Google+ Followers

Jumat, 26 Juni 2015

3 Cara Ubah Ide Biasa Jadi Luar Biasa

Beberapa  tahun lalu saya bertemu dengan seorang penulis senior yang juga memiliki penerbitan buku. Dia bercerita tentang industri buku, yang membuat semangat saya turun. Maklum, saat itu saya baru saja terjun ke industri penulisan dan masih gamang dengan pilihan hidup yaitu menjadikan menulis sebagai profesi utama.
”Di sini susah, minat baca masih sangat minim. Padahal buku yang terbit setiap minggu banyak sekali,” ujarnya serius meski peta wajahnya cenderung lucu. ”Saya sudah menulis puluhan buku dan tampaknya pasar sudah jenuh,” pungkasnya.
www.manistebu.com

Kontan saja pendapatnya tersebut membuat saya mengkerut cukup parah. Baru mencanangkan target menulis 1.000 judul buku, eh malah mendapatkan masukan yang tidak menyenangkan. Untunglah, saya sudah membekali diri dengan motivasi tinggi dan berbagai bahan bacaan pendukung. Saya juga belajar dari Tirta Setiawan, ketua Asosiasi Broker Real Estat Indonesia, tentang sudut pandang yang berbeda terhadap pasar. Sudut pandang tersebut cocok untuk melihat pasar buku di Indonesia.
Benar, minat baca orang Indonesia masih rendah. Apalagi kalau dibandingkan dengan di Amerika Serikat, bedanya seperti langit dan bumi. Namun, buat sang optimis, sudut pandangnya adalah minat baca orang Indonesia akan terus meningkat sehingga kondisi ini justru menjadi sebuah potensi yang luar biasa. Sedangkan buat sang pesimis, sudut pandangnya adalah kejenuhan pasar dan buruknya minat konsumen.

Saya sudah membuktikan bahwa minat baca bisa dikerek naik dengan beberapa faktor, salah satunya adalah buku yang sesuai  dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Di sinilah letaknya kita butuh ide-ide brilian dalam membuat buku. Tidak ada tempat buat buku dengan ide-ide biasa. Ide brilian atau luar biasa bukan berarti ide yang fenomenal. Oleh karena tema biasa pun bisa menjadi sebuah ide yang luar biasa dengan sejumlah perlakuan.

baca juga : Cara Cepat Mendatangkan Inspirasi
  1. Berpikir Out of The Box. Jualan buku di atas kereta api mungkin sudah biasa. Namun, buku tentang cerita-cerita di kereta api dan bukunya hanya dijual di atas kereta api, bisa jadi tidak biasa. Buku tersebut tidak bisa didapatkan di toko buku. Hasilnya, bisa menjadi luar biasa. Beberapa buku melengkapi dirinya dengan CD, VCD, lembar latihan,voucher dan lain sebagainya. Teman saya sesama mentor di Profec Authors Club – Johannes Arifin Wijaya membuat sebuah buku yang sama sekali out of the box. Temanya tentang motivasi, tetapi dikemas dalam bentuk botol mirip minuman multivitamin. Tak ada yang pernah membuat hal semacam itu sebelumnya.
  1. Berpikir gila. Sesuatu yang di luar kebiasaan orang kebanyakan, biasanya disebut pikiran yang aneh atau bahkan disebut gila. Tidak mengapa karena justru ide-ide gilalah yang diterima oleh konsumen. Misalnya, apa yang dilakukan Tung Desem. Siapa yang bisa menirunya  mempromosikan  buku  dengan cara menyebarkan uang kertas dari pesawat terbang?
  1. Gunakan konsep 3 BE. Be The First, Be The Best, dan Be Different. Buatlah sebuah buku yang temanya baru Anda yang buat sendiri. Kalau tidak bisa, berusahalah menjadi yang terbaik di antara tema buku yang serupa. Hal ini memang sulit.  Cara terakhir yang mungkin tidak sesulit be pertama dan kedua adalah membuat sesuatu yang berbeda.
Baca juga :
Ingin sukses menulis ? temukan rahasianya disini
UNIK, buku bisa tumbuh jadi pohon
Baca juga : 20 Inspirasi Rak Buku Yang Unik dan Menarik 

Dodi Mawardi, Sekolah Menulis Kreatif Indonesia

Sumber : http://ilmumenulis.com/?p=202

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI