Google+ Followers

Selasa, 07 Juli 2015

KUASAI BUKU LEBIH CEPAT DAN EFEKTIF



Berapa buku bisa kita “lahap” dalam sebulan? Tiga, lima atau hanya satu? Dengan semakin banyaknya buku yang bisa kita akses, dengan membeli yang bekas maupun yang baru, pinjam dari teman atau dari perpustakaan, hanya menghabiskan satu buku dalam sebulan jelas terasa kurang. Perlu cara yang lebih efektif agar setidaknya isi satu buku bisa cepat kita kuasai.

1. KUKUHKAN MOTIVASI
Motivasi memang memainkan peran penting dalam setiap pekerjaan. Menetapkan motivasi yang jelas akan membantu mendongkrak minat baca dari enggan menjadi semangat. “membaca akan memperluas wawasan saya, membaca adalah gerbang ilmu, banyak baca-banyak tahu-banyak kesempatan-banyak income, membaca adalah tuntunan Islam…” Apapun, kekuatan motivasi ini akan membuat kita siap “berlelah-lelah” tanpa keluh kesah.

2. SKIMMING READING
Membiasakan diri membaca prakata penulis, pendahuluan, daftar isi dan penjelasan yang umum terdapat di sampul buku akan membantu kita mendapatkan gambaran tentang isi buku. Begitu mulai membaca bab satu, otak kita sudah tahu, kea rah mana buku ini mengajak pikiran kita berkelana.

3. JANGAN BERHENTI DAN BERBALIK
Satu hal yang seringkali menghalangi kecepatan membaca adalah berhenti membaca dan kembali pada kalimat
sebelumnya karena merasa belum paham. Kita merasa perlu mengulang untuk memperoleh pengertian, tetapi yang sering terjadi,belum kita tetap merasa paham sehingga kembali pada kalimat atau paragraf sebelumnya dan akhirnya menjadi lelah atau bosan. Akibatnya satu buku bisa berbulan-bulan lamanya karena tak kunjung tamat.
Yang paling baik, jangan tergoda bolak balik membaca satu kalimat atau paragraf. Bila ingin beristirahat, batasi halaman dengan pembatas buku danlanjutkan kemudian dari batas bacaan terakhir hingga buku tamat.

4. BACA SATU BLOK KATA
Jangan memusingkan satu dua kata yang tidak sempat tertangkap fokus penglihatan mata. Perlu diingat, mata kita pada dasarnya mampu menjangkau kata di kiri-kanan fokus penglihatan tanpa harus ikut bergerak ke kiri atau kanan. Jadi, saat membaca tak perlu menggerak-gerakkan bola mata tetapi cukup berfokus pada satu kata dan bacalah beberapa blok kata yang ikut “terjaring” didalam jangkauannya.

5. TANGKAP INTISARI PARAGRAF
Menguasai isi buku artinya memahami isi bacaan, bukan mengenali kata dan huruf di dalamnya. Jadi, tak masalah bila tak semua kata kita karena makna paragraf yang penting. Bhkaan, khslhasan keciel dlaam plenulisan pun tak jadi soal kreana otak kita terlatih otnuk mealkukan “pembenahan kodifikasi” saat memahami isi tulisan. ( seperti contoh tulisan yang sengaja dibuat salah ini)

6. KURANGI KELELAHAN YANG TAK PERLU
Bergumam saat membaca sehingga telinga kita menangkap isi bacaan yang terlafazkan, mulut komat-kamit tanpa suara, kepala bergerak mengikuti arah bacaan ke kiri dan ke kanan, telunjuk mengikuti kata yang jadi fokus penglihatan. Semua ini berujung pada satu kenyataan ABCD : Aduh, bikin cape deh… Kalau sudah lelah, semangat membaca tentu memudar. Alhasil, baru sepertiga buku, mungkin kita sudah ingin melempar si buku.

7. PILIH KONDISI PALING NYAMAN
Kondisi tubuh dan lingkungan baca juga penting untuk diperhatikan. Membaca dalam kondisi rileks, posisi badan tegak namun nyaman ( tidak bungkuk, miring, atau berbaring ) dan dengan pencahayaan yang cukup akan membuat tubuh kita lebih siap mencerna isi bacaan dan siap melahap isi buku tanpa cepat lelah.

8. BAWA BUKU KEMANAPUN
Ingin menguasai buku lebih cepat dan lebih banyak, kesempatan membacanya jelas harus ditingkatkan. Yang paling baik, bawa buku kemanapun kita pergi karena kita tak pernah tahu kapan kesempatan membaca itu dating. Saat mengantri di ruang tunggu dokter, di dalam kendaraan umum, saat menunggu teman dalam sebuah janji pertemuan, atau di tengah jeda acara suatu kegiatan. Bukan tak mungkin kalau semua waktu ini digabungkan, sebuah buku bisa kita tamatkan dalam sehari.

Baca juga :

Sumber :
Bundel majalah Ummi edisi Juni – September 2007
http://ilmuberbagi.or.id/kuasai-buku-lebih-cepat-dan-efektif/#sthash.JdqJC8Wz.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI