Google+ Followers

Sabtu, 04 Juli 2015

Efek Sinar Biru Bagi Kesehatan Mata



 Efek Sinar Biru Bagi Kesehatan Mata Kita tentu sudah sering mendengar tentang bahaya dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan kulit. Sinar UV tidak dapat terlihat oleh mata kita karena termasuk golongan cahaya tidak tampak (Invisible light), sumber terbesarnya adalah matahari.


Mata manusia hanya mampu melihat cahaya dengan panjang gelombang 400 nm-760nm yang disebut dengan cahaya tampak (Visible Light). Visible Light sangat di perlukan oleh mata kita dalam proses penglihatan sehingga kita dapat mengenali berbagai macam warna benda. Sumbernya bisa dari matahari langsung ataupun pencahayaan buatan seperti lampu neon, LED ,monitor computer,smart phone,tablets, monitor Laptop dan sebagainya.

Meskipun memberikan banyak manfaat bagi proses penglihatan,ternyata Visible light juga mempunyai efek samping yang buruk khususnya sinar biru yang mempunyai panjang gelombang 415 nm – 455 nm.  Akumulasi dari paparan sinar biru yang masuk ke mata jangka panjang dapat mempercepat terjadinya Degenerasi Makula.

Makula adalah bagian dari retina yang berfungsi sebagai penglihatan tengah,penderita degenerasi makula akan mengalami gangguan pada penglihatan sentralnya karena  sel pada makulanya sudah rusak akibat paparan sinar UV dan sinar biru,sayangnya penyakit ini belum bisa disembuhkan dan merupakan penyebab kebutaan.

Sinar biru ada dimana-mana disekitar kita, semua orang beresiko untuk terpapar sinar biru.  Salah satu sumber sinar biru yang patut diwaspadai bersumber dari televisi, smartphone, dan gadget lainnya. Anak usia di bawah 10 tahun dan orang diatas 45 tahun adalah kelompok orang yang paling rentan terhadap radiasi sinar biru ini.Untuk mengatasinya diperlukan lensa kacamata yang mampu menyaring radiasi sinar biru,biasa disebut dengan lensa blue cut.

Selain menggunakan lensa UV block,  lensa blue cut juga dibutuhkan untuk perlindungan mata secara maksimal. Jangan lupa juga untuk  mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan sehingga resiko terjadinya degenerasi makula bisa dihindari. (DK/RI)

Baca juga :  

Sumber : http://www.optikmelawai.com/kesehatan-mata/efek-sinar-biru-bagi-kesehatan-mata.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI