Google+ Followers

Jumat, 22 Mei 2015

Sukses dengan Membaca Buku

Siapa pun tahu, buku adalah jendela dunia.

Bisakah kita sukses dari membaca buku?

Dari berbagai sumber yang saya baca tentang manfaat membaca buku, dapat saya simpulkan, kita bisa sukses membangun karier dengan membaca. Mau tahu bagaimana kehebatan sebuah buku bekerja dalam karier kita?

* Buku adalah gudangnya ilmu. Sadarilah itu!
   Di zaman kemajuan teknologi terutama di dunia maya ini, tak dimungkiri berbagai informasi dapat kita lahap sekejap mata. Tapi bisa dipastikan kebanyakan informasi itu, berawal dari sebuah buku. Buku adalah catatan sejarah dan kisah yang ditulis dengan banyak referensi. Tidak sedikit orang-orang besar yang dikenal melalui buku yang ditulisnya. Secara tidak langsung mereka menjadi sejarah yang mempengaruhi dunia atas pandangan dan tulisan mereka yang dibukukan.

  Bila sudah menanamkan kesadaran di pikiran kita bahwa membaca buku itu penting, maka mulailah rutin membaca satu buku setiap hari minimal setengah jam. Minimal, kita sudah memberikan 'asupan gizi' untuk otak dan pikiran kita dengan bacaan yang baik terutama bila buku yang kita baca berkaitan dengan pengembangan karier kita.

* Tanamkan rasa, bahwa membaca dapat mempertajam pikiran dan mempercepat proses pembelajaran.
   Dalam buku 7 Habits, Steven Covey menuliskan bahwa salah satu kebiasaan manusia yang paling efektif untuk meningkatkan kesuksesan adalah membaca. Ini berlaku untuk semua buku. Membaca dapat mempertajam otak dengan merangsang kita berpikir. Bahkan komik anak-anak juga bisa membuat kita melakukan inovasi-inovasi baru, misalnya ... komik Doraemon, sadarkah bila Doraemon menginspirasi penemuan-penemuan unik di dunia? Alangkah lebih baik bila kita mampu memilah dan memilih bacaan yang bermanfaat untuk membangun karier dan masa depan kita.

* Memilah dan memilih bacaan yang tepat
   Sekarang bentuk bacaan sudah beragam kita temui. Ada yang berbentuk audio book, ebook,  video book dan tentu saja hadirnya buku konvensional yang gampang kita temui di mana-mana. Dari sekian banyak format, pilihlah yang paling nyaman cara kita menyerap ilmu. Pastikan kita mendapat tambahan informasi dan pengetahuan dari bacaan tersebut. Tak perlu buku yang berat-berat kepenuhan teori, jika memang kita lebih nyaman membaca yang ringan-ringan namun sarat informasi. Sepanjang ktia merasa dapat mengambil ilmu dan menikmati kala membacanya, kita pasti punya nilai tambah yang kelak bisa kita manfaatkan di masa depan.

* Buku sebagai ajang bersosialisasi
   Tak  jarang kita temui orang yang memiliki ketertarikan sama pada satu hal.Termasuk, membaca bacaan yang sama. Ini bisa kita manfaatkan untuk memperluas jaringan pertemanan kita, yang tentu saja bukan mustahil membuka peluang baru peningkatan karier yang lebih cemerlang.

* Menjalankan nilai-nilai positif dari buku yang kita baca
   Semua teori tidak akan menghasilkan apa-apa tanpa kita jalankan. Nah, oleh karena itu, setiap pengetahuan atau informasi yang kita dapatkan dari buku, alangkah lebih baiknya bila kita praktekkan. Janganlah kita hanya berhenti sampai di teori saja. Ada banyak hal positif yang kita serap dari bacaan kita yang bisa kita lakukan demi kesuksesan dalam berkarier.


Sudah berapa buku yang kamu baca di hari kedua puluh dua di bulan Mei ini?
Sumber: Andriewongso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI