Google+ Followers

Kamis, 02 Juli 2015

Rahasia Sukses dengan Berpikir Kreatif

kreatif
Kita tidak akan pernah meraih hal-hal hebat dalam hidup, jika kita masih melakukan hal yang sama dengan cara yang sama setiap harinya.

Salah satu kunci kesuksesan adalah bagaimana kita dapat menjadi pribadi yang kreatif dan dapat menjadi solusi memecahkan masalah yang ada. Menjadi kreatif tidak selalu identik dengan sebuah penemuan-penemuan besar di bidang ilmiah atau teknologi. Sebagian orang mungkin merasa ‘enggan’ dan tidak akrab dengan kata kreatif, seakan kreatif adalah predikat yang hanya bisa disandang oleh para penemu teknologi terbaru atau seorang seniman yang sudah senior. Kreatif di benak banyak orang lebih identic dengan ‘aneh’, ‘tidak biasa’, dan ‘unik’. Dengan adanya anggapan seperti ini, mereka merasa bahwa kreativitas adalah milik mereka yang bekerja di industri kreatif saja.

Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Menjadi kreatif adalah bagaimana tentang menemukan cara-cara baru yang dapat memecahkan masalah. Berpikir kreatif berarti menemukan  cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan apa saja. Kreativitas adalah miliki semua profesi. Berpikir secara kreatif dibutuhkan semua orang, pada profesi apapun, untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya. Setiap pekerjaan membutuhkan kreativitas untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul.

Kita membutuhkan pola pikir kreatif untuk menjawab berbagai permasalahan seperti bagaimana agar saya bisa melakukannya dengan lebih cepat? Bagaimana agar tugas saya bisa dikerjakan lebih mudah? Bagaimana untuk lebih banyak menarik pengunjung ke website? Bagaimana agar hubungan dengan keluarga lebih harmonis? Bagaimana membuat anak-anak lebih menyukai sayur dan buah? Dan sebagainya.

Sebagai contoh, seorang ayah yang memikirkan bagaimana caranya mendapatkan lebih banyak income karena saat ini keluarga mereka baru mendapatkan buah hati. Ia pun merintis bisnis sampingan di luar pekerjaaan inti.  Atau seorang ibu yang berpikir kerass bagaimana caranya agar anaknya bisa makan sayur. Ia pun lalu membuat smoothies sayur dan buah dengan rasa yang lezat. Itu berpikir kreatif. Bagaimana seorang akuntan berusaha menemukan software terbaru yang lebih memudahkan kerjanya. Itu kreatif. Bagaimana seorang penulis mendapatkan berbagai ide tambahan untuk judul buku barunya. Itu juga disebut kreatif.

Seorang atasan yang menerapkan strategi rapat kerja di luar kantor agar karyawannya lebih rileks, itu kreatif. Seorang guru yang menemukan metode mengajar yang lebih fun agar proses belajar mengajar lebih menyenangkan, itu kreatif. Akan tetapi, berpikir kreatif dan menerapkannya dalam pekerjaaan kita ternyata tidaklah mudah. Agar kita bisa selalu berpikir kreatif untuk menyelesaikan permasalahan di setiap pekerjaan, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan. Berbagai strategi berpikir kreatif yang kami sampaikan dalam artikel ini merupakan kumpulan ide-ide menarik yang kami dapatkan dari berbagai sumber.
Cara untuk berpikir kreatif

Sebelum kita mulai untuk meningkatkan kualitas kreativitas kita dalam pekerjaan, tanyakan kepada diri sendiri apa saat ini yang menjadi masalah?
Temukan masalah-masalah atau keterbatasan yang ada dalam pekerjaan Anda saat ini yang kemudian harus dicari solusinya. Misalkan, ternyata selama 2 bulan terakhir website mengalami penurunan pengunjung. Cari tahulah dulu dimana masalahnya? Dengan mengetahui masalah dan mengidentifikasi penyebabnya, kita pun akan tergerak mencari solusinya. Inilah yang disebut berpikir secara kreatif.
Selalu pikirkan cara yang lebih baik

Orang sukses selalu berkata “Bagaimana saya dapat meningkatkan kualitas saya?” “bagaimana saya dapat mengerjakannya dengan lebih baik?” Ketika Anda meras apekerjaan Anda ssedang baik-baik saja, sehaarusnya saat itu pula kita harus berhati-hati. Mengapa demikian? Karena ketika kita merasa semua ‘aman’, bisa jadi saat itu kita sedang berada dalam zona nyaman. Ketika kita merasa semua sudah berjalan dengan lancar, tingkatkan kualitas Anda dengan bertanya “Bagaimana agar saya bisa melakukannya dengan lebih baik?”

Dengan pertanyaan ini, Anda pun terpancing untuk menemukan metode-metode baru untuk melakukan pekerjaan Anda dengan cara yang jauh lebih baik. Orang sukses tidak bertanya “dapatkah saya mengerjakannya dengan lebih baik?” Ia sudah selesai pada bab kekuatan kepercayaan. Ia sudah berhasil melalui tahap sebelumnya, yaitu percaya. Jadi ia rubah pertanyaannya dengan “bagaimana saya dapat mengerjakannya dengan lebih baik?”
Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan

Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan membuat pikiran kita tergerak untuk mencari cara terbaik untuk melakukannya.

Setelah Anda menemukan sebuah ide untuk membuat pekerjaan Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, percayalah bahwa itu bisa dilakukan. Ketika kita percaya suatu hal baru dapat dilakukan, pikiran kita dengan sendirinya akan aktif mencari cara terbaik untuk melakukannya.

Sebagai contoh, dalam sebuah seminar, seorang pembicara melemparkan pertanyaan “Bagaimana menurut Anda jika penjara dihapuskan?” sebagian orang yang hadir menjawab bahwa tidak mungkin jika penjara dihapuskan karena akan semakin banyak orang yang berbuat criminal.

Akan tetapi, ada beberapa orang dengan kemampuan berpikir kreatif yang yakin bahwa penjara bisa dihapuskan. Dengan cara berpikir seperti ini, orang-orang tersebut dengan mudah memberikan solusi seperti “Penjara dapat dihapuskan. Caranya adalah dengan memperbanyak rumah singgah bagi pelaku kejahatan dan membuat berbagai keegiatan positif di dalamnya. Selain itu, penjara juga dapat dihapuskan dengan cara terus menerus melakukan penyuluhan psikologis kepada para pelaku kejahatan.”

Jika Anda percaya sesuatu itu tidak mungkin, pikiran Anda akan bekerja bagi Anda untuk membuktikan mengapa itu tidak mungkin. Berpikir tidak mungkin akan menutup pikiran kreatif. Hapus kata tidak mungkin. Sedangkan, percaya sesuatu dapat dapat dijalankan dapat melincinkan jalan menuju solusi yang kreatif.
Pikirkan hal istimewa yang ingin Anda lakukan dan tulis mengapa Anda dapat melakukannya

Terapkan cara ini dalam setiap pekerjaan Anda. pikirkan hal-hal hebat yang bisa Anda lakukan dan tambahlah kapasitas bekerja Anda saat ini. Setelah itu, temukan alasan mengapa Anda mampu melakukannya.
Terbuka pada perubahan

“Tidak ada yang bisa tumbuh di atas es. Jangan bekukan pikiran kita”
Cara selanjutnya agar membiasakan diri Anda berpikir kreatif dalam setiap pekerjaan dan menjadi unggul di antara orang banyak adalah dengan terbuka pada perubahan. Banyak orang yang selama ini enggan atau menolak perubahan hanya karena sudah terbiasa melakukan suatu pekerjaan dengan cara lama yang sudah bertahun-tahun dilakukan. Hal yang harus Anda lakukan adalah menerima setiap kemungkinan perubahan pada cara bekerja Anda. Tinggalkan cara lama yang menurut Anda kurang efektif lagi dan temukan cara baru yang lebih memudahkan produktivitas Anda Jadi Ingat ada banyak cara terbaik sebanyak adanya pikiran yang kreatif.

Sebagai tambahan, ada 3 cara agar kita bisa lebih reseptif pada perubahan

Jadilah orang yang suka bereksperimen
Jangan pernah berasumsi sebelum Anda coba melakukannya. Bereksperimen yang dimaksud dalam hal ini adalah tidak membatasi diri pada beberapa cara saja. Jadilah orang yang suka mencoba berbagai hal baru.

Jadilah orang yang bersedia menerima gagasan
Kuncinya adalah dengan mendengar masukan dari orang lain. Gagasan bisa muncul darimana saja. Pastikan Anda bersedia menerima gagasan yang Anda dapatkan dari berbagai sumber.

Jadilah progresif, bukan regresif
“Pikirkan bagaimana cara melakukan dengan lebih baik?”

Baca juga :
Pola Pikir Negatif   


Sumber : http://aquariuslearning.co.id/rahasia-sukses-dengan-berpikir-kreatif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI