Google+ Followers

Jumat, 19 Juni 2015

Sehat murah meriah dengan kolang kaling


Bulan suci Ramadhan memang identik dengan kolak, kolang kaling, dan es buah. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda disebut glibbertjes ini, berasal dari pohon Aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.

Untuk membuat kolang-kaling, buah aren harus dibakar sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Kemudian biji itu direndam dengan larutan kapur.

Selain dapat dikombinasikan dengan makanan apapun, buah berbentuk lonjong dan kenyal ini ternyata cukup berkhasiat. Tak heran, sebagai campuran kolak dan es campur, kolang kaling menjadi salah satu menu yang dicari, terutama selama bulan puasa.

Inilah 5 khasiat kolang kaling yang luar biasa bagi kesehatan kita :

Obat radang sendi
Tak banyak yang mengetahui kalau kolang kaling kerap dijadikan obat penyakit radang sendi. Itu karena pada kolang kaling memiliki kandungan zat galaktomanan, Yang berguna untuk meredakan penyakit radang sendi pada organ tubuh kita.

Hanya mengkonsumsi kolang kaling 100 gram/hari, maka hal tersebut sangat berguna bagi yang mengalami penyakit ini dan juga secara tak sadar berada dalam proses penyembuhan.

Memperkuat tulang
Seperti halnya kalsium yang terdapat [ada susu, kolang kaling ternyata juga dapat menjaga tulang dengan baik. Kolang kaling juga mampu membuat umur tulang lebih lama dan terhindar dari osteoporosis atau kerapuhan pada tulang.

Karena kandungan kalsium pada kolang kaling bisa memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Kolang kaling pun da[pat dijadikan sebagai pengganti susu dengan mengkonsumsinya sebanyak 100 gram/hari.

Melancarkan pencernaan
Banyak mengandung serat, kolang kaling juga dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, sehingga motabolisme dalam tubuh tetap stabil. Dengan menkonsumsi kolang kaling secara rutin dalam sehari, maka kita tak akan lagi merasakan masalah dalam pencernaan.

Obat gatal-gatal
Gatal-gatal? ternyata getah kolang kaling juga mampu menetralisir bakteri dan kuman penyebab gatal. Getah tersebut didapatkan sebelum proses pembakaran kolang kaling.

Pas untuk diet
Siapa sangka kalau kolang kaling juga membantu kita melakukan dalam program diet. Kandungan gelatin yang terdapat pada kolang kaling ternyata memiliki efek kenyang. Hal ini ternyata cukup ampuh dalam mengontrol nafsu makan kita.

Selain murah meriah, kolang kaling pun mulai didapat di pasar-pasar tradisional dan supermarket. Untuk sehat itu murah kok, asal tau caranya.


Buah aren sebelum di proses menjadi kolang kaling.
Kolang kaling yang telah selesai di proses.
 
Segarnya es kolang kaling.
 
Sumber : https://www.lintas.me/lifestyle/other/editor/sehat-murah-meriah-dengan-kolang-kaling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI