Google+ Followers

Rabu, 01 Juli 2015

Puasa di Bulan Ramadan Bisa Bikin Tambah Pintar? Simak Infonya!

 

Vemale.com - Puasa di bulan Ramadan memang memiliki segudang manfaat. Manfaatnya tak hanya mencakup masalah kesehatan tubuh dan fisik tapi juga kesehatan mental dan pikiran. Puasa memang tak sekadar menahan haus dan lapar. Kalau dijalani dengan niat sungguh-sungguh untuk beribadah, kita bisa mendapatkan berkah yang luar biasa.

Dilansir dari realbuzz.com, salah satu manfaat puasa di bulan Ramadan adalah bisa meningkatkan kecerdasan otak. Tentu saja manfaat yang satu ini sangatlah positif untuk kita. Siapa sih yang tak mau jadi tambah cerdas selama puasa? Yuk, kita simak info selengkapnya di bawah ini.

 
 
Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa kemampuan fokus mental yang didapat selama Ramadan bisa meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (sejenis protein yang banyak di otak), sehingga tubuh bisa memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Dengan begitu fungsi otak pun bisa meningkat. Sementara itu kadar hormon kortisol yang berkurang juga bisa mengurangi tingkat stres selama dan sesudah Ramadan. 
 
Kalau puasa bisa dijalankan dengan baik dan benar, maka bukan hal mustahil kita bisa meraup banyak pahala sekaligus manfaat. Oh ya, bulan puasa juga jadi bulan yang tepat untuk memperbaiki kebiasan-kebiasaan buruk lho. Misal, mengurangi asupan minuman berkafein dan juga kebiasaan ngemil berlebihan. Ketika Anda sudah bisa mengontrol dan mengendalikan pola makan yang baik, maka dampak bagi kesehatan akan sangat positif.

Saat puasa, sistem metabolisme tubuh akan lebih efisien. Karena kita tidak makan dan minum sepanjang hari, maka jumlah nutrisi yang bisa diserap tubuh akan meningkat. Kenapa? Ini karena hormon bernama adiponectinyang diproduksi karena adanya kombinasi puasa dan makan sahur. Selain itu otot-otot tubuh akan menyerap lebih banyak nutrisi lagi selama kita puasa.


Sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/83031-puasa-di-bulan-ramadan-bisa-bikin-tambah-pintar-simak-infonya.html
Foto : thinkstockphotos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI