Google+ Followers

Rabu, 08 Juli 2015

9 Tips Supaya Tidak Cepat Lelah Saat Membaca

9 Tips Supaya Tidak Cepat Lelah Saat Membaca 

apakah anda sering merasa cepat lelah saat membaca? jika anda merasa begitu, coba kita perhatikan beberapa tips supaya kita tidak cepat lelah saat membaca buku
Mungkin Anda adalah salah satu orang yang cepat mengalami kelelahan mata ketika sedang membaca. Ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari menjadi pemicu utamanya dan di artikel ini kita akan coba melihat satu persatu tipsnya supaya tidak cepat lelah dalam membaca.

Baca juga :

1. Cukupkan Penerangan
Gunakan penerangan yang tepat, tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang. Atur agar pencahayaan cukup rata di dalam ruangan untuk mengurangi adaptasi mata sehingga tidak mudah lelah. Jika Anda menggunakan lampu baca yang langsung terfokus pada buku, tempatkan lampu di sisi kiri sehingga tidak terhalang oleh bayangan Anda. Selain itu, hindari penempatan lampu yang berhadapan langsung dengan Anda untuk menghindari silau.

2. Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Fit
Kondisi tubuh yang lelah atau kurang istirahat akan mengirim sinyal lemah pada mata sehingga ia tidak bisa berfungsi optimal. Pastikan tubuh Anda cukup fit agar aktivitas membaca lebih nyaman dan Anda pun dapat membaca lebih lama.

3. Perhatikan posisi membaca
Posisi yang paling ideal adalah yang tidak membuat punggung Anda membungkuk serta membebani otot leher. Salah satu penyebab mata lebih cepat lelah akibat posisi yang kurang nyaman ketika membaca seperti membaca sambil tiduran atau miring.

4. Kurangi Membaca cepat
Tahukah Anda bahwa kebiasaan membaca cepat ternyata dapat membuat ketegangan lebih pada mata? Mata perlu bergerak secara alami karenanya mulailah perlambat cara membaca Anda

5. Cukupkan Istirahat
Stres di tempat kerja atau di rumah dan lingkungan tidur yang bising dapat menyebabkan menjadi kurang tidur di malam hari. Kurang tidur menyebabkan mata menjadi berat dan bengkak. Lingkaran hitam di sekitar mata juga akan terlihat jika seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

6. Atur Aktivitas di depan komputer
Beberapa orang tidak ingin menyia-nyiakan waktu bahkan sepersekian detikpun di tempat. Menatap terus menerus layar monitor komputer dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

7. Membacalah Dengan Tetap Istirahat
Kutu buku suka membaca dan mereka ingin menyelesaikan membaca buku tanpa beristirahat. Hal ini dapat mengakibatkan mata lelah. Membaca berlebihan terus menerus dalam cahaya redup juga dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

8. Atur Pola makan
Penurunan asupan air juga dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Kurangnya vitamin B12, vitamin D, vitamin K dari makanan juga menyebabkan mata lelah.

9. Cari tempat yang beroksigen cukup
Kekurangan oksigen akan membuat pasokan ke kornea tidak banyak sehingga menyebabkan mata mudah lelah, selain itu kekurangan oksigen membuat tubuh cepat mengantuk sehingga membaca cepat sekali untuk lelah.

Baca juga :

Sumber : http://www.demuslimah.com/ragam/read/ragam/8/9-tips-supaya-tidak-cepat-lelah-saat-membaca.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI