Google+ Followers

Rabu, 01 Juli 2015

5 Cara Menemukan Ide Menulis Kreatif

menulis-avatar 

Kreatifitas dalam menulis membuat hasil tulisan terlihat lebih berwarna dan disukai oleh banyak orang.
Cerita yang kreatif akan membangun daya tarik tersendiri bagi pembaca untuk terus mengikuti perkembangan tulisan yang anda buat.

Baca juga : Manfaat Menulis Menurut para Ahli

Ide atau gagasan untuk membuat tulisan kreatif bisa muncul dari mana saja.
Namun, bagi seorang pemula yang ingin menulis kreatif mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan ide agar hasil tulisannya kreatif dan berbeda.

Adapun hal – hal yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan ide untuk menulis kreatif yaitu :

1. Pengalaman Hidup
Banyak penulis yang memulai keterampilan menulisnyanya melalui pengalaman hidup. Pengalaman yang pernah dilalui dan pernah anda rasakan dapat dituangkan kedalam sebuah tulisan.
Jadikanlah pengalaman anda yang menarik sebagai sebuah gagasan untuk menulis dan buat sekreatif mungkin agar orang lain tertarik untuk mengetahui tentang pengalaman berharga yang pernah anda lalui.
2. Sesuatu yang Dikuasai atau Dipahami
Pengetahuan seseorang mengenai sesuatu yang dikuasai atau dipahami dengan baik akan menciptakan suatu ide yang terus mengalir tanpa henti.
Anda akan lebih baik menuliskan sesuatu yang benar – benar anda pahami, dengan begitu anda dapat menguraikan nya dengan bebas menjadi sebuah tulisan yang kreatif dan mampu memberikan informasi dengan benar.
Jangan mengambil ide yang anda sukai namun belum anda kuasai, hal ini nantinya akan membuat anda kesulitan untuk mengembangkan gagasan anda.

3. Hobi atau Hal yang Disukai
Semua orang pasti mmiliki hobi masing – masing. Anda dapat mengambil ide atau gagasan dari hal yang anda sukai. Dengan sesuatu yang anda gemari akan mudah untuk menemukan ide kreatif untuk membangun tulisan anda.
Misalnya anda mempunyai hobi bermain musik, maka anda akan lebih mudah untuk mengembangkan ide misalnya “tips memilih gitar yang baik”, “Belajar bermain gitar untuk pemula” dan lain – lain yang dapat anda kembangkan sendiri.

Baca juga : 8 Tips untuk membaca lebih banyak buku

4. Pergaulan yang Luas
Pergaulan yang luas akan memberikan ide yang luas pula. Sebagai contoh jika anda memiliki seribu teman maka ada seribu kemungkinan ide yang anda ambil sebagai gagasan untuk menulis sebuah tulisan kreatif.
Anda juga bisa menggunakan sifat atau kebiasaan teman anda untuk dijadikan ide untuk menulis. Tapi ingat jangan mengungkap aib teman anda ya karena itu dosa.

5. Tontonan dan Bacaan Buku
Dengan menonton sesuatu juga dapat menghasilkan ide ide baru yang kreatif. Menonton sesuatu yang kita sukai kadang membuat kita terpikir tentang sesuatu ide kreatif yang nantinya bisa dituangkan ke dalam sebuah tulisan.

Hanya saja, pada zaman yang serba rusak saat ini, kita harus jeli memilih tontonan. Mengapa? karena saat ini banyak tontonan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pilihlah tontonan yang positif dan bisa melahirkan segudang inspirasi buat Anda jadikan sebagai bahan tulisan.

Selain itu, membaca buku juga dapat membuat kita menemukan berbagai  inspirasi dan ide unik untuk bahan tulisan. Sekali lagi saya tekankan, jika anda memang serius untuk bisa menulis, maka mau tidak mau, anda harus banyak-banyak melahap buku bacaan.

Baca juga : 
Sumber : http://www.laodemunafar.com/5-cara-menemukan-ide-menulis-kreatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI