Google+ Followers

Sabtu, 04 Juli 2015

5 Cara Terbaik Memaksimalkan Manfaat Membaca Buku

manfaat-membaca-buku
Milan Kundera, penulis asal Ceko berkata, jika ingin menghancurkan sebuah bangsa dan peradaban, hancurkan buku-bukunya. Maka, pastilah bangsa itu akan hancur dan musnah.
Ini menjadi bukti bagaimana besarnya manfaat buku terhadap kemajuan peradaban suatu bangsa.
Jumlah buku yang diterbitkan dan minat baca di suatu negara juga dapat menjadi salah satu indikator kemajuan suatu negara.

Bagi diri pribadi seperti saya dan Anda, kita harus bisa memaksimalkan manfaat dari membaca buku agar lebih terasa dampaknya sekaligus memberi perubahan positif bagi lingkungan kita.
Berikut lima tips untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kegiatan membaca buku yang biasa kita lakukan. Mari kita mulai satu per satu.

1. Biasakan membaca buku sampai habis dan menyeluruh
Banyak dari kita, yang membaca hanya mengambil beberapa bagian buku. Tanpa membaca secara keseluruhan isi buku. Alhasil gagasan utuh sang penulis, tidak dapat diketahui secara menyeluruh.
kebiasaan-membaca-buku
Menggunakan teknik skimming guna dengan cepat memahami isi sebuah buku memang baik, namun pemahaman Anda akan lebih baik lagi jika membaca keseluruhan isi buku.
Saat ini, banyak kejadian kesalahpahaman dalam membaca, akibat membaca tidak sampah habis atau menyeluruh ini.
Membaca merupakan aktifitas yang positif, tapi bisa berubah negatif jika Anda tidak berhasil memahami secara menyeluruh sudut pandang penulis.
Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca secara keseluruhan sebuah buku.

2. Sempatkan menulis atau mencatat intisari buku
Membaca dan menulis merupakan satu paket yang tidak terpisahkan. Keduanya saling dibutuhkan dalam rangka mengisi satu sama lain.
mencatat-buku
Anda yang suka membaca, harus menulis untuk mengikat makna, meningkatkan daya ingat, mengabadikan ilmu, dan sebagai tanggung jawab Anda sebagai orang yang berilmu.
Sedangkan Anda yang suka menulis, harus membaca setiap hari untuk mendapatkan energi,makna dan pemahaman baru yang akan menjadikan tulisan semakin berkualitas.
Saat ini, Anda dapat mencoba menuliskan instisari setiap Anda selesai membaca sebuah buku di Media Sosial yang Anda punya.
Selain baik untuk meningkatkan personal branding Anda, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi positif yang dapat Anda lakukan terhadap lingkungan sosial Anda.

3. Cobalah mengulas buku yang Anda baca
Tidak banyak para pecinta buku yang biasa mengulas buku yang telah dibaca. Padahal aktivitas mengulas buku memiliki manfaat yang banyak.
mengulas-buku
Pertama, mengulas buku dapat membantu meningkatkan daya ingat dan pemahaman Anda terhadap sebuah buku yang baru Anda baca.
Kedua, Anda membantu calon pembaca mudah mengetahui isi sebuah buku, tanpa harus membaca secara keseluruhan terlebih dahulu.
Ketiga, dengan mengirimkan ulasan buku yang baik ke media cetak dan online, Anda berpeluang mendapatkan imbalan berupa buku, uang, hingga kesempatan bertemu dengan penulisnya.
Selain menjadi ladang kebaikan pribadi, dengan membuat ulasan buku, Anda telah turut serta sebagai bagian dari barisan pejuang penyebar virus giat baca buku di Indonesia.

4. Diskusikan buku yang Anda baca
Kegiatan diskusi mengenai buku membuat Anda semakin bijak dalam melihat sesuatu. Anda akan mampu melihat berbagai sudut pandang berbeda terhadap suatu permasalahan.
diskusi-buku
Dengan mendiskusikan buku, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tambahan dari orang lain, melatih diri untuk menerima sudut pandang berbeda dan sebagai sarana mengasah keterampilan public speaking.
Maka setelah Anda baca buku, berdiskusilah dengan teman atau bersama komunitas yang relevan dengan buku yang Anda baca.
Tunjukkan bahwa mendiskusikan buku adalah kegiatan yang menyenangkan dan bagian dari gaya hidup masa kini.

5. Berbagi ilmu pada yang lain
Hak ilmu adalah diamalkan. Ilmu yang tidak diamalkan, tidak akan memberikan kemanfaatan untuk orang banyak.
sharing-bukuPhoto Credit: Global Table Discussion (1) by dickinsonstateu

Dengan berbagi ilmu, sejatinya ilmu Anda tidak akan berkurang sedikitpun. Sebaliknya Anda akan semakin memahami ilmu tersebut.
Ilmu yang dibagi dengan ikhlas, akan menjadi investasi jangka panjang, yaitu amal untuk kehidupan akhirat. Inilah hal yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Dengan berbagi ilmu, Anda akan semakin haus dengan kegiatan membaca. Anda bukan saja tahu akan manfaatya, melainkan Anda juga semakin merasakan dan paham akan nikmatnya membaca.
Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan manfaat membaca guna menjadikan Anda pribadi yang lebih baik dan berkontribusi terhadap sesama.
Akan sangat membahagiakan, melihat diri Anda menjadi bagian dari perubahan ke arah Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Baca juga :

Penulis Sandi Iswahyudi
Sumber : http://www.membacacepat.com/artikel/manfaat-membaca-buku/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI