Google+ Followers

Sabtu, 04 Juli 2015

8 Manfaat Abstrak dan Sintesis dalam Karya Ilmiah

Bagi anda yang sering mengadakan penelitian, ataupun anda yang sudah akrab dengan kegiatan akademis berupa penulisan karya ilmiah ataupun makalah studi, pasti sudah sangat akrab dengan kedua istilah ini. Ya, abstrak dan sintesis merupakan salah satu elemen penting dan juga utama yang ada pada suatu makalah ataupun penulisan yang bersifat ilmiah. Karangan ataupun penulisan yang bersifat ilmiah sendiri, merupakan salah satu bentuk penulisan yang mengedepankan konsep-konsep dari ilmu tertentu sebagai acuan utamanya.

manfaat abstrak dan sintesisUmumnya, karya tulis dan karangan ilmiah ini dapat berupa :
  • Jurnal penelitian
  • Makalah dan tugas akademik
  • Skripsi
  • Thesis
  • Desertasi

Dan berbagai macam publikasi ilmiah lainnya, seperti buku dan semacamnya yang menggunakan acuan empiris dan teoritis

Abstrak sendiri memiliki banyak sekali definisi. Namun demikian, secara umum, abstraksi dapat diartikan sebagai rangkuman dari isi karya tulis ilmiah, yamg secara garis besar berisi beberapa hal berikut :
  1. Rumusan masalah
  2. Tujuan pembuatan karya tulis ilmiah
  3. Hasil dan kesimpulan dari penulisan
Baik abstrak maupun sintesis biasanya selalu ada dan cenderung wajib untuk disertakan dalam suatu penulisan dan karya yang bersifat ilmiah. Hal ini dikarenakan fungsi dan juga kegunaan dari abstrak dan sintesis yang sangat besar perannya pada suatu karya ilmiah.
Untuk memahami lebih lanjut mengenai abstrak dan sintesis, maka marilah kita mencoba untuk melihat apa saja manfaat abstrak dan sintesis pada karya ilmiah. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Memberikan gambaran singkat mengenai isi dari suatu karya ilmiah
Sebelum dapat memahami dan juga membaca apa isi dari suatu karya tulis ilmiah, maka haruslah ada pendahuluan atau awalan yang menjelaskan maksud serta isi dari suatu karya ilmiah. Dengan adanya abstraksi, maka isi dan juga informasi penting yang ada di dalam suatu karya ilmiah dapat diketahui dan paling tidak para pembaca sudah mengetahui. Kira-kira hal apa saja yang kemungkinan akan mereka dapattkan ketika mereka membaca dan memahami isi dari suatu karya tulis yang bersifat ilmiah.

2. Memberikan pembahasan yang mendalam
Ini merupakan salah satu manfaat sintesis karya ilmiah yang dapat diperoleh yakni pembahan yang ada dan terkandung hampir dalam setiap karya dan juga penulisan ilmiah. Sintesis memberikan banyak sekali hal yang perlu dibahas mengenai isi dari suatu karya ilmiah. Sintesis dapat menganalisa dan menginformasikan kepada pembaca tentang hal-hal apa saja yang penting dari suatu karya ilmiah, dan juga memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada para pembacanya dengan baik, lugas, jelas, dan juga tegas.

3. Menghemat waktu dalam membaca dan memahami suatu karya ilmiah
Suatu karya ilmiah ataupun penulisan ilmiah dalam bentuk apapun, baik jurnal maupun thesis, biasanya memilki banyak sekali bagian-bagian, yang terbagi menjadi beberapa bab dan juga subbab. Membaca semua bab dan subbab satu persatu adalah kegiatan yang sangat memakan waktu. Dengan adanya abstraksi dan juga sintesis, maka para pembaca bisa langung memahami to the point serta dapat menghemat waktu dalam mebaca dan memahami, apa saja yang dapat diperoleh dan juga hasil dari penulisan karya ilmiah tersebut.

4. Memudahkan orang lain dalam memahami suatu karya ilmiah
Selain itu, manfaat abstrak dan sintesis, para pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari suatu penulisan atau karya ilmiah. Tanpa harus mendalami materi yang ada pada bagian atau bab lain, yang sangat rumit dan juga sulit untuk memahaminya.

5. Penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan
Abstrak dan sintesis merupakan dua hal yang sering digunakan untuk pembentukan suatu kerangka teori pemikiran tertentu. dengan menggunakan sintesis, maka akan terbentuk kerangka berpikir, yang nantinya akan membentuk suatu teori dan pemikiran yang baru, serta dapat menjadi salah satu sumbangan bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

6. Mempermudah penulis dalam membuat kesimpulan
Semua karya tulis ilmiah pastilah memiliki kesimpulan, yang digunakan untuk menyimpulakan pembahasan yang dimuat dalam sintesis dan dihubungkan dengan kondisi atau keadaan yang sebenarnya. Manfaat sintesis bagi karya ilmiah, akan sangat mempermudah penulis untuk menarik kesimpulan yang bisa diambil, tanpa harus melihat keseluruhan isi dari karya tulis ilmiah tersebut.

7. Meningkatkan kemampuan menganalisa dari penulis
Sintesis memiliki manfaat yang sangat baik dan juga penting untuk mengasah kemampuan menganalisa dari penulis. Penulis yang mampu membuat sintesis dengan baik haruslah memilki kepekaan tehadap konsep karya ilmiah yang dibuatnya, dan juga haruslah memilki kemampuan menganalisa yang baik dan akan terasah secara tidak sadar, untuk menyusun sintesis yang baik dan mudah dipahami oleh pembacanya.

8. Meningkatkan kemampuan berpikir secara logis
Selain dapat meningkatkan kemampuan penulisnya dalam dalam hal melakukan analisa terhadap karya tulisnya. Sintesis juga menuntut penulisnya untuk dapat mengasah kemampuan berpikir logis. Hal ini diperlukan untuk membuat dinamika yang sesuai terhadap hasil dari penulisan karya ilmiah yang akan dibuatnya.
Nah, itulah beberapa manfaat abstrak dan sintesis karya ilmiah. Menarik bukan?? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian.

Baca juga :
Cara Menulis Abstrak
Asal-Usul Kebiasaan Mengkritik
15 Manfaat Membaca Cerita pendek
5 Cara Terbaik Memaksimalkan Manfaat Membaca Buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI