Google+ Followers

Jumat, 19 Juni 2015

Tips mengajarkan anak untuk berpuasa

Tips mengajarkan anak untuk berpuasa
Ilustrasi ibu dan anak. ©Shutterstock/Subbotina Anna
 
Merdeka.com - Anak kecil memang tidak wajib menjalankan ibadah puasa. Namun Anda bisa mengajari mereka sejak dini. Simak tips tentang mengajarkan anak untuk berpuasa selengkapnya seperti yang dilansir dari Amuslima berikut ini.
  • Ciptakan suasana yang menyenangkan dan hidangkan makanan yang lezat ketika sahur untuk menghadapi anak yang mengantuk dan susah bangun.
  • Siapkan makanan kesukaan anak, tentu saja makanan tersebut tetap harus bernutrisi tinggi.
  • Tambah asupan serat dan protein agar anak bisa menahan lapar dan merasa kenyang lebih lama.
  • Jika di siang hari anak mengeluh lapar dan tidak bisa menahannya lagi, biarkan mereka berbuka namun harus menahan lapar lagi sampai waktu berbuka sebenarnya tiba. Puasa setengah hari adalah latihan yang paling umum bagi anak untuk belajar menahan lapar.
  • Ketika berbuka, berikan makanan yang manis seperti teh, susu, atau jus buah agar bisa lekas dicerna dan memberikan energi bagi anak. Minuman tersebut pun disarankan disajikan hangat dan tidak dingin.
  • Berikan motivasi berupa penghargaan bagi anak jika mereka mampu berpuasa penuh satu hari.
  • Jangan biarkan anak makan dalam porsi besar ketika berbuka. Selain kurang baik bagi kesehatan, makan berlebihan saat berbuka juga bisa membuat anak trauma untuk berpuasa.

Demikian berbagai tips mengajarkan anak untuk berpuasa. Apakah Anda punya trik lain agar anak mau ikut puasa di bulan Ramadan?

Sumber : Merdeka.com
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI