Google+ Followers

Senin, 06 Juli 2015

14 Kebiasaan Buruk yang Perlu Kamu Ubah Demi Kehidupan yang Lebih Baik Dijalani

Setiap hari, ada-ada saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan – malas olahraga, kurang minum air putih, lupa sarapan, atau bahkan sering mengeluh. Saking seringnya, kita menganggap bahwa hal-hal itu adalah bagian dari rutinitas yang sah-sah saja untuk dilakukan. Namun, ada saat dimana kita akan menyadari bahwa hidup sebenarnya bisa lebih baik jika kita bisa mengubah kebiasaan-kebiasaan itu. Nah, demi hidup yang lebih baik, mulailah merubah kebiasaan-kebiasaan burukmu hari ini, ya.

1. Kurangi Aktivitas di Media Sosial, Perbanyak Menulis atau Berlatih Meditasi

perbanyak kegiatan 'menulis'
perbanyak kegiatan ‘menulis’ via www.huffingtonpost.com

Atas alasan kebutuhan update informasi, kita seringkali menggunakan waktu istirahat untuk menonton TV atau aktif di media sosial. Sayangnya, kita cenderung kurang bisa mengendalikan diri dan baru sadar ketika sudah banyak waktu yang terbuang untuk hal-hal tersebut.
Nah, sebaiknya mulailah bersikap bijak dalam menggunakan waktumu. Pilih kegiatan yang memang bermanfaat – istirahat, belajar, meditasi, atau menulis. Istirahat dan meditasi adalah cara ampuh untuk mengembalikan tenaga dan konsentrasimu. Sementara, belajar atau menulis bisa jadi cara efektif untuk mengasah kemampuan otakmu.

2. Melihat Masalah Bukan dari Sisi Negatif, Tapi Justru Sebaliknya

berpikir dari sisi positif
berpikir dari sisi positif via stay-positive-spirit.blogspot.com

Kehidupan sudah selayaknya mengalami masa ‘pasang surut’. Ada kalanya kita merasa bahagia dan di lain waktu merasa sedih. Bahkan, ada saat dimana kita benar-benar ‘jatuh’ – merasa takut dan khawatir. Tapi, bukankah apa yang kita rasakan sebenarnya berpusat di kepala kita?
Yup, ketika mengalami masa-masa sulit dalam hidup, usahakan untuk selalu memandang masalah dari sisi positif. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukan jalan keluar untuk masalah yang kamu hadapi. Dengan cara ini, kamu akan bisa berpikir dengan logika dan mulai mengabaikan emosi dan egomu. Seburuk apapun kondisi yang kamu alami, ingatlah bahwa akan selalu ada pelajaran yang bisa kamu ambil dari situ.

3. Jangan Malas Berolahraga, Setidaknya Mulailah dengan Lari

olahraga paling sederhana
olahraga paling sederhana via moviewriternyu.wordpress.com

Kesibukan dan sifat malas kadang membuat kita lupa betapa pentingnya berolahraga. Merasa masih muda dan punya tubuh yang (kelihatan) sehat, kemudian kita bersikap abai. Padahal, olahraga punya banyak manfaat bagi tubuh. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olaharaga juga bisa menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.
Jadi, apa sih susahnya meluangkan 30 – 60 menit untuk berolahraga setiap harinya? Mulailah dengan olahraga yang paling mudah, murah, dan sederhana – lari. Siapkan sepatu dan outfit lari yang paling nyaman. Biasakan tubuhmu untuk berolahraga dan hidup sehat mulai sekarang.

4. Kurangi Konsumsi Minuman Bersoda atau Beralkohol, Perbanyak Minum Air Putih

biasakan minum air putih
biasakan minum air putih via updatedtrends.com

Apakah kamu sering mengkonsumsi minuman bersoda atau bahkan beralkohol? Jika iya, sudahkah kamu menyadari efek negatif dari minuman-minuman itu? Yup, jenis minuman bersoda dan beralkohol berpotensi mengakibatkan obesitas dan gangguan ginjal. Jadi, kenapa kamu nggak memilih minum air putih saja?
60% tubuh kita adalah air sehingga konsumsi air putih sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan dan mengontrol metabolisme tubuh. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih bisa dimulai dengan membawa botol air minum setiap beraktivitas. Dengan begitu, kamu akan mudah mengingat bahwa tubuh butuh setidaknya 8 gelas air setiap harinya.

5. Abaikan Keinginan Jajan Saat Lapar, Kendalikan Dirimu Saat Berbelanja

kendalikan dirimu saat berbelanja
kendalikan dirimu saat berbelanja via wallstcheatsheet.com

Kondisi perut yang kosong atau lapar akan membuatmu sulit mengontrol keinginan untuk makan. Hal ini bisa jadi masalah jika kamu merasa lapar saat pergi berbelanja. Rasa lapar membuat pikiran sulit fokus dan cenderung mengikuti emosi. Akibatnya, kamu tidak akan berpikir panjang untuk membeli makanan-makanan yang sebenarnya tidak sehat.
Sebaiknya, berbelanjalah saat kondisi tubuh sedang benar-benar fit. Buatlah daftar belanjaan sesuai kebutuhanmu. Jangan mudah tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak tertulis dalam catatan. Dengan begitu, kamu hanya akan membeli makanan-makanan sehat yang memang bermanfaat bagi tubuh.
Hipwee pernah menulis artikel mengenai cara mengontrol rasa laparmu.

6. Jangan Buang-Buang Waktu, Manfaatkan Waktumu untuk Membaca

perbanyak membaca
perbanyak membaca via youqueen.com

Seberapa sering kamu menghabiskan waktu untuk tidur-tiduran di kamar atau sekedar melamun? Apakah kamu tidak merasa rugi ketika waktu luangmu terbuang percuma begitu saja?
Kalau ubuh manusia memang butuh olahraga supaya tetap bugar, otak juga perlu dilatih agar tetap prima. Nah, salah satu cara untuk melatih kerja otak adalah dengan rutin membaca setiap harinya. Membaca membuat otakmu selalu bekerja sehingga kemampuan otak tidak akan melemah.

7. Berhenti Membohongi Diri Sendiri, Katakan ‘Tidak’ Kalau Kamu Memang Nggak Mau

jangan takut berkata 'tidak'
jangan takut berkata ‘tidak’ via www.inspiredhealthcoaching.com

Kadang, kita sulit berkata ‘tidak’ pada hal-hal yang sebenarnya tidak diinginkan. Alasannya, kita tidak ingin mengecewakan atau membuat orang lain merasa sedih. Tapi, bukankah itu berarti kamu sedang membohongi dirimu sendiri? Bukankah apa yang kamu katakan sebenarnya tidak sesuai dengan kata hatimu?
Sekalipun sulit, kamu berhak kok mengatakan apa yang kamu inginkan. Tidak ada salahnya menolak ajakan atau permintaan teman saat kamu memang tidak bisa melakukannya. Ketika kamu merasa tidak mampu mengerjakan tugas dari bos-mu sekalipun, kamu juga berhak menolak. Cara inilah yang akan membebaskanmu dari tekanan hidup dan kemungkinan menderita stres.

8. Seharusnya, Kamu Tidak Boleh Terlalu Tergantung Pada Gadgets-mu

kontrol ketergantunganmu pada gadgets
kontrol ketergantunganmu pada gadgets via www.jendelatekno.com

Kemajuan teknologi membuat semakin banyak orang yang tergantung dengan gadgets mereka. Ketika duduk, berjalan kaki, bahkan menyetir; seperti tidak rela melepaskan gadgets sebentar saja. Padahal, sudah berapa banyak kecelakaan yang disebabkan karena kebiasaan buruk yang satu ini?
Kini saatnya kamu mulai mengontrol diri dan memperhatikan kepentingan orang lain. Setiap orang punya kepentingan yang seharusnya dihormati. Jangan sampai kebiasaan mengutak-utik gadgets membuatmu bertumbuh jadi orang yang acuh pada sekitarmu. Bahkan, hal yang kamu anggap sepele ini bisa berakibat fatal pada keselamatan orang lain.

9. Jangan Malas Sarapan, Produktivitasmu Ditentukan oleh Kebiasaan Sederhana Ini

Sarapan adalah asupan makanan yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, ketika bangun tidur, tubuh kita sedang dalam kondisi kurang energi dan cairan. Ketika memilih untuk tidak sarapan berarti tubuh tidak mendapat asupan energi sebagai modal beraktivitas. Akibatnya, produktivitas di pagi hari pun akan menurun.
Sebaiknya, konsumsi makanan yang kaya protein dan minum cukup air putih supaya bisa melewati hari kerjamu dengan maksimal.

10. Akan Lebih Baik Jika Kamu Bisa Bergaul dengan Teman Yang Memberi Pengaruh Positif

pilih teman yang memberi pengaruh positif
pilih teman yang memberi pengaruh positif via www.glogster.com

Teman yang membawa pengaruh negatif sebenarnya sangat berbahaya. Misalnya, jika temanmu suka membicarakan kejelekan orang lain atau mengeluh tentang kehidupannya. Sikap-sikap seperti inilah yang bisa menularkan energi negatif ke dalam dirimu. Akibatnya, kamu pun bisa merasa putus asa dan tidak mensyukuri hidup.
Cobalah untuk bergaul dengan orang-orang yang sudah berhasil menjalani hidupnya. Teman yang bisa menyikapi problematika hidup secara dewasa. Teman yang akan membantumu saat kesusahan dan mendukung cita-citamu. Seorang teman yang mengerti kapan dirinya harus bersenang-senang dan bersikap serius.

11. Uang Bukan Segalanya,  Masih Banyak Hal Lain Yang Jauh Lebih Berharga

kekayaan bukan cuma soal uang
kekayaan bukan cuma soal uang via www.tattoodonkey.com

Masih banyak orang yang mengaitkan ukuran kebahagiaan dengan materi. Seberapa banyak uang yang kamu punya menentukan seberapa bahagia hidupmu.
Namun, anggapan ini tentu tidak sepenuhnya benar. Memandang materi dengan ‘buta’ justru bisa membuatmu merasa stres. Kamu mungkin akan ketakutan ketika sadar bahwa tabungan masa depanmu belum cukup banyak. Kamu juga bisa menganggap bahwa kualitas hidupmu tidak lebih baik dari teman-temanmu.
Tapi, bukankah kekayaan seharusnya bukan semata-mata soal materi? Bukankah kamu bisa punya ‘kekayaan’ dalam bentuk lain? Hubungan baik dengan orang-orang terdekat, rasa bahagia dan kesehatan misalnya?

12. Berhenti Mengeluh, Kamu Bisa Selalu Lebih Bersyukur Atas Kebaikan yang Kamu Peroleh

syukuri hidupmu
syukuri hidupmu via examinedexistence.com

Ketika kamu merasa bahwa hidupmu tidak cukup memuaskan, kamu punya dua pilihan untuk menghadapinya: mengeluh atau mensyukuri apa yang telah kamu dapatkan. Pertanyaannya, apakah mengeluh bisa jadi solusi bagi semua permasalahanmu?
Hanya mengeluh tidak akan membawamu kemana-mana. Lebih baik diam, berterima kasih atas hal yang telah kamu dapatkan, dan kembali berusaha untuk memberikan yang terbaik.
Percayalah bahwa apa yang bisa kamu raih sampai saat ini adalah hasil kemurahan Tuhan. Diluar sana, masih banyak orang yang rela menukar apapun demi bisa menjalani kehidupan seperti hari-harimu saat ini.

13. Jangan Ragu untuk Minta Tolong, Selayaknya Manusia Bisa Saling Membantu

hidup harusnya saling membantu
hidup harusnya saling membantu via bestjobs.salina-siu.com

Manusia terlahir dengan rasa peduli terhadap orang-orang di sekitarnya. Ketika suatu saat kamu butuh bantuan, jangan pernah merasa ragu atau enggan untuk minta tolong pada orang lain.
Meminta tolong tidak akan membuatmu terlihat lemah di hadapan orang lain, justru cara ini menunjukkan bahwa kamu mawas diri atas keterbatasanmu.

14. Jangan Merasa Jumawa, Kamu Harus Tetap Merasa Bodoh untuk Jadi Lebih Pintar

hhhh
stay hungry, stay foolish via lukeboote.com

Manusia mungkin akan merasa mudah puas setelah berhasil membuat pencapaian dalam hidupnya. Padahal, sikap mudah puas ini justru bisa berakibat buruk lantaran memungkinkan seseorang cenderung malas belajar dan berusaha pasca merasa sudah berhasil.
Jadi, apapun pencapaianmu saat ini tetaplah berusaha untuk bersikap rendah hati. Sadarilah bahwa masih banyak orang yang jauh lebih hebat dari kamu. Sedikit saja kamu lengah, orang-orang akan bersaing untuk menggantikan posisimu.
Kuncinya, teruslah merasa ‘bodoh’ agar kamu tidak bosan-bosan untuk belajar.

Nah, sudahkah kamu siap untuk berubah mulai hari ini?


Sumber : 
http://www.hipwee.com
http://www.lifehack.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI