Google+ Followers

Kamis, 18 Juni 2015

Daur Ulang Kertas Bekas Yuk! Jangan Sampai Buku-Buku Bekas Cuma Jadi Sampah

Liburan kenaikan kelas sudah di depan mata, berarti sudah waktunya kita membereskan meja belajar dan menurunkan buku-buku yang dipakai di tahun ajaran kemarin. Kalau buku-buku pelajaran bisa disimpan dan disumbangkan ke tempat yang membutuhkan, lalu bagaimana dengan buku tulis yang sudah terisi catatan pelajaran? Kita bisa menyimpannya untuk belajar lagi, menggunakan kembali kertas-kertasnya atau mendaurulangnya bersama koran dan kertas bekas lainnya. Dari daur ulang ini kita bisa bikin bermacam barang termasuk souvenir cantik yang ramah lingkungan. Langsung aja deh cek cara daur ulang kertas bekas dibawah ini.
Kali ini kita akan mendaur ulang kertas bekas menjadi patung dan pernak-pernik lainnya seperti gantungan kunci dan hiasan melalui teknik cetak atau membentuknya selayaknya tanah liat. Daripada dibuang percuma lebih baik kita manfaatkan kembali.


Bahan dan barang yang dibutuhkan :
  • Kertas bekas dari koran ataupun buku bekas
  • Lem kanji (kita bisa membuatnya sendiri lho)
  • Cat
  • Air
  • Blender
  • Cetakan kue
Cara pembuatan
1. Ubah kertas bekas yang ada menjadi bubur kertas. Rendam kertas dengan air terlebih dahulu supaya lebih gampang saat dihaluskan. Ajak teman-teman untuk membantu menghancurkan kertasnya atau bisa juga menggunakan blender.


2. Campurkan lem kanji dan bubur kertas yang sudah dibuat kedalam wadah kemudian aduk semuanya sampai rata. Jangan lupa perhatikan juga komposisi adonan bubur kertas dengan lem kanji, usahakan porsi bubur kertas dan lem kanji harus seimbang, kalau terlalu banyak bubur kertas proses pengeringan bakal susah dan menjadi lebih lama dan hasilnya pun nggak begitu kuat atau gampang patah. Jangan sampai juga kebanyakan lem kanji karena bakal menjadi susah untuk dibentuk gara-gara teralu lembek, jadi kita harus pintar-pintar meracik komposisi antara bubur kertas dan lem kanji.


3. Kalau semua sudah teraduk rata tinggal kita bentuk sesuai dengan selera dan yang kita inginkan. Kita bisa cetak menggunakan cetakan jelly ataupun cetakan kue kering, atau juga bisa kita buat sesuai dengan kreativitas kita sendiri selayaknya kita bikin patng dari tanah liat.


4. Keringkan karya nik kita ini dibawah sinar matahari dan udara kering. Pada bagian ini kita harus sabar menunggunya untuk kering supaya strukturnya kuat.


5. Agar hasinya lebih menarik, kita bisa menggunakan cat kertas untuk mewarnai barang-barang yang sudah jadi sesuai dengan selera dan kebutuhan.


Wah gampang kan? Kita hanya perlu menyiapkan beberapa alat sederhana dan kreativitas untuk mengubah banda yang nggak terpakai menjandi benda baru yang punya nilai lebih tinggi. Sekarang kita tahu kalau kertas bekas ternyata masih punya banyak manfaatnya. Jadi, mulai dari sekarang daripada membuang kertas secara percuma lebih baik kita buat menjadi barang-barang yang lebih berguna. Lagipula nggak ada salahnya kita membuat kerajinan tangan untuk mengisi waktu luang apalagi saat liburan ini. Kita bisa membuat kerajinan yang unik-unik, dan apalagi kalau hasilnya bagus kita bisa lhi menjual barang-barang yang kita buat. Selamat Mencoba.

UNIK, buku bisa tumbuh jadi pohon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI