Google+ Followers

Selasa, 30 Juni 2015

10 Tips Mengatur Rak Buku Agar Terlihat Menarik

Bagi Anda pecinta buku, memiliki banyak buku di rumah adalah surga dunia yang tak tergantikan dengan apapun. Banyak orang yang rela menghabiskan banyak uangnya untuk terus menambah koleksi buku-buku terbaru karena saking cintanya pada benda bernama buku. Bahkan, Anda betah duduk berjam-jam untuk membaca buku-buku yang telah Anda beli.

Baca juga : 15 Desain Pembatas Buku Yang Unik, Buat Kamu Yang Hobi Baca


Ketika banyak buku sudah bertumpuk di rumah, Anda perlu memikirkan bagaimana cara menyimpan buku agar tidak berantakan. Sayang sekali bukan, jika buku yang notabene menjadi benda kesayangan Anda berseliweran di mana-mana dan tidak terurus dengan baik?

Anda-pun akan kesulitan jika sewaktu-waktu ingin membaca buku koleksi Anda. Hal ini menjadi salah satu faktor pemicu seseorang malas membaca. Rak buku yang rapi dan menarik untuk dilihat dapat membangkitkan semangat Anda untuk menghampiri buku-buku tersebut, kemudian mulai membacanya.

Lalu, apa sih yang bisa Anda usahakan agar rak buku Anda menjadi lebih teratur? Berikut 10 Tips Mengatur Rak Buku Agar Terlihat Menarik.

Baca juga : 20 Inspirasi Rak Buku Yang Unik dan Menarik

1. Biasakan Menjaga Kebersihan 

Biasakan Menjaga Kebersihan
Langkah pertama, Anda harus mengubah kebiasaan buruk Anda. Salah satunya adalah cara mengambil dan mengembalikan buku ke dalam rak yang biasanya berantakan. Susunlah buku-buku Anda agar lebih teratur dan tampak rapi. Singkirkan kertas-kertas bekas yang tidak terpakai yang berseliweran di rak buku Anda. Khusus untuk buku-buku yang sudah jarang Anda baca (misalnya buku peninggalan jaman baheula alias jaman anda masih kecil) lebih baik Anda simpan dalam kardus dengan rapi. Pilihlah buku-buku favoritmu untuk dijadikan display di rak buku Anda.

2. Kelompokkan Sesuai Genre

Kelompokkan Sesuai Genre

Anda bisa mulai mengelompokkan jenis buku yang Anda miliki sesuai dengan genrenya. Cara termudah adalah dengan memisahkan antara buku yang serius seperti buku pelajaran atau diktat kuliah, buku kamus, ensiklopedia dan sebagainya. Pisahkan dengan buku-buku seperti novel, chicklit, komik dan lain-lain. Bisa juga berdasarkan jenis fiksi dan non fiksi. Pisahkan jenis tersebut ke dalam rak-rak khusus agar Anda tidak bingung saat ingin menemukan buku yang Anda inginkan. Tandai jika perlu.

3. Atur Buku Sesuai dengan Ukurannya

Atur Buku Sesuai dengan Ukurannya

Hal menarik saat mengatur buku adalah saat menyadari bentuk buku dengan ukuran yang berbeda-beda. Nah, agar lebih enak dipandang, Anda bisa menyusun buku sesuai dengan ukurannya. Misalnya yang besar dengan yang besar, yang ukurannya kecil bersama yang kecil. Susun dengan posisi berdiri agar tidak terlalu makan banyak tempat. Catatan, letakkan buku yang sering Anda gunakan di sisi paling luar agar mudah saat mengambil. So, Anda tidak perlu mengobrak-abrik buku-buku lain saat memerlukannya.

4. Simpan Buku Favorit yang Rusak

Simpan Buku Favorit yang Rusak















Anda pasti punya buku favorit bukan? Namun, terkadang buku favorit bisa saja rusak. Wajar, karena terlalu sering dibaca. Anda bisa meletakkan buku anda tersebut di bagian belakang buku yang lain atau dibelakang frame foto. Karena, jika Anda nekat memajangnya, akan tampak tidak sedap dipandang mata. Alternatif lainnya adalah cobalah untuk membungkus covernya dengan sampul yang baru yang dapat membuatnya lebih rapi.

Baca juga : Cara membuat sampul buku unik dari kardus bekas 

5. Taruh Hiasan di Tempat yang Masih Kosong

Taruh Hiasan di Tempat yang Masih Kosong















Guys, pada rak buku yang belum penuh benar, pastinya ada beberapa ruang kosong yang membuat hambar saat dipandang. Anda bisa mengisi kekosongan dengan beberapa dekorasi simpel tapi membuat rak buku Anda jadi tambah keren. Taruhlah beberapa vas kecil, hiasan keramik, frame foto warna-warni atau benda-benda unik lainnya. Seiring koleksi buku Anda bertambah, Anda bisa menyingkirkan hiasan tersebut.

6. Simpan di Boks

Simpan di Boks















Jika rak bukumu sudah overload, Anda bisa mengusahakan beberapa kotak yang dapat menyimpan sebagian koleksi buku yang tidak ingin Anda pajang di rak buku Anda. Bisa menggunakan kotak bekas yang dihias kertas kado, atau lainnya. Sususnlah kotak-kotak tersebut dibagian bawah rak dengan serapi mungkin.

7. Susun Vertikal atau Horizontal?

TSusun Vertikal atau Horizontal?














Umumnya, buku-buku akan lebih rapi jika disusun di rak dengan posisi vertikal alias berdiri. Namun, beberapa kumpulan lembaran seperti kertas fotokopi, LKS atau modul bisa anda letakkan secara horizontal agar lebih rapi.


8. Mengubah Warna pada Rak Buku

Mengubah Warna pada Rak Buku
















Rak buku dengan warna standar tentu sangat membosankan. Anda bisa mengubah warna pada rak buku Anda dengan warna-warna favorit Anda atau lebih cerah. Hal ini perlu dilakukan agar Anda lebih rajin menghampiri rak buku dengan mengubah warnanya menjadi lebih eye catching. Tambahkan wallpaper bermotif seru pada bagian belakang rak agar lebih atraktif.

9. Gunakan Hanya untuk Menyimpan Buku!

Gunakan Hanya untuk Menyimpan Buku!
















Jangan sekali-kali berniat menaruh benda-benda lain selain buku di rak buku Anda. Hal itu bisa membuat rak buku jadi berantakan. Anda bisa menaruh alat tulis, tentunya harus tetap diorganisir dengan baik agar tidak merusak pemandangan.

10. Jangan Menaruh Benda Berat di Atas Rak
Bagian atas rak memang menggoda untuk menaruh berbagai barang seperti kardus. Namun jangan membebani rak buku Anda dengan benda-benda yang terlalu berat agar tak keberatan beban. Lebih baik mencari tempat lain seperti di gudang misalnya. Taruhlah benda-benda ringan seperti lampu duduk yang akan membuat rak bukumu terlihat terang.

Baca juga : 
 

Sumber ; http://www.izwie.com/2015/01/10-tips-mengatur-rak-buku-agar-terlihat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI