Google+ Followers

Senin, 30 Maret 2015

Kehamilan Pertama? Bagaimana Menjalaninya?

Anakku sudah tiga, tapi aku baru pertama mengalami proses kehamilan dan melahirkan. Hehehe, kayaknya kurang pas bila ngomongin masalah kehamilan--kurang pengalaman. Tapi tak ada salahnya bila sedikit berbagi pengalaman. Berhubung banyak banget sahabat yang sedang hamil pertama hehehe.

Kehamilan adalah pengalaman yang paling luar biasa dan mendebarkan, apalagi bila baru pertama. Sensasinya bukan hanya bagi sang calon ibu, tapi juga bagi suami dan keluarga. Sebab tentunya mereka belum juga mengalami ini sebelumnya. Kadang bila ada sedikit gangguan, paniknya bukan main dan sering kali melakukan tindakan yang salah.

Bagaiman menjalani kehamilan dengan santai?

Jangan pusingin hal-hal kecil
Fokuslah pada kesehatan diri dan janin. Jangan pusing mikirin bentuk badan, perubahan hormon, timbul jerawat, kulit menjadi tampak tak terawat dan hal-hal kecil lainnya. Jalani saja, semua akan kembali normal setelah proses melahirkan.

Jangan membaca terlalu banyakZaman sekarang, ingin tahu apa saja, terutama tentang kehamilan bisa didapat dari dunia internet. Namun, tetap konsultasikan pada dokter tiap keluhan yang dirasa. Membaca saja tak cukup. Sebab bisa jadi kita salah mendiagnosa.

Menyaring nasihat yang masuk
Mendengar nasihat dari yang berpengalaman memang perlu. Namun, bukan berarti semua nasihatnya harus kita lakukan. Apalagi bila menyangkut mitos yang belum jelas kebenarannya.

Jangan Membeli terlalu banyak
Memang menyenangkan bila kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Namun, membeli ini itu yang dirasa tidak akan digunakan, sebaiknya ditahan-tahan. Belilah yang diperlukan saja.

Tidur Siang yang cukup
Beristirahat di siang hari jangan ditunda. Ini baik dilakukan teratur agar kesehatan bayi berkembang dengan baik.

Mengambil foto
tak perlu malu mengambil foto saat kehamilan. Itu momen indah yang belum tentu dialami semua orang. Mengabadikan momen indah saat kehamilan adalah memori yang dapat kita ceritakan ke anak kita kelak, bagaimana kita menjalani selama mengandung dirinya.

Melakukan hal yang menyenangkan.
Semasa kehamilan, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan untuk mengusir kecemasan. Jalan santai, berenang atau berlatih pernapasan akan membantu hati lebih tenang. Itu juga bermanfaat ketika proses persalinan.


Sumber Kompas.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI