Google+ Followers

Kamis, 18 Juni 2015

Mengabadikan Keseharian dalam Tulisan

Bukan rahasia lagi, belakangan tak sedikit buku yang isinya catatan-catatan kecil perjalanan hidup penulisnya yang diramu dalam berbagai jenis tulisan hadir memenuhi rak-rak buku. Ada yang konyol bin ngeselin, ada yang bikin mehek-mehek, ada juga yang menceritakan perjalanan suksesnya meraih impian, sukses dalam berbisnis, sukses dalam pendidikan, bahkan sukses dalam jomblo. Eh!

Baca juga :
Kebiasaan penulis yang paling nyebelin versi LovRinz
Laki laki akan selalu mengencani kunang kunang
dua kata ajaib yang dapat membuat anda menjadi penulis hebat

Ya, awalnya tulisan-tulisan seperti itu dimuat dalam media online, seperti blog, catatan atau status FB dan lain sebagainya. Karena kebanyakan tulisan seperti itu sudah punya tempat khusus di hati pembaca, dan biasanya pula didorong-dorong untuk diabadikan dalam bentuk buku, akhirnya malah penulis yang tadinya hanya 'iseng' mencatat hari-harinya malah jadi sukses. Sebut saja Raditya Dika yang memulai dari blog. Sekarang? Tak usah diragukan lagi, Raditya punya tempat khusus di hati pembaca.

Kalau Raditya Dika saja bisa, tentu kita-kita juga bisa. *Ah, apakah nanti tulisan saya di blog ini juga bisa dibukukan satu hari nanti? Semoga saja. Bolehlah saya bermimpi.

Membiasakan diri menulis, minimal kisah-kisah keseharian, sangat membantu melatih kosa kata dan keluwesan kita dalam menulis. Gak usah jauh-jauh mikir diksi, metafora dan apalah itu. Menulislah dengan bahasa sehari-hari saja dulu. Sampaikan ceritamu. Berusahalah membuat orang yang buta bisa ikut melihat dari cerita yang kau tulis walau mereka tak membaca.

Yang punya kebiasaan menulis diary patut berbangga diri. Keren loh, di tengah rutinitas kerjaan dan seabrek aktivitas lainnya masih sempat menulis buku harian walau hanya selembar. Nah, yang masih suka menulis asal-asalan, coba deh utnuk lebih terarah. Misalnya menulis kisah inspirasi dan motivasi minimal dari kejadian-kejadian sekitar. Bisa diri sendiri atau kejadian yang dialami orang lain. Belajar meramu dan meracik ide dengan kreatif. Motivasi satu dengan yang lainnya tentu tak jauh berbeda, tinggal bagaimana kita menuliskannya itu yang penting. Jadikanlah tulisan sederhanamu magnet yang akan menarik pembaca untuk selalu menunggu dan menunggu tulisanmu.

Sudah menulis apa hari ini?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI