langkah yang baik adalah menuliskan ide tersebut. Dengan mencatat ide, Anda satu langkah akan lebih mudah untuk menulis. kalaupun anda tidak ada waktu untuk menulis, ide-ide ini bisa anda simpan dalam buku pribadi anda. Setelah anda punya waktu luang, baru anda tuangkan ide itu dalam tulisan.

Strategi kelima, menulislah di Waktu Luang
Setiap orang pasti punya waktu laung. Dan saat waktu luang itu ada,  Anda bisa menggunakannya untuk menulis.  Jangan bilang ini sulit, ini tidak sulit telah ada yang membuktikannya. Sahabat saya Bapak Muhammad Noer adalah orang yang sangat sibuk sebagai seorang profesional HRD. Namun dia bisa tetap produktif dalam menulis dan salah satu rahasianya adalah menggunakan waktu luangnya dengan baik. Dia bisa menulis di mana saja, termasuk di dalam taksi atau pesawat saat bepergian.
Jadi siapkan Anda mengisi waktu luang Anda dengan menulis?
Demikianlah lima strategi yang bisa Anda terapkan untuk menulis ditengah-tengah kesibukan. Semoga tulisan ini bisa menjadi bagian dari perubahan Anda.

Baca juga :

Sumber : http://cafemotivasi.com
Photo Credit: The LEAF Project

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI