Google+ Followers

Rabu, 22 April 2015

Rahasia Hati Suami di Mata Pembaca

lovrinz
Foto ini diikutsertakan Lomba Selfie bareng RHS
dokumen pribadi K.Runi

Catatan Pembacaan Rahasia Hati Suami

Peringatan!
Sekalinya saya meresensi itu dulu saat masih duduk di bangku Madrasah Aliyah, jadi anggap saja ini resensi kecil-kecilan, level satu, tahap percobaan grin emoticon

Judul Buku : Rahasia Hati Suami
Kategori : Non-fiksi
Penulis : Safar Ubaknomminakbai
Jumlah halaman : xxiv + 296 halaman
Kertas : Bookpaper
Penerbit : LovRinz Publishing House
Cetakan : Pertama (Februari 2015)

Ini adalah buku kedua Safar Ubaknomminakbai setelah sukses dengan buku pertamanya yang berjudul “Skenario Maha Cinta” yang konon laris manis bak kacang goreng itu (saya punya bukunya, dan saya memaklumi mengapa buku itu laris). Buku ini seperti pembahasan lebih detail tentang tema-tema yang diusung di Skenario Maha Cinta, tema cinta terhadap pasangan (dengan porsi yag lebih besar), anak, dan keluarga. Tapi sabar dulu ya saya mau bahas penampilan fisiknya dulu. Buku ini tebal (300+ halaman), tapi tidak berat, nyaman dibaca sambil tiduran (posisi favorit saya meskipun katanya bisa merusak mata) dan tidak bikin silau, terima kasih untuk kertas bookpaper. Desain sampulnya mewakili judulnya yang dicetak timbul (emboss) dengan pemilihan warna yang adem di mata, konon katanya pria di sampul itu adalah salah satu tokoh nyata yang dikisahkan di dalamnya. Secara penampilan, buku ini menarik saat pertama kali dilirik.

Saat membuka halaman pertama, pembaca disambut dengan bacaan basmallah dan doa sebelum membaca. Saya terkesan dengan niatan penulisnya yang tulus lewat caranya menyambut pembaca. Begitu juga dengan halaman demi halaman di dalamnya, penulis seolah sedang mengajak pembacanya berbicara. Penulis menceritakan bagaimana buku ini bermula, yaitu ketika istrinya terbawa kisah-kisah sedih dalam buku Catatan Hati Seorang Istri karya Asma Nadia dan menyalahkan mengapa ada suami yang begitu tega pada istrinya. Buku ini sengaja dihadirkan sebagai penyeimbang, diniatkan untuk membeberkan perasaan suami, sekaligus perasaan istri, lalu diakhiri dengan pertanyaan dan kalimat-kalimat penggugah yang menyadarkan bahwa kerja sama yang baik antara suami dan istri adalah syarat utama menjalani rumah tangga yang bahagia.

Buku ini berisi 9 rahasia hati suami dan 6 kisah para suami pecinta istri yang disajikan dengan gaya bercerita yang ringan namun lengkap. Pembaca yang suka kata-kata indah akan terpukau dengan cara penulis mengawali setiap bab pada tulisannya, yaitu dengan sebait puisi.

Duhai cinta …,
Sungguh ketulusan cinta yang kau semai di hatinya
Akan mampu merobohkan dinding keangkuhan hati di jiwanya
Satu di antaranya…,
Jadikan ia raja di istana hatimu
Dan kau akan dapati
Cintanya padamu tiada terperi
(puisi pada bab Rahasia Walu, Jadikan Ia Raja di Istana Hatimu hal. 141)

Pembaca juga akan mendapatkan tips aplikatif tentang cara membuat suami selalu tertarik pada istrinya. Namun tidak hanya itu, setiap babnya akan dikawal dengan hadits-hadits yang berhubungan dengan setiap tips yang diberikan, jadi tuntunannya tidak mengada-ada (persis cara bapak kalau lagi ngobrol sama anak-anaknya, duh jadi kangen ( lahul faatihah)

Contohnya nih, pada bab Rahasia Sai (nama babnya sepertinya pakai nomor urut dalam bahasa Palembang, mungkin sai artinya satu) Karena Cantikmu, Kau Kupilih disisipkan pesan Nabi: Dari Abu Hurairah RA berkata, “pernah ditanyakan kepada Rasulullah SAW, “Siapakah wanita yang paling baik?” jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, menaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai no.3231 dan Ahmad 2:251. Syaikh Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih) (halaman 4). Nah, sampai sini saja saya sudah merasa tertohok. Uhuk.

Bonus 6 kisah suami pecinta istrinya juga bikin mewek (duh, saya mah mewekan grin emoticon ) Keenam kisah nyata itu terasa menyentuh hati dan bisa dijadikan teladan. Apalagi kisah berjudul Rahasia Hati Suami (217), menceritakan pengalaman penulis saat kelahiran putra keenam yang thrilling karena istrinya tidak juga siuman pasca operasi steril. Kisah ini bikin mewek karena penulis menggambarkan perasaannya pada istrinya dengan begitu wuah. Saya bisa merasakan seberapa kalut penulis saat istrinya tidak juga siuman, dan kegalauannya mencapai klimaks saat sang istri siuman setelah mendengar bisikan sang suami bahwa sang istri tidak akan diduakan. Huwaa … Selain bikin saya mewek, pesan di ending kisah itu bikin saya pengen suami nulis rahasia hatinya lantas saya baca. Mas FFF… bikiiin laah…

Ini adalah buku non-fiksi Islami yang santai sekaligus mengandung hikmah. Kisah-kisah di dalamnya adalah kisah nyata yang didapat penulis dari orang-orang di sekitarnya (mungkin karena beliau pegawai di Kementerian Agama ya jadi sering dicurhati tentang masalah rumah tangga) jadi memang pas bila dibaca oleh pasangan yang akan, baru, dan sudah lama berumah tangga. Selain kelebihan kelebihan itu, tentu buku ini ada kelemahannya. Menurut saya sih kelemahannya adalah cara bertuturnya yang santai (bila disamakan dengan buku non-fiksi lain, buku ini hampir mirip disebut buku harian tempat suami mencurahkan perasaan ketimbang buku cetak non-fiksi pada umumnya) tapi bagi saya kelemahannya itu justru nilai plusnya karena pembaca tidak akan merasa sedang dgurui, dinasihati, tapi malah sedang diajak berdiskusi dari hati ke hati. Saya yakin, yang namanya rumah tangga itu nggak akan semulus pipi adik bayi, pasti akan selalu ada onak-onak duri setajam pedang yang siap mengiris-iris bila tidak dijalani dengan syukur dan sabar. Yang sudah embah-embah aja masih saling belajar memahami, apalagi yang masih muda dan pernikahannya baru seumur SD seperti saya. Buku ini tidak hanya cocok dibaca istri yang penasaran dengan isi hati suami, tapi juga suami yang ingin tahu apa saja sih yang diharapkan dan dibutuhkan istrinya. Makanya saya mau suami saya khatamin buku ini segera grin emoticon

(sekalian lah ini diikutin lomba selfie sama Rahasia Hati Suami, sekali lompat Jepang terlampaui )

1 komentar:

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI