Google+ Followers

Selasa, 16 Juni 2015

Rencanakan makanan sehat selama bulan Ramadan


Merdeka.com - Selama bulan Ramadan, makanan dan minuman hanya masuk ke tubuh pada saat sahur dan buka puasa. Makanan seimbang untuk bulan Ramadan sangat diperlukan untuk menjaga asupan gizi yang masuk ke tubuh. Makanan yang tidak seimbang dapat menyebabkan badan terasa lemas dan lesu ketika berpuasa.
Ide-ide makanan yang bervariasi dibutuhkan ketika bulan Ramadan agar tidak bosan. Tentunya, makanan tetap harus seimbang dan bergizi. Berikut beberapa menu makanan dan minuman seimbang selama bulan Ramadan yang dilansir dari nhs.uk. Menu-menu makanan ini telah dikonsultasikan dengan ulama Islam.
Beberapa orang malas makan ketika sahur karena perut belum siap menerima banyak makanan. Beberapa makanan pengganti saat sahur bisa menggunakan bubur dengan susu, sereal, roti panggang atau roti tawar, dan kacang-kacangan. Panggangan roti isi keju atau selai dapat pula dibuat untuk makan sahur. Bisa juga ditambah dengan beberapa buah-buahan seperti buah apel, pir, atau pisang.
Sedangkan makanan berbuka puasa cenderung makanan berat dan berlemak. Makan yang berlebihan ketika berbuka puasa tidak baik, karena dapat menyebabkan lambung tidak sehat.
Alternatif makanannya adalah nasi dengan lauk ayam, sayur kari dan campuran salad, dan kari ikan dengan nasi diikuti bihun manis. Untuk yang suka makanan panggang, ikan panggang dengan sayuran yang direbus juga dapat menjadi solusi nikmat. Pasta yang dimasak dengan sayuran dan ayam atau ikan dapat pula menjadi pilihan.
Itulah beberapa makanan sehat sebagai alternatif selama bulan Ramadan. Siap untuk berpuasa?
[lar]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI