Google+ Followers

Sabtu, 27 Juni 2015

Tips dan Teknik Menulis – Bagaimana Memulai Menulis?

Oleh
Bagaimana memulai menulis 

Tips dan Teknik Menulis  (Bagaimana Memulai Menulis?) – Sebelum saya menunjukkan kepada Anda langkah-langkah sederhana memulai aktivitas menulis, ada baiknya saya bahas terlebih dahulu penyebab mengapa kita cenderung sulit untuk memulai menulis. Hal ini penting supaya Anda tahu dan bisa memulai aktivitas menulis tanpa halangan yang berarti.

Berdasarkan hasil pengamatan dan apa yang sudah saya alami, pada umumnya ada tiga penyebab mengapa kita sulit menulis: cara pandang dan keyakinan yang salah tentang menulis, tidak tahu menulis tentang apa, dan merasa tidak bisa menulis dengan baik

Baca juga : Hal-Hal yang Dibutuhkan dalam Menulis Fiksi

1. Cara pandang dan keyakinan yang salah tentang menulis
Menulis membutuhkan bakat, menulis itu sulit, menulis membutuhkan keahlian yang harus dipelajari lebih dulu. Kira-kira itulah beberapa alasan yang paling sering diungkapkan oleh teman-teman yang merasa sulit untuk menulis. Dan kebanyakan dari kita tidak sadar kalau hal itu telah menjadikan keyakinan dan cara pandang kita menjadi salah. Dampaknya kita tidak akan pernah action dan tidak akan pernah bisa menulis.

2. Tidak tahu menulis tentang apa
Ini adalah penyebab kedua yang sering juga kita alami saat memulai aktivitas menulis. Kita merasa bahwa diri kita tidak memiliki wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang bisa dituliskan. Meskipun sebenarnya kita memiliki itu semua, tapi karena kita kurang peka terhadap diri kita sendiri maka ide yang sebenarnya banyak terasa tidak ada.

3. Merasa tidak bisa menulis dengan baik
Alasan ketiga yang juga menjadi penyebab kenapa sulit memulai menulis adalah merasa tidak bisa menulis dengan baik. Ini adalah perasaan, bukan fakta yang sesungguhnya. Alasan ini sekilas masuk akal, karena kita menyadari diri kita sebagai pemula. Jadi kita menganggap, karena pemula pasti tulisan kita tidak akan bagus. Padahal perasaan itu tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya bagus dan tidaknya tulisan akan ketahuan ketika kita sudah menulis dan ketika tulisan yang kita buat sudah kita publikasikan untuk dibaca orang lain.
Itulah tiga penyebab umum yang menjadi hambatan bagi kita untuk menulis.  Jadi langkah terbaik untuk bisa mulai menulis, hilangkan dulu semua pikiran dan perasaan tersebut dalam diri Anda. Jika ini sudah bisa Anda lakukan dengan baik, maka langkah Anda untuk bisa memulai menulis akan menjadi mudah.
4 Langkah Bagaimana Memulai Menulis

Setelah Anda bisa mengelola pikiran dan perasaan Anda, langkah selanjutnya adalah memulai untuk menulis.
Ada empat langkah sederhana yang perlu Anda lakukan.

1. Temukan alasan mengapa Anda menulis
Dalam berbagai aktivitas memiliki alasan yang kuat adalah modal penting dalam memperkuat motivasi untuk melaksanakan aktivitas dengan maksimal. Tanpa alasan orang akan mudah loyo, mudah menyerah bahkan berhenti ditengah jalan.

Untuk itu sebelum menulis pikirkan betul mengapa Anda menulis. Temukan alasan yang paling masuk akal, supaya Anda terus terdoring untuk melakukannya.
  • Apakah Anda ingin menjadi penulis profesional?
  • Apakah Anda ingin mendapatkan uang?
  • Apakah Anda ingin terkenal?
  • Apakah Anda ingin membantu orang?
  • Apakah Anda ingin punya blog yang kuat? atau yang lain.
Apapun alasan Anda menulis, percayalah ini adalah modal dalam mengawali aktivitas menulis. Jika Anda gagal mencari alasan yang kuat untuk menulis, maka besar kemungkinan Anda akan terus sulit menulis. Mengapa demikian? karena di dalam diri Anda tidak akan pernah muncul dorongan untuk serius melakukannya.
2. Tulis tentang topik yang Anda suka, Anda tahu dan Anda kuasai
Supaya memulai menulis lebih mudah langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah menulis tentang sesuatu yang Anda suka, Anda ketahui dan Anda kuasai. Jangan pernah menulis sesuatu yang tidak Anda tahu, ini jelas akan menyulitkan Anda. bahkan bisa jadi Anda akan semakin malas untuk menulis. Jika Anda merasa belum memiliki keahlian tertentu, maka tulis saja apa yang Anda lakukan, apa yang Anda rasakan, atau apa yang ada di sekitar Anda. Ingat, tujuan utama di sini adalah untuk memudahkan Anda dalam menulis. Meskipun di dalam hati Anda ingin menulis sesuatu yang lain, tapi jika itu belum Anda kuasai betul, ini akan menyulitkan. Dan jangan Anda lakukan.

Menulis itu adalah sesuatu yang menyenangkan jadi jangan pernah Anda jadikan aktivitas menulis itu sebagai beban. Jika Anda bisa melakukan ini dengan baik, lama-kelamamaan Anda akan bisa menulis, akan terampil menulis, bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa menulis buku, novel atau karya yang bermanfaat untuk orang lain.

3. Buang semua teori tentang menulis saat Anda menulis
Buang jauh-jauh semua teori menulis saat Anda menulis. Bebaskan diri Anda untuk berkreasi dan jadilah diri sendiri.

Bukankah teori itu penting? Ya itu benar. Tapi jika saat Anda menulis pikiran Anda dipenuhi dengan aturan-aturan dan teori-teori kepenulisan, maka itu akan menghambat Anda. Logikanya begini, jika Anda terlalu memikirkan tentang teori menulis yang baik saat menulis, maka ada kecenderungan Anda akan memvonis tulisan Anda sendiri. Selain itu Anda akan kehilangan fokus sehingga tulisan yang harusnya selesai malah terbengkalai. Ingat, yang dibutuhkan untuk menulis itu adalah ide yang ada di kepala Anda dan tangan untuk menuangkan ide tersebut.

Lantas, apakah saya tidak perlu teori? Tentu saja perlu hanya saja itu bisa Anda pelajari di saat Anda tidak menulis dan bisa Anda lakukan sambil jalan.

4. Lakukan latihan
Saya sudah melakukan langkah 1, 2 dan 3 tapi saya tetap sulit menulis. Apa yang akan saya tulis sudah ada di kepala tapi ketika mau dituangkan saya masih bingung. Lantas saya harus bagaimana?

Baca juga :
7 Rahasia Menulis Cerpen Romantis bagi Pemula

Saya bisa memahami hal itu, tapi tenang saja itu semua ada solusinya. Caranya, berlatihlah menulis dengan rutin. Anda bisa meniru tulisan orang lain yang menurut Anda bagus dan sesuai dengan topik Anda. Di sini tujuan Anda bukan untuk mengcopy paste tulisan, tapi Anda belajar bagaimana menyusun struktur tulisan atau gaya bahasa yang digunakan penulis lain. Selain itu Anda juga harus menikmati prosesnya dan jangan terjebak untuk menilai tulisan yang Sudah Anda selesaikan. Lakukan hal ini secara rutin tiap hari. Setelah beberapa hari Anda melakukannya. Silahkan coba menulis sendiri tanpa meniru tulisan orang lain. Saya yakin  jika Anda sungguh-sungguh dalam latihan, Anda pastinya sudah bisa menulis.

Sumber : http://bloggercilacap.com/tips-dan-teknik-menulis-bagaimana-memulai-menulis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI