Google+ Followers

Senin, 06 Juli 2015

8 Tips Mudah Membentuk Kebiasaan Membaca

Fight the Power“We first make our habits, and then our habits make us.” – John Dryden

Pertama kita yang menciptakan kebiasaan, lalu kebiasaan lah yang akan menciptakan kita. Bayangkan jika kebiasaan membaca sudah menyatu dalam diri kita. Setiap hari yang kita jalani akan terasa sangat kurang jika kita tidak membaca. Tentunya menyenangkan sekali ya. Memang enak sih kalau kita sudah punya kebiasaan membaca yang sangat kuat. Tanpa perlu bersusah payah memaksa diri, membaca jadi aktivitas yang sulit terpisahkan bahkan ‘otomatis’. Seru kan? 

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan coba mengulas tentang bagaimana trik membentuk kebiasaan membaca dalam diri. Tidak ada yang sulit dalam tips kali ini. Semua langkah sangat gampang untuk dijalankan. Ga percaya? Coba kita buktikan ya. 

Menurut Yoshiko Shimbun, sebuah harian nasional Jepang terbitan Tokyo, kebiasaan membaca di Jepang diawali dari sekolah. Para guru mewajibkan siswa-siswanya untuk membaca selama 10 menit sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kebijakan ini telah berlangsung selama 30 tahun. Berkat kebiasaan membaca inilah peradaban Jepang tumbuh pesat dan sumber daya manusianya bisa memiliki daya saing yang kuat.

Menurut Brian Tracy, 95% dari tindakan, perasaan, dan pencapaian berasal dari kebiasaan. Hidup Anda ditentukan oleh kebiasaan Anda. Jika Anda mengubah kebiasaan Anda, maka Anda akan mengubah hidup Anda.95% hidup kita adalah kebiasaan

Beberapa tips mudah berikut ini bisa kita terapkan untuk membentuk kebiasaan membaca.

1. Gigitlah apa yang bisa anda kunyah

Jadilah realistis yang optimis. Artinya, buatlah target yang lebih baik namun bisa dan memungkinkan untuk Anda capai. Untuk permulaan, tidak perlu muluk-muluk dalam membuat target membaca. Mulailah dari tekad untuk konsisten membaca 2 buku setiap bulannya, misalnya.
Dengan cara ini, Anda akan terpacu mencapai target yang lebih besar namun Anda sendiri pun yakin bisa mencapainya. Ketika target tercapai, Anda akan lebih semangat lagi meningkatkankan levelnya. Bayangkan jika Anda membuat target yang tinggi namun berujung pada kegagalan. Perasaan bersalah akan lebih mendominasi dan Anda menjadi sulit untuk menghargai pencapaian yang sudah dilalui.

2. Kejelasan kapan dan di mana

Tentukan waktu yang pasti, kapan Anda akan konsisten membaca setiap harinya, dan dimana? Berapa lama waktu yang akan Anda alokasikan untuk membaca setiap harinya?
Misalkan, dengan rutinitas Anda yang padat sekarang ini, hanya memungkinkan ada untuk membaca 30 menit per hari. lakukanlah. Tentukan waktunya. Misalkan, “saya akan rutin membaca selama 30-45 menit perhari dalam perjalanan ke kantor”. Atau, “saya akan membaca secara rutin selama 30 menit tepat saat saya tiba di kantor dan menunggu jam kerja dimulai.”
Tentukan waktu Anda sendiri dan lakukan secara konsisten .

3. Bawalah buku kemana pun Anda pergi

Salah satu cara yang paling “menolong” untuk membentuk kebiasaan membaca adalah dengan membawa serta buku yang Anda sukai kemanapun Anda pergi. Dengan begitu, Anda akan terdorong untuk membaca kapanpun Anda merasa senggang dan bosan. Misalkan saat menunggu anak pulang di sekolah, ketika menunggu kendaraan, sedang mengantri, atau kapanpun ketika Anda merasa senggang dan tidak ingin waktu Anda terbuang sia-sia.
Jadi, kapanpun Anda ingin keluar rumah, pastikan bawa buku yang menarik di dalam tas Anda. ini ampuh lho.

4. Buatlah Catatan Membaca

Untuk mengukur dan mengontrol kebiasaan membaca Anda, buatlah semacam catatan kcil yang menuliskan daftar buku apa saja yang ingin Anda baca dalam beberapa waktu ke depan. Buku apa yang sudah selesai Anda baca saat ini, buku mana yang belum. Apa penyebabnya? Jadikan catatan tersebut sebagai bahan evaluasi Anda untuk menilai sudah sejauh mana prestasi Anda dalam menumbuhkan kebiasaan membaca.

5. Bersenang-senanglah!

Apa hubungannya bersenang-senang dengan membentuk kebiasaan membaca? Hehe tentunya ada dong… semakin Anda merasa rileks dan fun saat membentuk kebiasaan membaca, pikiran bawah sadar Anda akan semakin mudah beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Bacalah buku yang Anda suka atau yang dapat membangkitkan semangat di hidup Anda. Sediakanlah cemilan bersama the atau kopi untuk menemani Anda membaca.
Hal yang paling penting untuk Anda ingat adalah jangan menempatkan terlalu banyak tekanan pada diri sendiri.  Jika Anda menemukan diri Anda sedang stres ketika membaca buku, jangan lanjutkan membaca di bawah tekanan seperti itu. Membaca adalah untuk kesenangan, bukan tekanan, jadi jangan memaksakan diri terlalu keras sampai Anda mungkin berhenti membaca selamanya, atau bahkan jika Anda dapat membaca, hasilnya tidak akan begitu baik baik.

6. Kerjasama membangun budaya

Ciptakan lingkungan yang kondusif dengan membangun budaya membaca bersama orang-orang di sekitar Anda. bisa dilakukan bersama anggota keluarga Anda yang lain atau teman-teman di kantor. Bawakan pentingnya kesadaran membaca ke tengah-tengah mereka. Anda bisa menjadi pelopornya.  Karena Anda mungkin orang yang lebih dulu sadar akan pentingnya kebiasaan membaca,, berilah edukasi kepada mereka. Setelah itu, buatlah kesepakatan bersama untuk menghabiskan sejumlah buku dalam jangka waktu tertentu. Lebih asik lagi jika Anda bisa membuatnya menjadi kontes yang menantang. Tentunya usaha membentuk kebiasaan baik ini akan menjadi lebih menyenangkan. Asik kan? 

7. Sediakan waktu khusus untuk berkunjung ke perpustakaan atau toko buku

Jadikan momentum ini sebagai quality time bagi diri Anda sendiri. Sekarang ini sudah banyak lho perpustakaan di dalam kota yang memiliki fasilitas lengkap dan tempat yang nyaman dengan interior yang menyegarkan juga pastinya. Atau, Anda bisa juga pergi ke book café, tempat nongkrong yang menyediakan berbagai buku untuk dibaca yang sekarang sudah marak ada dimana-mana.
Sediakan minimal sehari dalam sebulan untuk hal ini. Pergilah dan temukan beragam buku-buku baru yang mungkin bisa jadi sumber inspirasi Anda.

8. Kuasai Metode Membaca

Hal lain yang membantu membentuk kebiasaan membaca, selain  7 hal diatas adalah memiliki sebuah metode membaca yang efektif. Sejauh ini, metode membaca yang menurut saya paling efektif adalah sistem Bacakilat.  Adanya metode membaca akan membantu kita membaca lebih efektif dan efisien. Ini akan mengurangi rasa lelah atau jenuh kita dalam membaca. Dalam beberapa kasus, kebiasaan membaca tidak terbentuk karena kita banyak menunda dalam membaca. Ini bisa terlihat dari jumlah tumpukan buku yang lebih banyak dari jumlah buku yang sudah dibaca. Alasan umum orang menunda membaca karena tidak ada waktu, kalau pun ada waktu bacanya tidak selesai dan kurang paham. Jadi, kita bisa menggunakan metode membaca efektif dalam membangun kebiasaan membaca.


Sumber : http://bacakilat.com/8-tips-mudah-membentuk-kebiasaan-membaca/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI