Google+ Followers

Senin, 06 Juli 2015

4 Kriteria Naskah Buku Yang Disukai Penerbit

Nahkah Buku Ok

Jika Anda belum pernah menerbitkan buku ke penerbit, maka langkah pertama yang harus Anda ketahui sebelum mengirimkan buku ke penerbit adalah kriteria atau ciri-ciri naskah buku yang disukai oleh penerbit.
Meskipun setiap penerbit memiliki kriteria yang berbeda, namun umumnya mereka memiliki kriteria dasar yang hampir sama. Kriteria itu diantaranya adalah:

1. Pangsa Pasar
Harus Anda pahami setiap penerbit, baik penerbit besar maupun kecil akan selalu mempertimbangkan hal ini sebelum mereka memutuskan menerima sebuah naskah. Karena apapun idealisme mereka, mereka tetap akan melihat potensi buku nantinya saat sudah di pasarkan. Apakah buku akan berpotensi laku keras di pasaran atau tidak.
Jadi saat Anda membuat buku, hendaknya Anda juga memperhatikan hal ini. Kecuali Anda tidak merencanakan menerbitkan buku ke penerbit.

2. Kualitas Buku
Kualitas naskah di sini terkait dengan manfaat dan kualitas penulisan naskah yang diajukan.  Penerbit menyukai buku yang memiliki manfaat nyata bagi para pembaca, baik secara teoritis maupun aplikatif.  Kemudian naskah juga harus menggunakan bahasa yang baik, sistematis, up to date, di lengkapi dengan rujukan atau data-data yang akurat.
Jadi bagi Anda yang ingin bukunya diterima penerbit dengan mudah, Anda juga harus dapat membuat naskah yang berkualitas. Dan tentunya untuk bisa membuat kualitas naskah Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai.
Dalam hal ini saya sarankan Anda banyak melakukan observasi terhadap fenomena masalah yang ada di sekitar Anda yang membutuhkan solusi penyelesaian, Anda juga harus banyak membaca, banyak bergaul untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda. Selain itu yang tak kalah penting Anda juga harus rajin menulis untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda.

3. Brand Penulis
Anda boleh suka dan tidak, tapi popularitas Anda juga akan menjadi pertimbangan penerbit untuk menerima naskah Anda.
Jika buku Anda memang sangat berkualitas mungkin penerbit bisa mengesampingkan hal ini. Tapi meski begitu penerbit akan tetap lebih menyukai naskah yang ditulis oleh orang yang populer dari pada mereka yang tidak populer.
Bagaimana jika saya bukan tokoh terkenal?
Tenang saja, saya pun pernah mengalaminya.  Dan saat itu saya juga sempat bingung, namun setelah memikirkannya dengan seksama, saya akhirnya menemukan cara yang cukup efektif untuk membangun popularitas saya. Salah satunya dengan membuat blog, namun bukan hanya sekedar blog melainkan blog yang dibangun dengan tujuan tertentu, salah satunya untuk membangun personal brand.
Apakah harus dengan blog? Sebenarnya tidak harus dengan blog, Anda juga bisa membangun popularitas Anda melalui komunitas, baik online maupun ofline, forum-forum diskusi,  atau media yang lain.Untuk cara-cara ini saya tidak akan mengajarkannya kepada Anda, karena saya tidak melakukannya. Jadi silakan Anda gali informasi ini melalui media lain bisa melalui internet atau bisa juga bertanya kepada orang-orang yang sudah melakukannya.

4. Tingkat Kompetisi
Selain ketiga hal di atas Anda juga harus melihat tingkat kompetisi buku Anda. Anda harus tahu betul berapa banyak buku dipasaran yang sejenis dengan buku Anda, bagaimana kualitas buku mereka dan siapa penulisnya.
Jika topik buku Anda sudah banyak ditulis oleh para penulis lainnya, pastikan Anda tahu betul keunikan dari naskah buku Anda maupun keunggulan buku Anda dibanding dengan buku yang ada.
Hal ini juga pernah saya lakukan saat menulis buku pertama saya berjudul Great Presentation. Saat itu saya sudah tahu kalau di luar sana sudah banyak buku presentasi dan public speaking. Namun setelah berpikir keras, saya pun melihat kebanyakan buku presentasi kebanyakan hanya membahas satu aspek tertentu saja, seperti aspek public speaking atau aspek desain slide powerpoint saja. Karena itu akhirnya saya membuat buku yang membahas semua aspek, yang akan akhirnya membedakan buku saya dengan buku sejenis yang ada di luar sana.
Itulah empat kriteria dasar buku-buku yang disukai oleh penerbit. Dengan menyiapkan buku yang memenuhi standar mereka, maka kemungkinan buku Anda diterima akan lebih besar.

Baca juga :

Sumber : http://cafemotivasi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI