Google+ Followers

Senin, 29 Juni 2015

Tips Membaca Buku Secara Efektif




Gemintang.com – Seorang penulis puisi terkenal asal Amerika, Ralph Waldo Emerson pernah berkata, jika kamu bertemu dengan orang-0rang cerdas, tanyalah buku apa saja yang sudah pernah ia baca. Ya, selain menjadi jendela dunia, buku merupakan gudang ilmu yang sangat berharga. Membaca buku memberi kita banyak manfaat. Tapi ternyata, belum semua orang tahu bagaimana cara membaca buku secara efektif.
Membaca buku secara efektif sangat penting, sebab manfaat yang bisa didapat sangat besar. Selain metode SQ3R: survey, question, read, recite, review, dan metode seperti scanning dan skimming, masih ada banyak metode menarik yang bisa kamu gunakan untuk membaca buku secara efektif. Seperti apa caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga : 5 Fakta Menulis Baik Bagi Kesehatan Anda
1. Memilih topik bacaan
Ada beberapa orang yang tidak melanjutkan bacaan yang sedang ia baca karena di tengah-tengah kegiatan membaca ia merasa topik bacaan tersebut tidak menarik baginya. Hal ini tentu sangat berpengaruh dalam kegiatan membaca efektif. Pilihlah topik bacaan yang menarik, yang menggugahmu untuk menyelesaikan bacaan tersebut sampai tuntas.
2. Baca secara detail
Jangan malas untuk membaca bagian sampul belakang buku dan daftar isi serta pengantar maupun abstraknya. Karena dari sinilah kamu akan dituntun menuju bacaan pokok. Cermati isi bacaan lalu cobalah menghubungkan ide-ide yang terkait, pertimbangkan berbagai sudut pandang, jangan lupa juga untuk mengetahui prinsip-prinsip atau kunci dari bacaan yang kamu baca. Dan yang terpenting, hantarkan pengetahuan dari bacaan tersebut ke dalam pikiranmu.
3. Pintar memilih waktu
Waktu yang tepat dalam membaca buku merupakan salah satu kunci sukses dalam membaca efektif. Kita tidak dapat membaca buku dengan waktu yang serampangan. Sebisa mungkin jangan biarkan dirimu menunda buku yang sedang kamu baca, karna hal itu dapat mengurangi bobot pemahaman dan memotong pikiran untuk memahami isinya.
Ada orang yang memlih waktu membaca di malam hari, karna baginya saat itu merupakan saat yang paling tenang untuk melakukan kegiatan tersebut. Ada juga yang melakukannya di tengah-tengah perjalanan jauh atau saat sore hari sambil bersantai minum teh. Hal tersebut kembali lagi pada diri kamu masing-masing, Sobat.
4. Membaca kontemplatif
Jangan biarkan buku yang telah kamu baca terlihat mulus begitu saja apalagi sampai lupa dengan isinya. Saat membaca buku, peganglah pensil atau pulpen untuk menandai bagian mana yang menurut kamu kurang dimengerti atau yang kamu anggap kurang menarik. Kemudian tandai, lingkari atau kasih komentar.
Hal tersebut dapat melatih kecerdasan pikiranmu. Kamu juga dapat memberi catatan kecil di setiap bacaan yang kamu tidak suka atau tidak sependapat dan sebagainya.
5. Mind Mapping
Buatlah garis besar isi buku setelah kamu selesai membaca. Hal ini akan memudahkanmu untuk memahami lebih dalam apa yang baru saja kamu baca.
Bagaimana? cara-cara di atas mudah, bukan?
(rut/rut)

Baca juga :
Sumber : http://gemintang.com/kisah-sukses-motivasi-inspirasi/tips-membaca-buku-secara-efektif/
foto: theguardian.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI