Google+ Followers

Rabu, 08 Juli 2015

9 Properti Bikinan Sendiri yang Ampuh Menyulap Halaman Mungilmu Makin Nyaman dan Betah Karena Asri

1. Daripada botol kaca bekas memenuhi gudang, tanam saja di halaman. Dengan begitu, rumahmu pasti bisa terlihat lebih artisitik dan berbeda.

DIY properti rumah buat taman dari botol
DIY properti rumah buat taman dari botol via www.felderrushing.net

Botol kaca biasanya dibuang begitu saja atau hanya nganggur terdiam di gudang. Padahal, benda satu ini bisa kamu bikin untuk mempercantik rumahmu lho. Salah satunya sebagai hiasan untuk taman atau halaman rumah. Caranya, cukup cat botol dengan warna yang kamu suka. Lalu diisi dengan pasir. Namun, tanpa diisi lebih dulu dengan pasir, botol ini juga bisa ditanam langsung pada tanah di halaman. Properti unik ini bisa kamu jadikan sebagai tatakan pot atau hiasan. Meski menggunakan barang bekas, rumahmu bisa terlihat lebih artistik dan unik.

2. Kamu tak perlu buru-buru sewa jasa garden designer untuk membuat rumah jadi indah. Bermodal lem kuat dan kawat, tanaman merambat yang kau tanam bisa terlihat lebih spesial.

kreasi bikin taman jadi lebih indah
kreasi bikin taman jadi lebih indah via www.buzzfeed.com

Tamanan merambat selalu menjadi andalan untuk membuat rumah lebih menawan. Nah, agar terlihat lebih menawan, buatlah pola tanaman rambat yang lebih tertata. Cukup gunakan lem silikon dan pin besi atau wall trellis kit. Setelah itu pasang dan ikatkan kawat sesuai pola tanaman yang kamu buat sebelumnya. Atau, kamu juga bisa gunakan paku yang dililiti kawat. Biarkan kawat berpola ini menjadi jalan untuk pertumbuhan tanaman merambat. Mudah ‘kan? Tanpa harus sewa garden designer, halaman rumahmu terlihat lebih indah dan berbeda dengan cara mudah.

3. Agar rumahmu terlihat lebih nyentrik, pasang saja batu pijakan dengan motif unik.

Agar halaman rumah terlihat lebih indah dan terawat, batu pijakan bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya. Tak melulu harus mengunakan batu, selain batu pijakan berbentuk daun, pijakan dari keramik yang berpola unik bisa menjadi alternatif. Tak perlu beli keramik yang mahal dan unik, renda atau kain lace bisa kamu manfaatkan.
Beli saja tegel polosan yang murah. Lalu bersihkan dengan air agar remah-remah batu tak mengganggu. Setelah itu, letakkan kain lace berpola diatasnya dan semprotkan cat atau pilox. Simsalabim, sekarang batu pijakan di halaman rumahmu bisa terlihat lebih menarik. Pengeluaramu juga bisa lebih hemat lagi.

4. Halaman belakang akan terlihat lebih ceria dengan adanya bangku jamur di sekitar rumah, apalagi jika bentuknya jamur merah.

DIY bikin kursi taman yang gampang
DIY bikin kursi taman yang gampang via twigandtoadstool.blogspot.com

Agar halaman rumah terlihat lebih cerah, letakkan sana bangku jamur di halaman. Tak perlu beli di toko properti dengan harga mahal, bikin sendiri juga gampang. Caranya, siapkan kayu berbentuk lingkaran. Lalu warnai dengan cat merah dan tambahan beberapa titik putih biar terlihat seperti jamur. Kemudian, pasang pada tebangan kayu di halaman. Dengan properti seperti ini, halaman rumahmu pasti terlihat lebih ceria dan berbeda.

5. Air kran di halaman rumah tak lagi berantakan, jika kamu membuat “keset” dari bebatuan,

Cara bikin properti taman yang murah
Cara bikin properti taman yang murah via www.marthastewart.com

Tanah di halaman rumah seringkali jadi becek karena adanya genangan air kran. Gak jarang hal ini juga bikin rumah jadi tak nyaman. Untuk mengatasinya, kamu bisa bikin “keset” dari bebatuan. Cukup buat rangka berbentuk persegi dari kayu, lalu kumpulkan beberapa batu kali ke dalamnya. Jangan lupa pasang di dekat kran dengan menggali tanah dengan kedalaman 3 cm terlebih dulu. Dengan begitu, air tak kan lagi bikin rumahmu banjir.

6. Bermodal batako dan busa tipis, bangku nyaman nan unik bisa kamu bikin. Cara membuatnya juga praktis.

Cara membuat bangku taman yang indah dan murah untuk rumah
Cara membuat bangku taman yang indah dan murah untuk rumah via www.buzzfeed.com

Siapa bilang berkreasi itu harus rumit dan langkahnya panjang. Sekarang ada bangku taman dari batako yang gampang dibuat kok. Hanya dengan menata batako membentuk persegi panjang dan tambahan busa tipis dan batal di atasnya, sofa nyaman bisa tercipta di depan rumah. Kamu tak perlu lagi khawatir dengan harga properti yang sedang melonjak. Praktis ‘kan?

7. Keindahan tak hanya bisa diciptakan dengan bunga, lilin yang menyala saat malam gelap juga bikin rumahmu jadi berbeda

Cara membuat lampu taman yang murah dan praktis
Cara membuat lampu taman yang murah dan praktis

Keindahan rumah tak melulu soal banyaknya tanaman dan bunga, lampu lilin yang menyala saat malam juga bisa bikin rumahmu jadi lebih menawan. Agar lebih hemat, bikin sendiri saja dengan metode ini.
Kamu bisa gunakan kaleng bekas susu dan kayu panjang. Pasang keduanya menggunakan pakub beton biar lebih kuat. Lalu oleskan cat agar warnanya lebih enak dipandang. Setelah itu, masukkan lilin dalam gelas dan letakan pada kaleng yang sudah terpasang. Dengan properti lampu taman seperti ini, kegelapan tak lagi menakutkan, karena cahaya-cahaya lilin siap meneranginya.

8. Jangan dulu buang ban bekas mobilmu! Karena kalau kamu mau menumpuknya benda ini bisa jadi meja lho.

Cara membuat properti rumah sendiri
Cara membuat meja rumah sendiri

Rumah yang indah itu gak harus mahal kok, kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas sebagai penggantinya lho. Salah satunya adalah menggunakan ban bekas mobil atau motor. Caranya, pertama-tama warnai permukaan ban dengan cat yang cerah. Lalu tumpuk dan tempelkan menggunakan lem kuat. Setelah itu, lapisi bagian atas dengan kaca bening atau lempengan kayu atau triplek. Kemudian tutup menggunakan taplak agar lebih menarik. Nah, tanpa harus mengeluarkan banyak uang, meja indah bisa terpajang.

9. Selain buat bikin meja, ban bekas juga bisa disulap jadi kolam kecil di halaman rumah. Dijamin rumahmu jadi lebih segar.

Cara membuat kolam sendiri dengan mudah dan gampang
Cara membuat kolam sendiri dengan mudah dan gampang via doalone.wordpress.com

Agar rumahmu lebih asri, kolam disekitar rumah bisa menjadi solusi. Tak perlu bikin yang terlalu besar, kolam kecil dari ban bekas jauh lebih menarik. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama-tama, cobalah gali tanah sesuai dengan kedalaman ban mobil. Lalu lapisi dengan plastik bening dan isi dengan air. Setelah itu, timbunlah menggunakan tanah dan hiasi atasnya dengan bebatuan. Masukkan alat mesin pancuran. Tambahkan beberapa sisa tembok dan tanaman kecil. Dengan begitu, rumahmu bisa terlihat lebih asri. Eits, kolam ini juga bisa menjadi tempat memelihara ikan lho.

Membuat rumah yang indah itu gak harus mahal. Dengan sedikit usaha dan kemampuan kreatif, barang-barang bekas justru bisa menjadi jalan keluar untuk bikin properti murah meriah nan indah. Dijamin, halaman rumah juga jadi bikin betah.

Selamat mencoba.

Baca juga : 

Sumber : http://www.hipwee.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI