Google+ Followers

Rabu, 11 Maret 2015

Mengatasi Writer's Block

Ketika ketumpulan pena malah membawa inspirasi, aku hanya mampu bergeleng heran.
Sejujurnya, beberapa hari ini otakku seolah bebal. Enggan merangkai kata. Mudah lelah dan malas berkisah. Hingga akhirnya, tak satu pun tulisan yang terbit.

Pada mulanya aku berpikir bahwa 'kejenuhan' adalah hal yang wajar. Namun setelah berhari-hari tanpa tulisan, hatiku pun geram. Ini tak bisa dibiarkan, batinku. Akhirnya kucoba untuk mengisi otak dengan berbagai amunisi.

Beberapa eksemplar buku dan majalah kulahap. Demi menjaring sesuatu yang bernama inspirasi. Namun tetap saja, perutku mual ketika otak mulai berpikir untuk sebuah tulisan. Apakah ini efek dari berbagai soal yang menumpuk? Tanyaku suatu hari. Namun tak kunjung menemui jawab.

Malam ini, kucoba memberanikan diri. Menulis kata demi kata. Merangkai kalimat demi kalimat. Entah apapun, tekadku hanya satu, menulis. Hingga akhirnya lahirlah tulisan ini.
Sebuah tulisan tentang apa yang sering disebut writer's block. Dan tak ada cara untuk menaklukkannya kecuali tekad dan kemauan sekeras baja yang terwujud dalam tindakan nyata.

Inilah tulisanku dan inilah kemenanganku. Atas musuh yang bernama Si buntu. Jika disederhanakan, saat tak mampu menemukan bahan untuk tulisan. Jadikan ketidakmampuan itu sebagai tulisan. Lalu pecahkan ketidakmampuan itu dalam tulisan.  Maka dua masalah bisa teratasi sekaligus.

Meski hanya sekadar tulisan pendek. Setidaknya ini bisa menjadi langkah awal. Meski dengan kata sederhana. Setidaknya ini menjadi pendobrak. Karena sungguh, ketika seorang penulis tak mampu menuangkan pikiran dalam tulisan, hal itu menjadi sebuah siksaan tersendiri. Karenanya, jika suatu hari terulang kebuntuan serupa, maka yang perlu dilakukan hanya menulis tanpa perlu berpikir keindahan. Yang perlu dipikirkan apakah itu baik atau buruk. Masalah diksi indah atau yang tersusun rapi biarkan di belakang setelah semangat menulis telah kembali.

AM. Hafs
Singosari, 11/03/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI