Google+ Followers

Kamis, 02 Juli 2015

5 Fakta Bahwa Menulis Akan Menyukseskan Karirmu

Hobi dan terampil menulis? Kabar baik! Kamu punya peluang besar untuk sukses dalam karirmu.
5 Fakta Bahwa Menulis Akan Menyukseskan Karirmu
Semester berapa kamu sekarang? Semester awal, pertengahan, akhir atau sudah fresh graduate? Apakah kamu terampil menulis? Bila kamu terampil dalam menulis, kamu sangat beruntung. Sedangkan bagi yang belum terampil, kamu harus ubah pola pikir dan mulai segera belajar menulis.  Mengapa? 
Menulis adalah salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja meski kamu bukan pekerja di media atau penerbitan. Keterampilan menulis tetap diperlukan meski kamu bukan lulusan ilmu komunikasi atau sastra Indonesia.
Mari simak-simak fakta-fakta berikut biar kamu makin semangat menulis:

1. Menulis menjadi salah satu keterampilan penting di dunia kerja
Founder situs konsultankarir.com, Ardiningtiyas Pitaloka dalam buku How to Become a Great Fresh Graduate, menjelaskan, salah satu keterampilan penting saat pertama kali berkecimpung di dunia kerja adalah menulis. Bahkan sebagian besar perekrut menilai calon kandidat dari tulisan atau blog yang dimiliki kandidat. Melalui kemajuan teknologi sekarang ini, perekrut banyak sekali memanfaatkan fasilitas dunia digital untuk melihat calon karyawan, baik lewat akun jejaring profesional LinkedIn maupun melalui mesin pencari Google dengan mengetikkan nama kamu.  

Maka dari itu, para pakar personal branding mengingatkan untuk menjaga dan membuat brand sebaik mungkin. Isi akun-akun media sosialmu dengan status positif dan mencirikan ketertarikanmu serta seperti apa kamu ingin dikenal. Kemudian buat blog sesuai jurusan atau passion yang disuka. Isi konten dengan konsisten, berkualitas, dan bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, kamu juga bisa menulis di media cetak atau media online yang akan meningkatkan eksistensi dan brand-mu.

2. Menulis berarti mampu berpikir runtut dan sistematis
Menulis menunjukkan kemampuan seseorang dalam menuangkan pemikiran secara runtut dan sistematis. Kemampuan ini dibutuhkan dalam menduduki posisi-posisi strategis di perusahaan. Jika dipahami lebih jauh, menulis juga membentuk kepribadian seseorang untuk peka terhadap lingkungan sekitar, pantang menyerah, menjadikan kegagalan sebagai kenikmatan, dan mampu memanajemen diri. Hal ini sangat diperlukan ketika kamu terjun di dunia kerja. Sebab dalam bekerja, seseorang dituntut untuk mampu membuat laporan yang mudah dimengerti dan dipahami oleh orang lain. 

Baca juga : Fakta-fakta Membaca Bikin Hidup Lebih Baik!

Dengan demikian, berlatih mengembangkan kemampuan menulis merupakan hal yang krusial. Masih dari buku How to Become a Great Fresh Graduate, tulisan yang baik, tersusun secara efektif, dan tidak banyak kesalahan ketik, menunjukkan bahwa penulisnya memiliki perhatian terhadap detail. Semakin awal kemampuan menulis ini dikembangkan akan semakin terasa pentingnya saat sudah menduduki posisi-posisi strategis di perusahaan. Sejak awal, mulailah menulis dengan baik dan benar. 

3. Punya nilai plus di mata employer
Hal senada disampaikan pula oleh Muhammad Ilman Akbar, Search Coordinator di Traveloka. Keterampilan akan sangat menjadi nilai plus jika employer-nya adalah perusahaan media atau jurnalistik yang memiliki core bisnis menulis. Mereka akan memberikan nilai plus buat calon pegawai yang sudah punya pengalaman di bidang core bisnis mereka. Sementara, perusahaan lain yang tidak bergerak di bidang media atau jurnalistik, keterampilan dan pengalaman menulis calon karyawan akan berharga untuk posisi yang berhubungan, misalnya public relation atau humas, copywriter, dan content writer.  

Azhar Rohmadi, staf Quality Control di Cargill, telah merasakan manfaat dari menulis di media cetak. Azhar menceritakan, “Saya diterima di perusahaan multinasional Mayora Group pada 2014 lalu. Sebab, saat wawancara saya membawa semua kliping tentang pangan yang telah termuat di media cetak Harian Surya. Itulah nilai plus yang membedakan saya dengan pelamar lain. Padahal saat itu, saingan saya banyak dari kampus-kampus ternama.” 

Jadi, bukan alasan bagi kamu yang sekarang tidak kuliah di jurusan yang fokus menulis, untuk tidak belajar. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk belajar, bisa melalui organisasi di dalam maupun di luar kampus. Bahkan bila kamu bukan berasal dari jurusan yang fokus menulis, setidaknya kamu memiliki dua keterampilan: (1) sesuai jurusan, dan (2) menulis.

4. Pekerjaan sebagai penulis akan selalu dibutuhkan
Bagi kamu yang aktif di media sosial dan internet, kamu akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang pekerjaan di bidang menulis. Baik itu sebagai freelance reporter, freelance writer, content writer, atau admin media sosial. Sebagian besar dari semua lowongan tersebut ditujukan untuk mahasiswa dengan kriteria minimal suka dan tertarik akan dunia tulis-menulis. Hal ini sesuai dengan paparan Ilman Akbar, “Penulis akan terus dibutuhkan karena penulis menciptakan konten. Sedangkan yang kita nikmati di internet seperti artikel, tweet, status, meme, video, hingga gambar itu semua adalah konten. Tanpa konten, tidak ada yang bisa kita nikmati di internet.”

5.   Menulis membantumu berkembang
Ilman Akbar memberikan pesan bagi mahasiswa untuk memiliki keterampilan menulis. “Semua manusia secara umum, dan calon employer secara khusus, menyukai siapapun yang memiliki nilai lebih karena bisa bermanfaat lebih banyak dibandingkan mereka yang nilai kebermanfaatannya kurang. Menulis bisa membantu diri kita berkembang, sehingga kita bisa punya nilai plus bagi orang lain, termasuk di mata calon employer," ujarnya.  

Sekarang bagaimana tanggapan dan reaksimu terkait paparan di atas? Siap untuk menulis dan mengembangkan diri? Jangan pernah sia-siakan peluang dan kesempatan yang ada ya! Seorang penulis, Azhar Rohmadi, menyatakan, “Menulis menjadikan kreativitas kita tetap ada. Sebab di perusahaan, kreativitas yang diandalkan. Tidak ada ruginya kita menulis." 

Bung Karno menulis, Bung Hatta juga menulis. Lihatlah para orang sukses yang rajin menulis. Mengapa kita tidak mulai menulis sekarang? [CN] 

Baca juga : 

Sumber : http://careernews.id
Penulis    : Sandi Iswahyudi
Editor      : Rifki Amelia F.
Grafis      : Hero Oka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI