Google+ Followers

Kamis, 18 Juni 2015

Mempercantik Pekarangan Rumah dengan Tanaman Obat

Tanaman apa yang ada di pekarangan rumah kamu? Kebanyakan dari kita menanam tanaman yang indah dan memiliki harga yang cukup mahal. Namun, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk menanam tanaman herbal di pekarangan rumah. Selain tanaman herbal tidak kalah cantik dengan tanaman hias, tanaman herbal ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mungkin, beberapa tanaman herbal dibawah ini bisa menjadi inspirasi kamu untuk menanam di pekarangan rumah dan bisa menjadi apotek hidup di rumah.

1. Lidah Buaya
killvingeraniumgoblog.wordpress.com
killvingeraniumgoblog.wordpress.com

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman herbal yang paling banyak ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan mudah perwatannya. Lidah buaya hanya membutuhkan tanah yang lembab dan penyinaran matahari yang cukup untuk dapat tumbuh. Fungsi dari lidah buaya adalah sebagai tanaman hias, obat dan kecantikan. Sejak jaman dulu, lidah buaya digunakan untuk bahan merawat kecantikan putri raja.
Sebagai obat, tanaman lidah buaya memiliki fungsi, yaitu memperlambat tumbuhnya virus HIV, membunuh kuman, memperbaiki sistem pencernaan, dan menghilangkan rasa sakit pada luka luar. Sedangkan sebagai kecantikan, lidah buaya berfungsi untuk merangsang tumbuhnya sel-sel kulit, menghilangkan jerawat, melembabkan dan menghaluskan kulit, mengatasi radang kulit, menjaga kesuburan kulit, dan menjaga kelembaban rambut.

2. Temulawak
wikimedia.org
wikimedia.org

Temulawak merupakan tanaman yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya, temulawak diolah menjadi jamu. Karena temulawak ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, antara lain: menambah nafsu makan, menghilangkan flek hitam pada wajah, menurunkan kolesterol dalam darah, memperlancar ASI, mengobati penyakit pada hati, dan menyehatkan hati.

3. Kunyit
jurnalasia.com
jurnalasia.com

Tanaman kunyit merupakan tanaman yang mempunyai banyak fungsi dan manfaat. Tanaman kunyit memiliki fungsi sebagai tanaman hias dan tanaman obat. Sedangkan, manfaat dari tanaman ini adalah sebagai obat dan sebagai kecantikan.
Sebagai kesehatan, kunyit bermanfaat untuk memperlambat penyebaran dan pertumbuhan tumor, menyembuhkan luka luar, meringankan rematik, memperlancar pencernaan, menyembuhkan penyakit kulit seperti koreng dan gatal-gatal, perut mulas saat haid, amandel, sakit keputihan, usus buntu, memperlancar ASI, diabetes melitus, tifus, dan sebagainya. Sedangkan sebagai kecantikan, kunyit bermanfaat untuk menghaluskan kulit.

4. Kemangi
wikimedia.org
wikimedia.org

Banyak orang yang sudah menanam tanaman kemangi di pekarangan rumahnya. Namun, tanaman ini biasanya hanya digunakan untuk lalapan saja. Padahal, kemangi ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, antara lain: meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan perut kembung, menyembuhkan sakit perut, dan menghilangkan bau badan.

Baca Juga :
12 Tanaman yang dapat mengharumkan kamar tidurmu

5. Cocor Bebek
flickr.com
flickr.com

Tanaman cocor bebek merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan air. Selain itu, tanaman ini juga terlihat sangat indah dan sangat cocok jika kita tanam di pekarangan rumah. Oleh karena itu, banyak orang yang menanam tanaman ini. Namun, tanaman ini hanya digunakan sebagai penghias pekarangan saja. Padahal, cocor bebek juga memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, di antaranya adalah obat penurun panas, anti asma, ambeien, dan sebagai antibiotik.

6. Daun Dewa
wikimedia.org
wikimedia.org

Daun dewa diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena daun dewa memiliki kandungan minyak atsiri, daponin, dan sebagainya. Manfaat dari daun dewa adalah mengobati luka memar, mencegah stroke, mengobati penyakit stroke, dan menurunkan darah tinggi.

7. Belimbing Wuluh
profilherbal.blogspot.com
profilherbal.blogspot.com

Belimbing wuluh ini memiliki buah yang rasanya asam dan biasanya digunakan untuk bahan masakan. Namun, tanaman yang berasal dari Amerika ini sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat. Penyakit yang bisa diobati melalui belimbing wuluh ini adalah memperbaiki fungsi pencernaan, sariawan, gondongan, rematik, sakit gigi berlubang, kelumpuhan, radang rektum, tekanan darah tinggi, gusi berdarah, jerawat, perut sakit, batuk, dan panu.

Sumber : http://www.satujam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI