Google+ Followers

Rabu, 17 Juni 2015

Heryawan: Ramadan itu Tingkatkan Sedekah Bukan Belanja

Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan anggaran sedekah selama bulan Ramadan, bukan malah meningkatkan anggaran belanja konsumtif. Dengan hal itu menurutnya akan membantu sesama yang membutuhkan sekaligus menekan harga-harga kebutuhan.

"Ramadan itu adalah kebersamaan dan kepedulian dengan fakir miskin. Saya berharap bentuknya di antaranya dengan meningkatkan anggaran sedekah. Banyak di antara kita ini yang tidak beruntung," ujar Heryawan saat ditanya soal makna Ramadan oleh wartawan.

Namun selama ini, menurutnya malah terbalik. Anggaran belanja konsumtif meningkat.

"Pola yang harus diubah itu, selama Ramadan anggaran sedekah meningkat. Belanja konsumsi biasa saja seperti hari-hari biasa," katanya.

Heryawan mengaku berusaha supaya tidak ada perubahan pola belanja selama Ramadan.

"Saya berusaha sekuat tenaga menekan diri sendiri supaya biasa, tidak ada perubahan di Ramadan. Tidak ada perubahan konsumsi. Kalau begini, maka tidak akan ada gejolak harga di lapangan, karena orang biasa saja. Tidak banyak yang borong. Padahal mah biasa saja kaya hari-hati biasa belanjanya. Sementara kan ini mah sebelum puasa belanja banyak akhirnya yang rugi konsumen, masyarakat juga," tuturnya.

Makna puasa lainnya bagi Heryawan adalah menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, sehingga membuat seseorang tidak akan melakukan penyimpangan.

"Kalau moralnya bagus dan merasa dilihat Allah dalam kesehariannya akibat Ramadan maka orang tidak mau menyimpang," jelasnya.

Makna lainnya yaitu kesehatan diri di mana dengan berpuasa, di mana perut menahan rasa lapar dan haus akan ada titik di mana muncul kekuatan besar.

"Makanya banyak peristiwa besar yang terjadi saat Ramadan, padahal itu sedang berpuasa," katanya.


(tya/ern)

Sumber : http://news.detik.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI