Google+ Followers

Sabtu, 04 Juli 2015

6 Manfaat Membaca Cepat, Hambatan, dan Cara Mudahnya

Membaca cepat adalah sebuah teknik membaca dengan kecepatan tinggi atau diatas rata-rata dan dibarengi dengan pemahaman bacaan yang tinggi juga. Mungkin dari anda masih banyak yang heran apakah membaca super cepat ini hanya untuk gaya-gayaan, hobi, atau bawaan dari lahir?

Perlu anda ketahui membaca super cepat dapat kita pelajari tekniknya. Tentu saja sekali lagi, ini memiliki manfaat yang cukup luar biasa, yang mungkin disadari atau tidak di sadari.
Tentu saja manfaat membaca cepat bagi kita sangat banyak. Apa sajakah itu? Mari kita simak satu per satu:

Baca juga : 5 Cara Terbaik Memaksimalkan Manfaat Membaca Buku

Manfaat Membaca Cepat


Banyak bacaan yang tidak dapat hanya dilihat dari cover atau tampilannya saja oleh karena itu sebaiknya dalam hal memilih bacaan baik itu sifatnya buku/majalah/artikel di internet memakai teknik membaca cepat untuk mengetahui sekilas apa topik bacaan tersebut apakah cocok dengan anda atau tidak sehingga meminimalisir kesalahan pemilihan bahan bacaan dan informasi yang diperlukan.

Hambatan Membaca Cepat

Hal yang sifatnya baik tentu tidak akan secara mudah didapatkan, sama halnya dengan teknik membaca cepat. Banyak sekali hambatan-hambatan yang harus kita lewati agar kemampuan membaca cepat kita terus mengalami perbaikan. Berikut hambatan-hambatan yang sering terjadi saat ingin membaca cepat :

Adanya kesulitan dalam berkonsentrasi saat membaca disebabkan oleh beberapa faktor seperti kekelahan fisik baik secara mental atau fisik, bosan, atau pikiran sedang terdistraksi oleh beberapa hal. Konsentrasi sendiri juga bisa sulit apabila kalian terganggu dengan kondisi seperti adanya suara musik yang terlalu keras, suara TV yang sedang menyala, bunyi orang lalu lalang, dll. Tentu saja apabila kalian tidak bisa berkonsentrasi anda tidak dapat membaca dan memahami betul  apa yang sedang dibaca.

Cara Mudah Membaca Cepat

  • Latihan Membaca Cepat
  • Pilih Bacaan yang Anda Sukai
  • Mengenal Kosa Kata Dengan Baik
Terus berlatih tentu adalah solusi yang paling ampuh dalam meningkatkan kemampuan dalam diri kita, begitupun juga dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat. Oleh karena itu, apabila ingin meningkatkan kemampuan membaca cepat maka anda harus secara rutin membaca buku/majalah/ apapun yang bisa menjadi bahan bacaan.

Fakta Mengenai Membaca Cepat

  • Kalian baru boleh dikatakan mempunyai kemampuan membaca cepat apabila ketika disodorkan pertanyaan atau soal mengenai bacaan yang kalian baca, kalian dapat menjawab sekurang-kurangnya 60% dari soal yang ada.
  • Seseorang yang memiliki kemampuan membaca cepat harus dapat berpikir kritis dan efektif yang ditandai dapat mengetahui bagian mana yang penting atau tidak di dalam bacaan.
  • Ukuran kemampuan membaca cepat :
  1. 110 kata/menit 50 persen Kemampuan kurang
  2. 240 kata/menit 60 persen Kemampuan rata-rata
  3. 400 kata/menit 80 persen Kemampuan baik
  4. 1000 kata/menit 85 persen Sempurna
  • Kemampuan membaca cepat akan berkembang pesat apabila anda menaruh fokus dalam kegiatan itu, disini artinya kegiatan membaca anda sebaiknya tidak diganggu oleh kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan gadget seperti komputer, televisi, tablet, dll.
Manfaat membaca cepat sangat penting untuk kita ketahui dan yakinlah bahwa kemampuan membaca super cepat dapat anda peroleh jika rajin dan terus berlatih.

Baca juga :
5 Manfaat kesehatan membaca setiap hari
20 Manfaat Membaca Novel Yang Mengejutkan
8 Manfaat Abstrak dan Sintesis dalam Karya Ilmiah

Sumber : http://manfaat.co.id/6-manfaat-membaca-cepat-hambatan-dan-cara-mudahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI