Google+ Followers

Jumat, 17 April 2015

Tradisional Terlupakan



Oleh : Sari Bulan

Hai, kamu anak muda. Iya kamu? Generasi muda. Masih ingatkah dengan mainan tradisional? Mainan anak gembala dan mainan anak desa? Di manakah mainan itu berasa? Masih adakah? Ataukah sudah tenggelam besama kapal Vandrowik? Atau ditelan masa? Entahlah. Yuk kita hidupkan lagi tradisional yang sudah terlupakan.
Bukankah mainan tradisional lebih asyik, lebih kreatif, lebih murah, dan lebih mengemukakan imajinasi otak? Terus kenapa dilupakan?
Banyak mainan tradisional yang tidak digemari lagi oleh anak bangsa. Seperti layangan. Dulu anak khususnya laki-laki buat layangan dari lidi pohon kelapa. Dibentuk bodinya lalu dibungkus dengan plastik bekas. Dihias sesuai selera. Unik dan menarik. Diberi benang lalu dilepaskan ke udara. Di udara dia menari indah bersama angin.
Lain halnya dengan ketapel. Masih ingat kan ketapel? Benda yang terbuat dari ranting kayu yang berbentuk huruf Y. Kayu itu diikat dengan karet. Di ujung kiri dan kanan karet diikatkan plastik. Guna meletakan batu sebagai peluru. Gampangkan? Tidak perlu mengeluarkan biaya.
Beda pula dengan anak pengembala. Setiap sore dia duduk di atas punggung kerbau yang dikelilingi oleh burung bangau. Dia merakait terompet yang terbuat dari batang padi. Batang padi untuk nadanya dan daun kelapa hijau untuk terompetnya. Dimainkan terompetnya dan diiringi oleh suara burung-burung yang terbang. Di tangannya memegang buku pelajaran. Bersahabat dengan alam mendatangkan kedamaian.
Begitu juga dengan mainan anak desa. Main bola kasti, main kelereng, main kotak umpat, dan main kejar-kejaran. Mereka main sambil olah raga. Mengeluarkan keringat tanpa biaya.
Tapi kini semuanya terlupakan oleh zaman. Kecanggihan teknolgi membuat anak bangsa lupa dengan asalnya. Mereka lebih suka main game daripada main tradisional. Main HP dari pada mengulang pelajaran. Semoga saja besok atau lusa masih ada generasi yang cinta mainan tradisional. Hingga tradisional tidak terlupakan dan terus menjadi mainan anak bangsa seterusnya.


lovrinz
mainantradisionalindonesia.wordpress.com

Tentang Penulis
Sari Bulan bisa dikontak di:
Email penulis   : saribulan70@yahoo.com
Twitter                        : @saribulan7
Facebook         : Sari Bulan
WeChat           :Sari_Bulan
WhatsApp       : Sari Bulan
HP.                  : 081363688194

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI