Google+ Followers

Senin, 29 Juni 2015

Kunci Menjadi Manusia Kreatif


Pesona Refleksi
Kreativitas seringkali dikaitkan dengan seni, karena seni merupakan media yang memberi banyak ruang untuk mengasah kreativitas. Padahal, sebenarnya kreativitas bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk. Misalnya lewat ilmu pengetahuan, teknologi, karya kreatif lain yang bersifat fungsional, bahkan lewat bisnis. Anda pun bisa menjadi menjadi kreatif meskipun bukan seorang seniman. Berikut ini 4 kunci menjadi kreatif:

Baca juga : 
Hal-Hal yang Dibutuhkan dalam Menulis Fiksi 

 1. Bebaskan pikiran dari segala batasan yang ada.
Ubah kekurangan atau kelemahan menjadi peluang untuk menciptakan hal baru. Singkirkan segala keraguan dan biarkan ide-ide Anda mengalir tanpa menilai baik buruknya atau memikirkan pendapat orang lain.

2. Berani tampil beda.
Berani keluar dari zona nyaman dan berpikir atau melakukan sesuatu di luar kebiasaan. Menurut teori de Bono, 'seseorang tidak dapat menggali lubang di tempat yang berbeda dengan cara yang sama'.  Maksudnya, kita tidak akan menemukan hal yang baru jika masih berada pada cara pemikiran yang sama. Buatlah tantangan kecil untuk melakukan hal yang berbeda setiap harinya. Tak usah peduli hasilnya, yang penting Anda merasa puas dan happy.

3. Bermain dan bersenang-senanglah.
Di saat dewasa, kita lebih sering terpaku pada rutinitas dan kerja sehingga kreativitas mandeg. Untuk itu, isilah waktu luang Anda dengan melakukan berbagai kegiatan baru yang menyenangkan. Ingatlah hal-hal yang sering Anda lakukan ketika masa kecil, misalnya melukis atau naik sepeda bersama teman-teman. Bermainlah bersama anak Anda. Dalam kondisi yang relaks, Anda akan lebih bersemangat untuk menciptakan ide-ide baru atau mencari solusi kreatif untuk masalah Anda.

4. Lepaskan beban.
Kreativitas tidak dapat diciptakan saat pikiran Anda ‘penuh’. Ciptakan zona hening untuk 'mengosongkan' pikiran. Tidak harus dengan meditasi, cukup luangkan waktu sejenak untuk duduk diam dan menarik napas dalam-dalam. Mematikan ponsel, laptop, dan semua akses komunikasi lainnya. Dalam kondisi pikiran 'kosong', biasanya imajinasi dan kreativitas bisa mengalir lebih lancar.

Shinta Kusuma
 
Sumber : http://www.pesona.co.id/refleksi/refleksi/kunci.menjadi.manusia.kreatif/001/001/146

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI