Google+ Followers

Rabu, 01 Juli 2015

Ngantuk Saat Membaca Buku? Ini Dia Cara Mengusirnya

tidur 

Di antara kita mungkin masih ada yang sering merasa ngantuk ketika membaca buku. Niat membaca buku yang bermanfaat untuk mendapatkan pengetahuan, sayangnya terganggu oleh rasa kantuk yang mendera.
Agar keinginan membaca kita tidak terganggu oleh rasa kantuk, ini beberapa tips untuk mengatasi rasa kantuk saat membaca buku.

Baca juga : 27 Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Menulis 

1. Janganlah membaca buku dalam keadaan tubuh sedang lelah
Membaca buku harus dalam kondisi tubuh yang bugar dan tidak merasa lelah, apabila tubuh lelah lebih baik tidur dahulu sebelum melanjutkan untuk membaca buku. membaca buku dalam keadaan tubuh lelah selain menyebabkan timbulnya rasa kantuk juga tidak efektif untuk mengingat apa yang telah kita baca, dan akan memicu rasa bosan membaca.

2. Jangan membaca buku tanpa tujuan yang pasti
Membaca buku harus punya tujuan, apa yang diinginkan dari hasil membaca? jadi munculkan pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran hal apa yang akan kita cari dengan membaca buku, hal ini akan memunculkan minat yang besar untuk membaca dan menimbulkan rasa penasaran yang mendalam akan sesuatu dibalik buku yang akan kita baca.
Sehingga hal ini tidak akan menimbulkan rasa bosan, lelah karena ada motivasi besar yang timbul untuk mencari jawaban dari membaca buku.

3. Jangan membaca sambil tiduran
Membaca buku sambil tiduran adalah kesalahan besar, hal ini akan memicu otak terlena empuknya tempat tidur sehingga menimbulkan rasa kantuk. Selain itu juga membaca buku sambil tidur juga akan membuat orang lupa diri, jadi lupa karena ketiduran dan baru sadar setelah terbangun. Jadi menjauhlah dari tempat tidur biar mata fokus untuk membaca dan tubuh tidak tergoda.

Baca juga :  
Fakta-fakta Membaca Bikin Hidup Lebih Baik!
5 Fakta tentang Baca Buku

4. Biasakan membaca dengan sambil menulis poin-poin penting
Membaca buku dengan sambil menulis poin-poin penting sangat bagus, selain menghilangkan rasa kantuk juga bermanfaat untuk mengingat kembali apa yang telah kita baca dengan mencatat poin-poin penting yang kita baca.
Akvitas menulis akan membuat tangan bergerak sehingga kejenuhan mata membaca bisa di selingi dengan menulis, apalagi kalau kita mencoba menuliskan atau menggambarkan mind map dari buku yang kita baca.

5. Membaca sambil berpikir
Membaca cepat terkadang membuat orang lupa berpikir, ribuan informasi yang kita dapatkan tidak harus kita telan bulat-bulat dan terima saja layaknya penulis adalah orang yang sangat sempurna jadi kita percaya saja dan tidak perlu dikritisi.

Membaca sambil berpikir disini akan mengurangi kejenuhan membaca, karena kita selalu mengkritisi apa yang kita baca, kita kaji sisi positif, negatif hingga kelemahan dan keuntungannya dari bacaan tersebut.
Dalam membaca kita tidak harus menerima begitu saja kebenaran yang disajikan dalam buku, kita perlu membandingkan dengan kenyataan hidup dan menganalisis dengan lebih banyak lagi bertanya dan menggali bacaan dengan topik yang sama.

Demikian tips menghilangkan rasa kantuk saat membaca. Semoga tips ini bisa memperlancar ikhtiar kita untuk memiliki ilmu dengan membaca. [ds/islampos/bligede]

Baca juga : 

Sumber : https://www.islampos.com/ngantuk-saat-membaca-buku-ini-dia-cara-mengusirnya-132012/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI