Google+ Followers

Kamis, 02 Juli 2015

Membaca Dalam Gelap Bisa Menimbulkan Masalah Penglihatan Pada Anak

Semenjak kecil, kita selalu dilarang untuk membaca buku, novel, komik atau apapun alat baca lainnya dalam tempat yang gelap, atau tempat yang memiliki cahaya yang remang-remang. Alasanya, mereka takut kalau ini akan membuat anda mengalami masalah penglihatan.
Akhirnya, mitos ini terus berkembang dan sampai sekarang masih terus dipercaya. Bahkan, mungkin anda juga akan berlaku yang sama seperti orang tua anda dulu, yakni melarang anak membaca di tempat yang pencahayaannya kurang bagus.

Baca juga : Fakta-fakta Membaca Bikin Hidup Lebih Baik!

Tapi ternyata anggapan ini kurang tepat, karena membaca buku di tempat gelap, tidak akan merusak mata anak anda, tapi kebiasaan ini akan membuat mata anak mengalami ketegangan. Hal tersebut karena, ketika seseorang membaca di tempat yang gelap, maka mata mereka akan bekerja keras untuk menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang seadanya.


Akibatnya, mata mereka akan mudah lelah, terasa sakit, dan bahkan bisa sampai menimbulkan sakit kepala, sakit leher dan nyeri punggung. Maka dari itu, sebaiknya siapkan kondisi pencahayaan yang baik ketika anak anda akan membaca, usahakan jangan terlalu redup, dan jangan pula terlalu terang.

Dengan pencahayaan yang baik, maka mata mereka tidak akan mengalami ketegangan, hal inilah yang akan membuat mereka akan lebih nyaman ketika membaca. Selain itu, ingatkan mereka untuk sering berkedip kalau mereka sudah merasa terlalu fokus pada apa yang sedang dibacanya.

Sesekali, suruh anak anda memalingkan pandangannya ke luar jendela, minimalnya setiap 15 sampai 30 menit. Cara tersebut akan membantu mereka supaya mata dapat beristirahat, serta tidak terlalu fokus pada satu titik tujuan saja, sehingga kombinasi ini akan merelaksasikan otot-otot mata mereka.

Jadi, mitos yang menyatakan kalau membaca di tempat yang redup atau gelap, akan membuat anak mengalami masalah penglihatan, itu tidak sepenuhnya benar, karena masalah penglihatan bisa karena apa saja, termasuk karena mata kelelahan, posisi membaca yang kurang baik, asupan nutrisi yang kurang, serta faktor lainnya.

Kalau memang anak anda sudah merasa bisa mengaturnya dengan baik, maka kebiasan membaca dalam kondisi pencahayaan yang minim, sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah penglihatan. Dengan catatan, mata anak anda tidak terasa pegal atau gatal, sebagai salah satu tanda mata mengalami kelelahan.


Sumber : http://www.bundakonicare.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI